Cara Kerja “My Location” Google Maps


Dulu pernah punya feature phone, Sony Ericsson C510. Fiturnya keren, lengkap, dan yang paling penting harganya murah di kantong mahasiswa. Hehehe. Di situ ada fitur push email, google maps, dll. Yang sedikit membuat saya bertanya2 adalah, bagaimana google bisa mengetahui lokasi saya, sedangkan hape saya itu nggak ada fitur GPS-nya.

Setelah saya keluar dari kampus, sekarang baru bisa menjelaskan, kenapa google begitu jenius bisa mengetahui lokasi saya tanpa menggunakan GPS. Berikut adalah penjelasannya.

By default, menurut standard GSM yang dikeluarkan oleh ETSI, setiap MS (mobile subscriber) yang make voice call, SMS, and GPRS/data access akan mengirimkan informasi berupa MCC (mobile country code), MNC (mobile network code), LAC (location access code), CI (cell ID).

MCC itu melekat pada negara. Misalkan Indonesia memiliki MCC = 510.
MNC itu melekat pada operator seluler. Misalkan Indosat memiliki MNC = 01
LAC itu melekat pada BSC (2G) atau RNC (3G). Misalkan untuk Jakarta Indosat memiliki LAC = 101
CI itu melekat pada sektor BTS (2G) atau Node B (3G). Misalkan di Monas memiliki Cell ID pada sektor 1 = 31121
Jika keempat elemen tadi digabungkan akan menjadi CGI (Cell Group Information) = 510010010131121 (zero padding).

Ketika ada akses data menggunakan aplikasi maps google di handset kamu, maka handset akan mengirimkan informasi CGI tersebut ke google untuk di-query di database google untuk mencari koordinat BTS yang lagi serve handset kamu. Dari situ maka google bisa mengetahui posisi kamu dengan estimasi sekian meter dari BTS yang lagi serve kamu.

Bagaimana google bisa mendapatkan informasi CGI tersebut?? Sebenarnya informasi CGI tersebut adalah rahasia bagi pelanggan. Namun google telah meminta persetujuan dari pengguna handset melalui terms and conditions yang biasanya muncul ketika aplikasi pertama kali diinstall. Pengguna biasanya jarang yang membaca informasi terms and conditions tersebut.

Ada satu lagi parameter yang dikirimkan handset ke google untuk lebih meningkatkan presisi lokasi handset, yaitu daya pancar handset untuk menangkap sinyal dari BTS yang serve handset kamu. Daya ini bisa digunakan untuk mengestimasi jarak handset ke BTS yang serve handset kamu.

Pertanyaannya, dari mana google bisa mendapatkan database site BTS dari operator tersebut? Apakah menanyakan informasi rahasia tersebut ke masing2 operator yang ada di dunia?? Jelas tidak mungkin. Karena informasi tersebut sangat rahasia. Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan informasi tersebut?

Dari pengguna google maps sendiri…

Loh kok bisa?? Bagaimana caranya??

Ya jelas bisa, beberapa tahun yang lalu, sudah muncul handset yang sekarang kita sebut smartphone. Handset tersebut biasanya dibenamkan fitur GPS. Jika di smartphone tersebut ada aplikasi google maps juga, maka google dengan mudah bisa mendapatkan informasi koordinat site BTS yang serve handset kamu. Tentu saja dengan terms and conditions yang sudah disepakati oleh pengguna.

Ketika pengguna smartphone mengakses google maps, maka ada background process yang mengirimkan informasi CGI, daya pancar ke database google. Dengan dibenamkannya fitur GPS maka pada background process tersebut ada tambahan activity yaitu pengiriman koordinat yang lebih presisi ke database google. Nah, dari proses itu maka google bisa mendapatkan estimasi koordinat site BTS/Node B yang serve handset kamu. Data ini periodically akan diupdate berdasarkan aktivitas pengguna google maps.

Lalu apa kekurangan fitur My Location ini??

Kekurangannya adalah, fitur ini tidak akan bisa digunakan untuk mengetahui lokasi kamu di tempat yang belum pernah dijamah oleh smartphone berfitur GPS. Karena di database google belum ada informasi site tersebut. Jika sekali saja ada handset berfitur smartphone menjamah daerah tersebut dan kemudian mengakses google maps, maka secara otomatis site tersebut akan terdaftar ke database google.

Yah, demikian cerita singkat yang bisa saya sampaikan dari video tadi. Semoga bermanfaat bagi teman pembaca.

with love :)
rangga

About these ads
This entry was posted in Ilmiah, Ulasan and tagged , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to Cara Kerja “My Location” Google Maps

  1. ardy says:

    klu cara cari cell id btsnya gan gmana?

  2. eka says:

    kalo pengen ngetahui LAC sama CID nya bagai mana gan

  3. koko says:

    ggak ngereti gwe

  4. saint says:

    mohon petunjuk tentang IT-
    No.HP saya.085343435386

  5. gularso says:

    master mohon pencerahan utk it master ,krn pekerjaan saya berhubungan dengan pencarian tindak pidana yg pelacakannya terutama pemakai hp si tersangka..mohon sekiranya master membagi ilmu utk kepentingan orang banyak yg nota bene adalah korban2 tindak pidana …trims..

    • eka says:

      waduh gan coba confirm az sama operatornya, tar baru bs dapet nomer LAC sama CID dah, itu pun hrs pakai proposal / minimal surat ijin Ankum kesatuan anda, pasti dpt dah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s