Imam Mustakim Menjadi Mamboo


Imam Mustakim, imam artinya pemimpin dan mustakim artinya lurus. Jadi imam mustakim artinya pemimpin yang lurus. Apakah demikian? Kita lanjut ke baris berikutnya.

Jam 7 pagi, bel smuboy sudah berbunyi 3 kali. Artinya, tanda masuk jam pelajaran pertama. Kalo dulu waktu aku sekolah, bel sekali artinya panggilan untuk ketua kelas, bendahara, anggota OSIS, dll. Nah, kalo dua kali artinya ganti jam pelajaran, kalo tiga kali artinya masuk jam pertama, istirahat, masuk setelah istirahat, dan pulang sekolah.

Jam pertama adalah mata pelajaran Fisika by pak Andie. Wah.. ngalamat mambo telat maneh iki. Pak andie udah di dalam kelas, tapi salah satu warga IPA-1 ini masih belum datang juga. Jam udah menunjuk angka 7.30. Kayaknya, mamboo nggak masuk nih, pikirku.

Pelajaran terus berlanjut. Pak andie membahas PR yang kemarin diberikan. Jam menunjuk angka 8 lebih sedikit. Dengan wajah polos khas wong nggunung, mambo masuk ke kelas dan disambut teriakan teman2 warga IPA-1 yang laen. Ternyata, sebelumnya, mamboo udah dikudang sama pak winoto.. “hoalah le.. le.. kowe kuwi mben dino kok telat?? sakjane kowe nantang gelut aku opo piye???”, salah satu kata yang diucapkan pak winoto kepada mamboo.

Di kelas, mamboo dapet hukuman nyanyi. Coba tebak, lagu apa yang dia nyanyikan? Kalo umumnya, anak2 nyanyi lagu pop yang lagi hit pada saat itu. Tapi mambo beda, dia menyanyikan lagu malaysia berjudul MENCARI ALASAN yang dipopulerkan oleh EXIST. Mungkin mambo lagi bingung nyari alasan kenapa kok tiap hari telat. Hehehehehe..

Kenapa kok namanya berubah jadi mambo? Begini critanya..!!

Kelas IPA-1, dibentuk sejak kelas XI atau kelas 2 SMA. Waktu itu, kami adalah pilot project untuk kurikulum baru KBK. Di kelas IPA-1 ada dua orang yang namanya imam. Yang satu Imam Sabari, yang satunya lagu Imam Mustakim. Kalo dipanggil imam, dua-duanya nengok. Nah, jadi bingung kan??

Akhirnya, teman2 sepakat memanggil nama belakang mereka. Yang satu dipanggil sabari, yang satunya lagi dipanggil mustakim, atau takim. Namun seiring dengan berjalannya waktu, imam mustakim dipanggil dengan nama MAM MUS. Entah kenapa, mungkin agak mirip bunyinya kali ya, imam mustakim jadi dipanggil MAMBO. Mungkin juga karena pada saat itu lagi populer-populernya penyanyi solo bernama PINKAN MAMBOO.

Imam Mustakim juga sempat dipanggil PINKAN, mungkin karena dia ngefans berat sama si bibir tebal PINKAN MAMBOO. Tapi panggilan itu nggak bertahan lama, hanya seumur jagung saja. Namun panggilan yang tetap melekat hingga kuliah di Jurusan Teknik Elektro ITS adalah MAMBOO, MANUSIA GUNUNG DARI GUA PASIR.

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia Elektro, Dunia SMUBOY and tagged , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Imam Mustakim Menjadi Mamboo

  1. agung nursyeha says:

    aku ngelike mas. hehehe..enek neh Minie manusia nggunung mbolo

  2. Pingback: Wanita itu Ibarat Ikan.. | Catatan Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s