Awas Copet…!!!!


Jakarta, kota yang keras. Banyak kejahatan di sekitar Anda.

Dua bulan sudah aku berada di Jakarta. Dua kali tersesat dan dua kali hampir kecopetan.

Mungkin otak ini memang tidak didesain untuk menghafalkan jalan. Nggak di Jakarta, nggak di Surabaya. Namanya jalan, kok sulit banget dihafal sih. Kayaknya lebih mudah menghafal command line di Linux daripada menghafal jalan. Apalagi kalo udah masuk perkampungan padat atau perumahan. Jangankan menemukan alamat, bisa keluar dari area itu saja sudah sangat bersyukur.

Pertama kali di Jakarta, ngantor di Menara Mulia, Jalan Gatot Subroto Jakarta Selatan. Kosan di daerah Karet Setia Budi. Berangkatnya sih sama teman satu kosan yang udah lama kerja di Perusahaan yang sama denganku. Tapi pulangnya, aku ditinggal. Gara2nya, aku harus ngembaliin ID card yang kupinjam untuk bisa masuk ke kantor. Soalnya ID Card dari kantor masih belum jadi. Akhirnya, terpaksa deh mencari jalan pulang sendiri. Untung aja manusia dianugerahi “mulut” yang bisa saya manfaatkan untuk bertanya arah dan jalan. Walaupun ada teknologi GPS, namun ternyata, teknologi buatan Allah SWT ini jauh lebih hebat dibandingkan GPS.

Di Jakarta ini, aku juga dua kali hampir kecopetan. Kedua-duanya saat naik kereta.

Kejadian pertama, di dalam kereta ekonomi Progo jurusan Yogyakarta Lempuyangan – Jakarta Pasar Senen. Kejadiannya antara perjalanan dari Jatinegara ke Pasar Senen. Waktu itu aku pake celana kain. Udah jam 2 pagi kalo gak salah. Aku ngantuk banget. Nah, kebetulan banyak bangku kosong di situ karena sebagian penumpang udah turun di stasiun Jatinegara. Aku tidur di bangku yang panjang yang biasanya diisi 3 penumpang. Belum sempat tidur sih, tapi mata udah terpejam. Lha kok kayaknya ada yang meraba-raba kantong celanaku. Aku langsung aja bangun dan mendapati ada seorang lelaki seumuran aku sedang bingung nyari botol air mineral sambil ngomong nggak jelas.

“Peh, wong iki koyoke arep nyopet aku…!!!”, kataku dalam hati.

Setengah sadar aku masih ingat dia memakai topi hitam, dan langsung kabur setelah aku bangun dari semi tidurku. hehehehehe😀

Sejak itu aku semakin waspada di kendaraan umum. Aku nggak berani pake celana kain lagi kalo bepergian. Kayaknya lebih aman pake celana jeans yang super ketat. (Walaupun agak menyiksa, hehehehehe :D:P)

Kejadian kedua, waktu aku balik dari surabaya naik kereta ekonomi Kertajaya jurusan Surabaya Pasar Turi – Jakarta Pasar Senen. Aku nggak hafal betul di mana kejadiannya. Tapi yang jelas di sekitar Cirebon, sekitar jam 2 pagi.

Pencopet yang ini bergerombol dan menyamar jadi pedagang asongan. Jadi hati2 buat temen2 yang bepergian naek kereta ekonomi perjalanan malam hari. Pencopet ini seringkali beraksi di malam hari. Saat para penumpang tertidur lelap di dalam kereta.

Pencopet yang ini selalu bergerombol dalam melakukan aksinya. Hati-hati terhadap pedangan asongan yang selalu berjalan bergerombol. Mungkin saja itu pencopet yang sedang mengincar kalian. Modus operandinya kayak gini. Satu orang menggerayangi korban untuk mengambil dompet atau HP sedangkan yang lain berdiri di sekitar korban untuk menghalangi pandangan penumpang yang lain.

Aku hampir jadi korban juga. Untung waktu mereka mencoba mengambil hp dan dompet dari celanaku, aku terbangun dan mendapati banyak pedagan asongan di sekitarku. Sejak itu, aku nggak bisa tidur dan selalu waspada. Aku juga memergoki ketika mereka beraksi mencoba mengambil dompet dari korban yang duduk di sebelahku. Aku pandangin aja terus dan akhirnya mereka pergi mencari korban yang lain.

Selalu waspada dan jangan sampai lengah ketika dalam perjalanan. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat bepergian. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin.

This entry was posted in Catatan Kehidupan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s