SOHC vs DOHC


Mungkin tulisan ini agak menyimpang dari core pengetahuan saya. Secara, saya orang telco dengan spesialisasi di jaringan. Lha kok mbahas SOHC sama DOHC??  Itu kan buat anak mesin??

Ya, emang bener. SOHC dan DOHC sering kita jumpai pada teknologi mesin motor dan mobil terutama untuk mesin 4 stroke (4 tak). Sebenernya, saya punya hobi yang nggak tersalurkan di elektro, apa itu?? OTOMOTIF. Mungkin tulisan ini sedikit mengobati kerinduan saya pada surumi. Siapa surumi, motor saya yang sejak 2003 sampai sekarang setia menemani saya kemanapun saya pergi. Hehehe. Ya udah, langsung aja ke informasinya ya..!! Cekidot.

SOHC atau kepanjangan dari Single Over Head Camshaft adalah salah satu model mesin motor yang hanya memiliki satu camshaft aja. Dapat dilihat gambarnya di bawah ini. Dan melalui camshaft dan lifter (jendolannya) atau kadang bisa menggunakan rocker arm yang menggerakkan valves baik intake valves ataupun exhaust valves…!!! Biasanya dalam 1 cylinder, yang SOHC mempunyai 2 valves. 1 untuk intake dan 1 untuk exhaust valves. Namun ada juga yang mendesign 4 valves, yaitu 2 untuk intake dan 2 untuk exhaust valves…!!! Namun hal ini akan cukup rumit mendesignnya. Kenapa ??? Karena ini menyangkut timing antara intake valves buka/tutup dan exhaust valves buka tutup harus match timing nya, kalo nggak bakalan dihajar ama piston…!!!

SOHC Engine

Gimana dengan DOHC (Double Over Head Camshaft)??? yah tentu saja menggunakan 2 camshaft…!!! Nah standard DOHC tuh 1 cylinder udah 4 valves, jadi yang pasti valve intake dan valve exhaustnya double dibandingkan dengan SOHC (yang standard lho)!!! Terus impactnya gimana??? Intake valves tuh khan buat nyemprot campuran udara + bensin.. nah jika valvesnya double.. maka semburannya bakalan banyak dan itu artinya more power, apalagi ditambah dengan compression tinggi plus NOS.. walah… melejit.. tuh motor!!! Sering kali DOHC tuh untuk ngimbangin 2 stroke, artinya untuk dapat mengejar kekalahan 2 langkah maka valvenya didouble in!!! Walau tetep aja ada waktu untuk itu!!! Nggak heran istilahnya.. kalau pake bebek 4 stroke.. kudu diurut… apalagi yang SOHC…!!! Kalau 2 stroke nggak bertele-tele kayak gini,, makanya masih banyak 2 stroke lover soalnya more speed!!! Terutama penulis yang masih jadi 2 stroke lover.. He46x😀

DOHC Engine

Contoh motor SOHC 4 tak: Shogun, Supra, Revo, Jupiter, Vega, Tiger, Thunder, dll
•Kawasaki: ZX 130, Kaze-R, Blitz 110, Blitz Joy 125, dll..
•Honda: Astrea, Supra 110/125, Karisma, Revo, Tiger, dll..
•Suzuki: Shogun 110/125R, Smash, Thunder 125, dll..
•Yamaha: Jupiter, Vega, Scorpio 225, dll..

Contoh motor DOHC 4 tak:
•Kawasaki: Ninja 250R, Ninja ZX 6 R/RR (V4), Ninja ZX 7 R (V4), Ninja ZX 9 R (V4), Ninja ZX 10 R (V4), Ninja ZX 14 R (V4), ZX-RR, dll..
•Honda: CBR 125i, CBR 150 R, CBR 250, CBR 600 R (V4), CBR 900 R (V4), CBR 1000 RR (V4), RC 211 V, RC 221 V, dll..
•Suzuki: Satria FU 150, FXR 150, GSX 250, GSX 600 R (V4), GSX 750 R (V4), GSX 1000 RR (V4), GSV 800 R, dll..
•Yamaha: YZF 250, YZF 600, YZF 1000 RR, YZR-M1 dll…
•Cagiva: Raptor 650 (V4), dll..
•Ducati: 998i (V4), 1098i (V4), Desmosedici 990 RR, dll..
•MV Agusta: 1000F4 (V4)..

Kalo mbandingin antara teknologi 2 valve dan 4 valve, tentu 4 valve more powerful tapi lebih boros bahan bakar. Soalnya ada 4 katup masuknya bahan bakar. Nah, kalo 2 valve lebih irit, soalnya pintu masuk bahan bakar cuma 2. Namun tenaga yang dihasilkan nggak sedahsyat yang 4 valve.

Kalo di YAMAHA, teknologi SOHC 2 valve ada di motor byson sedangkan yang 4 valve ada di motor vixion. Selain itu, vixion juga mengaplikasikan fuel injection pada teknologi karburasinya. Sehingga bahan bakar bisa dipakai secara efisien di segala kondisi, baik panas atau dingin. Dengan kapasitas mesin yang hampir sama, tentu vixion lebih unggul daripada byson karena mengusung teknologi yang lebih canggih. FYI, keduanya memakai kapasitas mesin 150cc.

This entry was posted in Otomotif and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to SOHC vs DOHC

  1. gdsantoso says:

    ringkes gan, ane jd lebih gampang mudeng..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s