Blackberry, Penghambat Kemajuan Teknologi


Siapa sih yang nggak tahu blackberry?? Ya, salah satu dari tiga besar smartphone di dunia di samping iPhone dari Apple dan Android dari Google. Keberadaan blackberry sebenarnya sudah cukup lama di dunia, namun baru booming akhir-akhir ini.

Apa sih yang membuat blackberry begitu booming di dunia, khususnya di Indonesia?? Menurut analisis pribadi saya adalah, yang pertama dikarenakan adanya fitur messaging yaitu BBM alias blackberry messenger. Inilah fitur utama yang membuat blackberry begitu diminati oleh masyarakat Indonesia. Kedua, fitur push email. Dengan adanya push email, para pengguna bisa menerima email secara realtime. Email ditarik dari server ke handphone sehingga email bisa diterima seperti layaknya kita menerima SMS.

Dari fitur-fitur unggulan tersebut, yang membuat blackberry begitu berbeda dengan pesaingnya adalah tingkat kompresi data yang menurut saya terbaik dari pesaing smartphone yang lain. Dengan adanya kompresi ini, data dapat diterima dengan cepat. Kalo menurut informasi yang saya dapat, teks yang kalo di smartphone lain berukuran 10KB maka di blackberry ini bisa dimampatkan menjadi 1KB saja. Makanya, kalo misalnya kamu chating sama teman kamu, ketika kamu memasukkan rich text maka yang keluar adalah unformatted text. Bahasa mudahnya, kalo misalkan kamu chating pake YM trus font yang kamu gunakan pake bold, italic, warnanya ijo, trus jenis fontnya nggak standard misalnya pake font bodoni (standardnya sih pake arial) maka ketika kamu enter, kalo temen kamu pake blackberry maka format textnya akan hilang. Balik ke font default YM, arial reguler.

Bisnis blackberry sendiri bisa saya katakan MONOPOLI. Kenapa?? Karena sudah jelas lengo gas, genah lengo tanah, layanan blackberry hanya bisa dinikmati dengan handset blackberry. Contoh, BBM hanya bisa dipake oleh pengguna handset blackberry. Kamu nggak bakal bisa pake BBM kalo pake handset Nexian.

Operator seluler di Indonesia, memang menyediakan layanan blackberry kepada pelanggan dengan handset blackberry. Namun yang perlu anda ketahui, semua operator di tanah air bergantung pada server blackberry di kanada (server RIM maksudku). Jadi kalo misalkan BBM kamu lambat, atau akses internet kamu lambat, jangan langsung nyalahin operator kamu. Oh, layanan BB operator merah lambat, layanan BB operator kuning lemot, layanan BB operator biru bosok. Itu belum tentu dari sisi network operatornya. Bisa saja itu dari server RIMnya di Kanada.

Adanya monopoli ini, kalo menurut saya akan menghambat perkembangan teknologi ke depannya. Pengembangan teknologi hanya terpaku pada satu perusahaan saja, si empunya merek dagang.

Sebenarnya kamu tahu nggak sih, kalo blackberry itu membebani system seluler kamu. Secara default, handset blackberry kamu akan melakukan PDP ke mana ya?? GGSN ato SGSN ya?? Atau yang lain?? Entahlah saya lupa, yang jelas, ibarat di jaringan komputer, handset blackberry kamu akan selalu melakukan request layanan blackberry ke jaringan seluler yang akibatnya traffic menjadi padat karena terbebani request ini, padahal yang bersangkutan belum tentu menggunakan layanan blackberry. Tapi secara default, dia akan selalu melakukan request untuk konek. Inilah yang membebani jaringan.

Blackberry oh blackberry… apa sih yang menarik dari dirimu??? Saya belum menemukan ketertarikan sama kamu. Tapi kenapa banyak orang begitu tergila-gila denganmu. Saya nggak habis pikir, kalo sekedar messenger, ada banyak messenger yang bahkan open bagi semua orang. Sebut saja Yahoo!, Google, AOL, dan masih banyak messenger yang lain.

Peringatan dari saya, merokok dapat menyebabkan serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin. Begitu juga dengan blackberry. Loh….. apa hubungannya??

This entry was posted in Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

9 Responses to Blackberry, Penghambat Kemajuan Teknologi

  1. rizkianto says:

    BB = semacam HP J2ME dengan sebuah aplikasi messenger, itu saja. selebihnya push mail sudah jamak terdapat di hape konvensional.

    *plus regone larang*

    • almaadin says:

      mantab gan…
      tapi secara teknis nggak sesimple itu..
      layanan BB membutuhkan server yang dimonopoli oleh RIM..
      operator lokal hanya menyediakan jalan aksesnya saja, tapi selebihnya dimonopoli oleh RIM..

      • rizkianto says:

        iyo aku yo ngerti…
        emang servernya terbukti powerfull. tapi diluar itu tidak lebih dari HP J2ME, bayangne ae misale server pusat dibobol atau bekne dibom terroris😛
        dan sayangnya banyak pengguna BB di Indonesia tidak menyadari kemampuan HPnya, mungkin cuman pegawai kantoran opo wong sing paham sing memanfaatkan + mengoptimalkan fitur push mail+BBM, sisanya pengguna latah cuman make buat update status facebook, twitter + nggosip nang BBM *kadang broadcast kabar hoax*

        • almaadin says:

          betul..
          lek wong kantoran, push email emang penting banget..
          tp lek aq sebagai karyawan, mending gak BBan..
          lek wes muleh yo uwes..
          gak mikir urusan kantor..
          kecuali lek enek incident…
          hohohohoho…

  2. noerman says:

    Yo lek aq yo seneng2 ae din…lha wong BB ku olehe gratisan og…
    Aq kari nompo tok…hahahahahah…

  3. Pinky says:

    hohohooho…….. lha kalo aku kok sing ga sreg bentuk,e sing guede tur amba kuwi tho mas… Tur bobote antep pisan…….. Hmmm, nyawang ae kok blas gak tertarik aku…….
    Tapi nek bentuknya cilik imut2 aku yo seneng ae… xixiixixiixi…
    Trus kaping pindhone, nek regane sak mono kari ditambahi sithik wis oleh ipad utawa netbook tho?? Malah fungsine yo luwih akeh… yo gak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s