Ciri-ciri Huruf Sesuai Anatominya – TIPOGRAFI (3)


Ada 4 kelompok huruf sesuai cirri-ciri anatominya, yaitu :

• Oldstyle
• Modern
• Slab Serif
• Sans Serif

Oldstyle

Diciptakan pada periode 1470 ketika muncul huruf Venetian buatan seniman Venice, Aldin ciptaan Aldus Manutius dari Italia, dan Caslon di Jerman. Periode Oldstyle berakhir di abad 16 dengan munculnya periode transisi berupa karya John Baskerville yang menjembatani periode berikutnya.
Ciri-ciri huruf Oldstyle adalah seperti gambar di bawah ini.

Beberapa font yang dapat dikategorikan ke dalam Oldstyle adalah Bembo, Bauer Text, CG Cloister, ITC Usherwood, Claren-don, Garamond, Goudy Oldstyle, Palatino, dsb.

Modern

Dimulai pada abad ke-18 ketika Giambattista Bodoni menciptakan karya-karyanya yang kita kenal sebagai font Bodoni (dengan anggota keluarganya yang cukup banyak) hingga sekarang. Periode itu cukup panjang hingga abad ke-20 dan jumlah karya-karya typeface sudah semakin banyak.

Font-font yang termasuk dalam kelompok Modern adalah Bodoni, Bauer Bodoni, Didot, Torino, Auriga, ITCFenice, Linotype Modern, ITC Modern, Walbaum Book, ITC Zapf Book, Cheltenham, Melior, dll.

Slab Serif

Kelompo huruf Slab Serif ditandai dengan serif yang tebal bahkan sangat tebal. Masa kemunculan jenis huruf ini bervariasi dan ikut menandai kemunculan huruf-huruf yang berfungsi lebih tepat sebagai penarik perhatian, yaitu sebagai Header.

Contoh huruf Slab Serif adalah Boton, Aachen, Calvert, Lubalin Graph, Memphis, Rockwell, Serifa, Clarendon, Stymie, dll.

Sans Serif

Sans Serif adalah huruf tanpa serif (kait di ujung). Pertama kali jenis huruf tersebut diciptakan oleh William Caslon IV (keturunan William Caslon pencipta font Caslon di era Oldstyle) pada tahun 1816. Pada awal kemunculannya, font jenis itu disebut Grotesque karena pada jaman itu bentuk huruf tanpa serif dirasa unik dan aneh (grotesque artinya aneh). Hingga kini orang Inggris masih suka menyebut huruf tanpa serif dengan istilah Grotesque.

Contoh huruf Sans Serif adalah Franklin Gothic, Akzident Grotesk, Helvetica, Univers, Formata, Avant Garde, Gill Sans, Futura, Optima, dll.

Type Family

Type family adalah kumpulan hasil modifikasi dari bentuk font yang ada ke arah :

  • Ketebalannya (Weight) sehingga kita mengenal huruf Semi Bold, Bold, dan Extra Bold. Istilah lainnya seperti Black dan Extra Black menggambarkan Bold dan Extra Bold.
  • Proporsi dari bentuk huruf sehingga kita mengenal huruf Condensed atau disempitkan dan Expanded atau dilebarkan. Standard proporsional dari penyempitan dan pelebaran bentuk huruf dimulai dari Ultra Condensed, Extra Condensed, Condensed, Normal, Expanded, Extra Expanded, dan Ultra Expanded. Anda akan mengenal istilah lain yang dibuat oleh perusahaan yang berbeda, yaitu Compressed atau Narrow sebagai padanan dari istilah Condensed, kemudian istilah Elongated, Extended, atau Wide sebagai padanan untuk istilah Expanded.
  • Sudut kemiringan. Untuk memperoleh efek tertentu, sejak awal dikenal istilah Italic untuk huruf yang bentuknya condong ke kanan. Pada awalnya, huruf Italic diciptakan sebagai tipe huruf tersendiri dan bukan merupakan anggota family dari suatu huruf. Namun dalam perkembangannya, muncul istilah Obelique, Cursive, dan Slanted untuk menggambarkan huruf dengan sudut kemiringan ke kanan (bahkan Slanted ada huruf miring ke kiri).
  • Texture permukaan. Itu juga merupakan variasi dari tipe family. Di situ anda akan memperoleh huruf yang hanya terdiri dari outline-nya saja, bentuk tiga dimensi dengan efek yang dibentuk dengan member bevel, bentuk stensil, serta bertekstur.
  • Desain. Ada tipe family yang memiliki desain yang berbeda. Salah satu contoh nyata dari family yang berbeda desain adalah ITC Officiana dan juga ITC Stone.
  • Font Univers adalah typeface yang secara khusus didesain dengan berbagai jenis. Masing-masing anggota keluarga Univers itu diberi kode menggunakan bilangan dua digit. Kode tersebut menyangkut ketebalannya. Angka ganjil untuk mengkodekan huruf roman sedangkan angka genap untuk huruf Italic.
This entry was posted in Art, Design and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Ciri-ciri Huruf Sesuai Anatominya – TIPOGRAFI (3)

  1. Godas says:

    apik yun..informatif..tapi kurang gambare..

    • almaadin says:

      kurang piye gur????
      lha kuwi wes enek gambare nuk…
      jajal mengko tak update link e teko wordpress ae..
      iku link e tak jupuk teko facebook..
      dadi lek internetan nggae proxy tur facebook diblok, gambare gak muncul.. hehehhehe :D

      tambahan :
      gambarnya nggak keluar, soalnya blog gratisan dengan hosting wordpress.com tidak mendukung javascript..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s