Sistem Komunikasi Digital


Sedikit mengenang nostalgia bersama kawan-kawan telkomers ITS. Mengenang saat-saat kuliah di semester tengah menuju akhir. Nggak terasa, ternyata saya sudah lulus 6 bulan yang lalu. Saya baru merasakan kuliah di semester akhir ini. Kenapa?? Karena saya baru bisa mengoleksi nilai bagus di semester tengah menuju akhir, tepatnya setelah saya masuk bidang studi Telkom.Apakah Telkom itu mudah?? Nggak juga. Sama seperti bidang studi yang lain, ada yang enak dan ada juga yang nggak enak. Hehehehe.. Buktinya apa?? Nilai mata kuliah telkom saya, hampir semua dapet bagus, kalo nggak A ya AB, tapi ada juga sih yang dapet jelek. Salah satunya adalah SKD.

Sistem Komunikasi Digital, mata kuliah 2 SKS semester 6 waktu saya ngambil mata kuliah ini. Mata kuliah tersulit menurut saya. Memang kesalahan saya ngambil mata kuliah ini di semester 5, ketika saya mulai mengambil bidang studi telkom. Saya baca silabusnya sih kayaknya enak, tapi ketika terjun langsung ke kuliah, apa yang saya bayangkan ternyata hanyalah screensaver belaka. Screensaver yang di belakangnya ternyata ada aplikasi Rendering Video yang makan resource CPU dan memory server. Hehehe😀

Tapi untunglah, walaupun saya tidak bisa mengerjakan soal UTS dan UAS sampai selesai, saya bisa lolos (bukan lulus) dari mata kuliah SUPER ini (walaupun hanya dapat nilai C). Alhamdulillah. Saya kalah dari teman saya, Lucky. Lucky memang super, saya kagum sekali dengan beliau. :p

Oya, terima kasih ya bu Titiek karena telah meluluskan saya. Saya janji nggak akan ngulang mata kuliah ini. Hehehe.

Gara-gara mata kuliah ini, saya jadi punya kelemahan di mata teman-teman Telkomers. Saya selalu mati kutu kalo teman-teman nyinggung kata-kata “SKD” dan “Sistem Komunikasi Digital”. Tapi untung saya bisa mengcounter kata-kata itu dengan “TGE” atau “Transmisi Gelombang Elektromagnetik” dan “Propagasi Gelombang Elektromagnetik”. Terima kasih buat Pak Maulud dan Bu Puji yang telah rela memberikan saya nilai yang super, nilai A. Terima kasih juga buat Nana yang pas ujian Propagasi ada di dekat saya. Engkau adalah sumber inspirasi saya (memandangmu dari belakang dan samping membuatku mengingat hukum MAXWELL, hehehe).

2 SKS aja kayak gitu, sekarang malah digabung sama TST dan Teori Info jadi 5 SKS. Ampun dah!! Untung saya sudah lulus. TA saja 4 SKS, ini kuliah 5 SKS. Ibarat server, bisa mabok gara-gara CPU load tinggi terus. Untung telkomers sekarang cerdas-cerdas. Ibaratnya, CPUnya sekarang udah quad core (semoga aja, memorynya bukan 128MB, hehehe). Jadi saya yakin, temen-temen telkomers bisa mencapai nilai terbaik, semoga. Hehehe.

Selamat berjuang Telkomers. Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan. Y_A

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia Elektro, Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s