Ada Apa dengan 11 Juni??


Adakah yang istimewa dari tanggal 11 Juni?? Mungkin bagi beberapa orang, tanggal 11 Juni tidak ada kesan apa-apa. Memang di tanggal ini tidak ada kejadian yang istimewa. Tapi bagiku, tanggal 11 Juni adalah tanggal yang berarti buatku. Kenapa??? Simak di bawah ini.

Tanggal 11 Juni adalah hari ke-162 dalam kalender Masehi (Gregorian), atau hari ke-163 untuk tahun kabisat. Di tanggal ini, ada beberapa kejadian dan peristiwa internasional yang terjadi. Di antaranya adalah peristiwa berikut (sumber dari wikipedia).

  • 1770 – Kapal kapten James Cook kandas di Great Barrier Reef.
  • 1860 – Residen Belanda di Banjarmasin, I.N. Nieuwenhuyzen mengumumkan penghapusan kerajaan di seluruh Kalimantan termasuk pemerintahan Kesultanan Banjar. Belanda mencabut dukungan kepada Tamjidillah sebagai Sultan Banjar.
  • 1892 – Limelight Department milik Bala Keselamatan, salah satu studio film tertua di dunia, secara resmi didirikan di Melbourne, Australia.
  • 1937 – Marsekal Mikhail Nikolaevich Tukhachevsky dan sejumlah perwira senior Tentara Merah didakwa atas Kasus Organisasi Anti-Soviet Trotsky, pengadilan rahasia selama Pembersihan Besar-Besaran di Uni Soviet.
  • 1950 – Republik Indonesia Serikat menjadi anggota ke-16 ILO.
  • 1955 – Lebih dari 80 orang terbunuh setelah Pierre Levegh dan Lance Macklin bertabrakan dalam pertandingan 24 Jam Le Mans.
  • 1963 – Pemisahan rasial di Universitas Alabama dihilangkan karena Gubernur George Wallace menyisi perhentian di pintu gedung sekolah.

Di samping itu, beberapa tokoh juga lahir di tanggal 11 Juni.

  • 1930 – Dr. Melly G. Tan, MA, ilmuwan Indonesia
  • 1937 – Robin Warren, pakar patologi Australia, penerima Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran
  • 1939 – Jackie Stewart, juara dunia F1 tiga kali asal Skotlandia
  • 1990 – Sherina Munaf, penyanyi Indonesia

Dan salah satu tokoh itu adalah saya. Hehehe..🙂 Tanggal 11 Juni, beberapa tahun terakhir mengingatkanku pada peristiwa yang mungkin berpengaruh besar pada jalan hidupku saat ini (dramatis sekali kata-katanya :p).

Di tahun 2005, saat itu adalah hari pengumuman hasil seleksi olimpiade Fisika se-Kabupaten Tulungagung. Dan Alhamdulillah, saya berhasil lolos ke tingkat propinsi Jawa Timur. Walaupun gagal di tingkat Jawa Timur, tapi berkat piagam itu saya bisa masuk ke Jurusan Teknik Elektro ITS.

Di tahun 2010, itulah saat yang menentukan pendidikan saya di Elektro ITS. Saat itulah saya menghadapi 4 dosen penguji dan satu dosen pembimbing. Ya, seminar Tugas Akhir. Terima kasih kepada Pak Affandi selaku dosen pembimbing Tugas Akhir, Pak Aries, Pak Maulud, Pak Djoko, dan Pak Ansori selaku dosen penguji. Berkat bantuan dan bimbingan beliau, saya bisa seperti sekarang ini.

Tak terasa, sebentar lagi memasuki usia 24 tahun. Waktu begitu cepat berlalu. Semoga Allah selalu memberikan hidayah-Nya kepadaku. Alhamdulillah, segala Puji bagi Allah atas nikmat umur dan kesehatan yang selalu diberikan kepada saya. Semoga saya bisa menjadi kran, yang menyalurkan air kepada orang-orang yang membutuhkan. Amin. :):)

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Galau. Bookmark the permalink.

4 Responses to Ada Apa dengan 11 Juni??

  1. Met ulang tahun wes, tambah tuwek ae arek iki…😀

  2. seli_usel says:

    . semoga sajja ada hal yang menyenangkan .
    . amin

  3. 11 Juni 1973 – lahirnya salah satu arsitek Indonesia : Herbuwono MR
    11 Juni 1983 – Gerhana matahari total di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s