Buang Sampah Berkedok Hibah


Satu kalimat yang saya kutip dari seseorang. Maaf kalo nggak ijin terlebih dahulu. Tiba-tiba saja, muncul di benak saya untuk menulis di blog ini. Sepertinya, judul di atas memang benar adanya. Buang sampah berkedok hibah.Teknologi telekomunikasi sudah berkembang begitu pesat. Sentral telepon yang dulu seukuran bus kota, sekarang hanya berukuran 2×2 meter saja. Sungguh perkembangan yang luar biasa.

Di sini saya ambil contoh perusahaan telekomunikasi karena teknologi telekomunikasi berkembang sangat cepat. Berbeda dengan teknologi manufacture yang perkembangannya agak lambat.

Perusahaan-perusahaan memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat. Dalam bahasa bisnis, lebih sering kita dengar istilah CSR. CSR adalah kepanjangan dari corporate social responsibility. Sebagai contoh, sebuah perusahaan A menghibahkan seperangkat sentral telepon yang sudah tidak terpakai kepada sebuah institut pendidikan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan terhadap dunia pendidikan.

Kalau kita analisis lebih jauh, di satu sisi perusahaan mendapatkan nama baik di masyarakat karena tanggung jawabnya terhadap dunia pendidikan. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu susah membuang peralatan yang memakan banyak tempat ini atau menggudangkannya. Arsip terhadap peralatan juga mudah dicari.

Di sisi lain, institusi pendidikan juga mendapat untung karena mendapatkan hardware untuk proses studi yang menunjang praktikum atau semacamnya.

Mungkin cerita ini bisa dianalogikan dengan hibah pesawat F16 yang diterima oleh Indonesia. Who knows?? Hanya sekedar opini. Please, correct me if i ‘m wrong.

This entry was posted in Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

2 Responses to Buang Sampah Berkedok Hibah

  1. gdsantoso says:

    sentral telpon apa WC umum?kekekeke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s