SMUBOY CUP vs DBL


Kalo kamu suka dengan bola basket dan tinggal di Jawa Timur dan sekitarnya, pastinya kamu pernah dengar yang namanya DBL. Yupz, Deteksi Basket League, institusi bola basket se-Jawa Timur yang diadain oleh Jawa Pos Grup yang mulai eksist sekitar tahun 2004.

Dikelola dengan manajemen yang professional membuat namanya cepat melambung di kalangan anak muda Jawa Timur dan sekitarnya. Dengan back up nama besar Jawa Pos Grup, institusi bola basket ini menjadi mudah untuk mencari sponsor dan dukungan. Dengan sponsor dan dukungan yang cukup besar ini,tentunya tidak ada kendala di bidang keuangan. Mereka dengan mudahnya menarik minat para pelajar untuk mengikuti liga basket ini karena hadiahnya sangat besar.

Bagaimana dengan Smuboy Cup?? SMUBOY CUP adalah suatu kejuaraan bola basket se-Jawa Timur yang diadakan oleh SMUN 1 Boyolangu, Tulungagung atau yang biasa disebut SMUBOY (sekarang namanya jadi SMABOY). Acara ini mulai dirintis sejak tahun 1998. Jauh sebelum adanya DBL.

SMUBOY CUP ini adalah salah satu gagasan original yang sangat bagus dari anak-anak pelajar SMUBOY. Pada waktu itu masih belum ada kejuaraan bola basket yang diadakan untuk para pelajar khususnya di Jawa Timur. Ini adalah terobosan baru yang dilakukan oleh anak-anak OSIS SMUBOY.

Lalu apa hubungannya SMUBOY CUP dengan DBL?? Ini adalah opini teman penulis yang kebetulan adalah alumni SMUBOY juga lulusan 2003. Dia bercerita kepada aku, mungkin kalau seandainya tidak ada DBL, SMUBOY CUP akan jadi satu-satunya institusi bola basket terbaik se-Jawa Timur. Katanya DBL telah menjiplak ide original dari anak-anak SMUBOY.

Memang SMUBOY CUP lahir lebih dulu jika dibandingkan dengan DBL. Lalu kenapa SMUBOY CUP tidak bisa berkembang sebesar DBL? Padahal jika kita berpikir logika, tentunya SMUBOY CUP akan jauh lebih besar dari DBL karena SMUBOY CUP lahir jauh lebih dulu dari DBL, terpaut sekitar 6 tahun. Waktu yang cukup lama untuk menjadikan event SMUBOY CUP ini besar dan berkembang.

Jauh sebelum ada DBL, banyak pelajar dari SMA yang berada di luar karesidenan Kediri yang mengikuti kejuaraan bola basket SMUBOY CUP ini. Sebagai contoh adalah SMAN Kepanjen, SMAN Ponorogo, dsb. Ini adalah hal positif yang mengindikasikan bahwa SMUBOY CUP telah menjadi icon kejuaraan bola basket se-Jawa Timur jika dilihat dari peserta kejuaraan ini yang berasal dari SMA se-Jawa Timur.

Tapi mengapa SMUBOY CUP tidak bisa sebesar DBL?? Jawabannya mudah. Pertama karena orang yang mengelola acara ini. Jika dibandingkan, keduanya jauh berbeda. SMUBOY CUP ditangani oleh para pelajar yang masih memikirkan tugas PR, ulangan, dsb. Sedangkan DBL dikelola oleh orang-orang yang dibayar untuk mengelola acara itu. Singkatnya, SMUBOY CUP dikelola oleh amatir sedangkan DBL dikelola oleh professional.

Alasan yang kedua adalah masalah dana. Dari mana SMUBOY CUP?? Tentu saja dari anggaran sekolah untuk kegiatan ekstrakurikuler. Sebagian mungkin bisa didapat dari mencari sponsor. Tapi jumlahnya tak seberapa. Bagaimana sponsor bisa percaya pada anak-anak pelajar yang mengelola event sebesar ini yang bisa menelan banyak biaya? Alasan itulah yang mendasari mengapa SMUBOY CUP sulit mencari sponsor. Sedangkan DBL bisa dengan mudahnya mencari sponsor karena ada back up nama besar dari Jawa Pos Group. Sebuah nama besar yang tidak bisa kita anggap sebelah mata.

Mungkin ini adalah saatnya untuk melihat kepada diri SMUBOY CUP kita. Kita selalu mengeluh SMUBOY CUP gagal ketika tim kita tidak masuk dalam final. Penonton sedikit karena tim kita tidak masuk final. Alasan ini, alasan itu, dan alasan-alasan yang lain. Marilah kita benahi SMUBOY CUP kita menjadi lebih baik. Kita teruskan SMUBOY CUP untuk benar-benar menjadi institusi bola basket se-Jawa Timur. Tidak hanya Tulungagung, Kediri, Blitar, Trenggalek, dan Malang, kita harus mencoba beranjak ke Surabaya, Jombang, Mojokerto, Jember, Banyuwangi, dsb.

Mohon maaf bila ada pihak-pihak yang tersinggung.

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia SMUBOY and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s