Datim, The Explorer


Kalo kamu anak SMUBOY, siapa sih yang nggak kenal Pak Datim? Guru mata pelajaran Sejarah yang satu ini emang terkenal sebagai guru yang kocak abis. Pelajaran yang biasanya membosankan menjadi satu pelajaran yang sangat ditunggu-tunggu, bukan karena pelajaran Sejarahnya yang menarik tapi karena menunggu cerita-cerita konyol dari Pak Datim.

Suatu ketika, pak Datim bercerita pengalamannya memancing di daerah Kalidawir. Pak Datim emang hobi banget sama yang namanya memancing. Cocok dengan pribadinya yang santai, nggak dikejar target. Hehehehehe😀

Waktu itu, pak Datim memancing di sebuah sungai yang lumayan besar di daerah Kalidawir. Aku lupa di daerah mana, yang jelas di situ jauh dari pemukiman penduduk. Cuma ada kebun ketela yang memang sudah siap dipanen.

Baru kali ini pak Datim mancing cukup lama. Dari mulai pagi sampek siang nggak dapet ikan. Di sekitar situ nggak ada warung pula. Perut keroncongan minta diisi. Lihat kanan kiri kok nggak ada orang.

“Wah, kebetulan nih. Nggak ada orang, banyak makanan di sekitar sini. Ambil satu aja nggak apa2 kayaknya..!!”, pikir pak Datim dalam hati.

Akhirnya, pak Datim pun mencabut satu pohon ketela. Di situ memang banyak pohon ketela yang ditanam di sepanjang pinggiran sungai. Ini salah satu inisiatif petani sekitar situ untuk memanfaatkan lahan yang tidak terpakai. Kemudian, dibakar ketela itu di sekitar tempat dia memancing. Di sana banyak ranting2 pohon kering yang bisa digunakan untuk mbakar ketela.

Ketela udah matang, siap disantap. Namun tiba-tiba ada seorang petani yang lewat situ. Pak Datim memanggil petani itu. Dia ingin menawari ketela yang dia bakar untuk dimakan bersama-sama.

  • Datim : Paklek, monggo telo pak.. Jik tas dibakar iki maeng..
  • Wong Tani : Suwun mas..
  • Datim : Sampun sungkan-sungkan paklek..
  • Wong Tani : Ora sungkan mas,, enak mas telone??
  • Datim : Enak paklek, monggo lho.. sampun sungkan-sungkan..
  • Wong Tani : Yo jelas enak, lha wong kuwi telo sing nandur aku..

Pak Datim menggumam dalam hati, “Waduh, apes.. tak kiro wong liwat, tibake sing nduwe telo.. Alasan opo yo iki??” Sambil berpikir, lalu pak Datim menjawab si Petani.

  • Datim : Paklek, sakjane kulo niki tiyang saking dinas pertanian pak.. Sakmeniko kulo survei kali-kali neng daerah kalidawir.. Sakjane neng pinggir kali iku nggak oleh ditanduri pak.. Iso ngganggu aliran air, tur nyebabne banjir.. Sampeyan iso didendo goro-goro nandur telo neng pinggiran kali kados niki..
  • Wong Tani : (Wajahnya memucat karena takut) Ngoten nggih pak?? Nggih sepurane pak, kulo mboten mangertos.. Nggih niki namung sambilan mawon, timbang lahane nganggur pak. Sepurane pak.. Monggo pak, njenengan njebol telo maleh mboten nopo-nopo pak.. Niki kulo jebolne maleh..
  • Datim : Yowes, ndak popo.. Yo sing penting ojo ngganggu lingkungan paklek.. Yowes, aku tak survei neng daerah liyane pak nggih..

Pak Datim pun kabur meninggalkan si Petani tanpa merasa berdosa sedikit pun.

 


This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia SMUBOY, Humor and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s