Review Sony Ericsson C510 vs Blackberry Gemini


Akhir-akhir ini banyak temen saya yang pake Blackberry. Awalnya cuma beberapa aja yang pake blackberry. Cuma temen2 kampus aja. Bisa diitung pake jari. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, dan menurunnya harga blackberry (selanjutnya tak singkat jadi BB aja ya..!!) semakin banyak aja yang pake BB.

Temen2 SMA saya juga udah banyak yang make BB. Entah apa yang ada dipikiran mereka, emang benar2 butuh atau cuma sekedar ikut tren semata. Kalo emang kerja di industri telco seluler, BB bisa jadi adalah kebutuhan yang sangat mendesak. Kalo saya lihat para karyawan 3 dan NSN, sebagian besar, mungkin 90% lebih memakai BB sebagai alat komunikasi. Berikut sejarah BB yang saya kutip dari wikipedia Indonesia dengan sedikit perubahan dari saya sendiri.

BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM yang merupakan rekan utama BlackBerry. Di Indonesia, Starhub menjadi bagian dari layanan dalam segala hal teknis mengenai instalasi BlackBerry melalui operator Indosat. Indosat menyediakan layanan BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server

Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni XL dan Telkomsel. XL menyediakan dua pilihan layanan yaitu BlackBerry Internet Service dan BlackBerry Enterprise Server+ (BES+).

BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan BlackBerry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan BlackBerry Enterprise Server. Pada awalnya, layanan BlackBerry hanya bisa diakses melalui smartphone BlackBerry saja. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas BlackBerry Connect yang memungkinkan BlackBerry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61. E71), Sony Ericsson P910i, M600i, Palm Treo, Dopod, dan lainnya.

Sejauh ini, fasilitas BlackBerry memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.

Kalo menurut pendapat saya pribadi, BB bisa saya sejajarkan dengan ponsel mid-end Sony Ericsson C510 jika dilihat dari fiturnya. Tergantung dari pemilik handphone, mampukah mengoptimalkan handphone yang dimilikinya. Berikut perbandingannya.

Push Email

Fitur utama dari BB yang sangat digemari adalah fitur push email. Bagaimana email dipush secara otomatis ke BB anda, sehingga ketika ada email masuk pengguna akan mendapatkan notifikasi email masuk seperti SMS masuk. BB terhubung ke server email secara terus menerus sehingga ketika ada email baru masuk bisa langsung diterima di BB anda. Email dikompresi hingga menjadi 1/100. Email sebesar 1MB bisa diterima di BB menjadi seukuran 10KB. BB mendukung push email untuk lebih dari 1 account email melalui Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP.

Bagaimana dengan Sony Ericsson C510(selanjutnya akan saya sebut SE C510)?? SE C510 juga mendukung teknologi ini. Walaupun terbatas untuk satu account email berbasis POP3/IMAP. Walaupun demikian, saya dapat mengoptimalkan SE C510 untuk push email sampai lebih dari 1 account email. Saya bisa melakukan push email terhadap beberapa account email dari @yahoo.co.id, @ymail.com, @rocketmail.com, @elect-eng.its.ac.id dan dapat ditambah lagi domain email yang mendukung fasilitas pop3. Gimana caranya, akan saya posting pada postingan berikutnya. Fasilitas push email SE C510 juga sama dengan BB, dia terhubung ke server email secara terus menerus sehingga ketika ada email baru masuk bisa langsung diterima di HP saya seperti SMS.

Pada fitur ini, BB lebih unggul dibandingkan dengan SE C510. Dapat dimaklumi dengan harga handsetnya yang separuhnya BB. Namun untuk tarif bulanan, SE C510 lebih murah. Untuk operator 3 hanya 25rb/bulan dengan paket internet unlimited sedangkan BB harus mengeluarkan kocek lebih banyak untuk mendapatkan BES.

Chating

Fasilitas yang menjadikan BB begitu digandrungi masyarakat Indonesia. Fasilitas instant messeging atau chating seperti Yahoo! Messenger (YM), GTalk, Skype telah terintegrasi dengan BB. Selain itu juga ada BBM (Blacberry Messenger) yang memungkinkan sesama pengguna BB untuk saling chating.

SE C510 tak mau kalah. Walaupun dengan menggunakan aplikasi third party semacam ebuddy, nimbuzz, atau messenger yang lain, SE C510 bisa digunakan untuk chating via YM, GTalk, Skype, facebook, dll. Selain itu, SE C510 juga memiliki messenger sendiri yang disebut IM. Namun sayangnya messenger ini tidak disupport oleh operator di Indonesia.

Dalam hal fasilitas chating keduanya sama kuat. Keduanya memiliki plus dan minus. Untuk BB, lebih mudah dalam mengetik karena keypad qwerty sedangkan SE C510 menggunakan alphanumerik.

Fitur

Blackberry

Network : Quadband GSM (850, 900, 1800, 1900)
Data : EDGE
Main Display : 320×240 TFT 65K
Kamera 2MP
Keypad QWERTY
Konektivitas : Blackberry browser, microUSB, WiFi b/g, bluetooth 2.0
Multimedia : music player, video player

Sony Ericsson C510

Network : Triband GSM (900, 1800, 1900) 3G (2100)
Data : GPRS, EDGE, 3G, HSDPA
Main Display : 320×240 TFT 256K
Kamera 3.2MP autofokus, flash
Keypad alphanumerik
Konektivitas : WAP 2.0/HTML, USB v2.0,  bluetooth 2.0
Multimedia : music player, video player, radio with RDS

Dilihat dari fiturnya, SE C510 mengungguli BB pada fitur kamera dan adanya radio. Sedangkan BB unggul dikonektivitas dengan mengusung WiFi b/g sebagai media terhubung ke dunia maya. SE C510 bisa digunakan sebagai modem internet dengan kecepatan HSDPA sedangkan BB hanya dapat mengakses internet dari handset, tidak bisa digunakan sebagai modem.

Sekian dulu review dari saya. Makasih buat yang sempet saya tanyain tapi nggak ngerti (Lucky). He46x🙂. Semoga postingan ini bermanfaat bagi rekan2 pembaca semua. Terima kasih yang udah mau baca, dan super terima kasih yang udah mau comment.

This entry was posted in Ilmiah, Ulasan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Review Sony Ericsson C510 vs Blackberry Gemini

  1. Pingback: Setting Push Email pada Sony Ericsson C510 | Almaadin Blog – Catatan Kehidupan

  2. wicak says:

    kalo donlot ym buat se c510 di mana?? minta infonya gan hehe
    maksh infonya di bales di email aj ya gan..

  3. umar says:

    iya nii…skarangg zamannya YM…gimana bisa ga YM
    thankxx

  4. eko harianto says:

    boz.
    Utk c510, cra cek kndisi hp.nya gmna ya…?

  5. tanto mja says:

    mau tanya, gimana cara kita tau langsung, bahwa ada email masuk d soner c510, tanpa harus pake buka aplikasi pengganti, misal : yahoo, dsb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s