Sejarah Singkat Berdirinya SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung


SMA Negeri 1 Boyolangu berdiri pada tahun 1959 yang berlokasi di Desa Kedungwaru, Kecamatan Kedungwaru, Tulungagung (sekarang SMA 1 Kedungwaru Tulungagung / SMUKED)

Kemudian pada tahun 1974, tepatnya pada 2 Pebruari 1974, namanya diubah menjadi SMPP (Sekolah Menengah Persiapan Pembangunan) yang berlokasi di Desa Beji, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung yang diresmikan oleh Kepala Daerah Tingkat I Propinsi Jawa Timur. Tanggal 2 Pebruari ini diperingati sebagai hari ulang tahun SMUBOY.

Dahulunya tempat ini adalah sebuah barak tentara pada masa penjajahan. Bukti otentiknya masih dapat dilihat di tugu yang berada di depan SMUBOY yaitu di sebelah barat lapangan basket/tenis.

Sedangkan gedung lama digunakan untuk SMU Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung sampai sekarang.

Dalam perkembangan selanjutnya, SMPP berubah nama menjadi SMA Negeri 2 Tulungagung berdasarkan SK No. 0353/0/1985, tanggal 7 Agustus 1985, yang popular disebut SMADA.

Dunia pendidikan ternyata terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman sehingga selanjutnya nama SMA Negeri 2 Tulungagung (SMADA) diubah menjadi SMU Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung berdasarkan SK No. 035/0/1997 yang sekarang dikenal dengan sebutan SMUBOY.

Dan pada tahun 2004, sejalan dengan UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003, nama SMU berubah menjadi SMA kembali. Dan sekarang nama SMUBOY menjadi SMABOY SMILE.

Sejarah Singkat Kondisi Bangunan

Tahun pertama sekolah ini diresmikan, SMUBOY memiliki 7 ruang belajar, 1 ruang gambar, 1 ruang pertukangan, 1 ruang guru, 1 ruang perpustakaan, dan 1 ruang aula.

Kemudian pada tahun berikutnya mendapatkan tambahan bangunan berupa 1 ruang laboratorium fisika dan 1 ruang laboratorium kimia.

Untuk tahun berikutnya pemerintah memberikan tambahan gedung lagi yaitu berupa 7 ruang kelas, 1 ruang laboratorium bahasa, 1 ruang ketrampilan, dan 1 ruang SPKG (Sanggar Pemantapan Kerja Guru).

Karena sarana sekolah ini masih kurang maka sekolah bersama BP-3 dalam beberapa angkatan dapat mewujudkan beberapa bangunan antara lain 3 ruang belajar, 1 lapangan basket/tenis, 1 gedung Masjid AN NUR, 1 ruang computer, dan tempat sepeda baik untuk guru maupun siswa yang kesemuanya itu untuk menambah kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan di SMUBOY Tulungagung.

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia SMUBOY and tagged , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Sejarah Singkat Berdirinya SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung

  1. freya says:

    Kalau boleh nambahin tentang dunia maya,ada satu situs yang menyediakan banyak software,film,e-book,dan juga wallpaper.Ups..kenalin dulu..aku freya dari surabaya,ingin sekali membantu SMU-Boy yang merupakan SMU paling favorit di tulungagung tempat tinggal adik-ku.Kalau mas/mbak admin tertarik dengan situs yang aku maksud,kirim e-mail di one.freya@yahoo.com SUKSES SMU-BOY….!!!!!

  2. terima kasih buat freya…
    ehm,, wah kebetulan banget..
    aq lagi butuh iso hackintosh.
    tahu server lokal yang nyediain nggak??? kalo boleh tau, adeknya angkatan berapa???

  3. Tulungagung says:

    Sangat luas tuch SMA Botolangu, samping sampe tembus Kantor Diknas. Sya baru tahu kalo eks barak tentara, makanya kok ada sebagian masih berupa dinding batu era kolonial.

  4. MARDI SUJARWO says:

    MOHON INFORMASI UNTUK ANAK KAMI , SAAT INI SEKOLAH SMP DI BOGOR – AKAN MELANJUTKAN SEKOLAH DI SMUBOY TULUNGAGUNG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s