Pilih Blackberry, iPhone, atau Android??? Ini Pendapat Saya…!!!


Sudah lama nggak nulis tentang gadget. Saatnya cuap-cuap seputar gadget. Kebetulan pernah ngrasain user experience 3 gadget dari kelas smartphone yang populer di kalangan menengah ke atas orang Indonesia. Blackberry dari RIM, iPhone dari Apple, dan Android dari Google. Di sini, saya sengaja exclude product dari NOKIA dengan OS Symbian dan Windows Phone karena saya nilai kurang populer dan penetrasi di pasar juga kurang mumpuni dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

Berikut adalah data penetrasi pasar sistem operasi smartphone di dunia.

Data update untuk Maret 2011. Dari sini dapat kita lihat bahwa Android masih menguasai, disusul oleh iOS milik apple dan Blackberry RIM. Makanya, di sini saya ngambil 3 OS tersebut.

Blackberry RIM

Kapan kamu harus memilih device Blackberry??? Jika komunitas kamu adalah BB user, kamu suka chating, kamu tidak terlalu butuh berinovasi, dan kamu orangnya stagnant. Device ini memang khusus untuk orang-orang yang suka chating. Selain fungsi itu, tidak ada yang istimewa dari device ini.

Tips jika kamu ingin beli BB, belilah BB dengan spek yang paling rendah. Karena percuma juga kamu beli dengan spek tinggi, toh fungsinya juga cuma bisa buat chating doang. Jika kamu ingin spek yang lebih tinggi, mungkin tambahan jaringan 3G support bisa kamu pertimbangkan. Terutama buat kamu yang suka download film, musik, dan sebagainya. Selain itu, mendingan jangan deh. Sayang duit kamu kalo buat beli yang modelnya bagus, harganya mahal, tapi fungsinya sama kayak feature phone biasa.

Apple iPhone

Buat kamu yang memang orang kaya alias berduit, gadget inilah jawabannya. Harganya mahal bahkan bisa dikatakan tidak manusiawi. Buat yang suka pamer juga recommended. Buat yang suka gonta ganti hape, juga recommended karena harga jual kembali masih tinggi. Kalo ditanya masalah performa, nggak jauh beda sih sama yang namanya Android. Cuma menang di prestige. Tapi di sisi lain, iPhone menang di dukungan aplikasi-aplikasi dan games keren.

Kalo kamu punya duit, kamu suka gaya, kamu ingin pamer, nggak salah lagi. Inilah gadget yang dibuat untuk kamu.

Android

Gadget smartphone yang menyasar kamu bawah sampai kaum elite. Dari yang harganya 1 jutaan sampai yang 7 jutaan juga ada. Smartphone sejuta umat, buat yang suka ngoprek dan yang suka ngegame. Tapi hati2 bro, ini gadget sangat rakus dengan yang namanya “trafik data”. Pas kamu beli gadget ini untuk pertama kalinya, dalam kondisi default, background data dalam kondisi nyala. Dalam sekian menit, bagi para pengguna kartu prepaid, pasti pulsa akan tersedot sekian puluh ribu. Jadi jika kamu beli untuk pertama kali, setelah dinyalakan, segera masuk ke menu setting wireless untuk mematikan datanya dulu. Atau jika tidak, kalian beli dulu paket internetan unlimited biar pulsanya nggak kesedot. Jadi jangan selalu menyalahkan operator suka nyolong pulsa ya.. Karena memang gadget ini sangat rakus dengan yang namanya data.

Buat kamu yang pengen beli handset ini, sangat disarankan untuk membeli yang layarnya gede. Karena semakin gede layarnya, maka akan semakin lega. Itulah prinsip dasar dari touchscreen. Karena hampir sebagian besar handset android adalah handset touchscreen.

Kesimpulan :

  • Sesuaikan kebutuhan kamu dengan gadget pilihan kamu. Yang suka chating bisa milih BB, yang punya duit banyak bisa milih iPhone, yang suka ngoprek bisa milih Android. Jika kalian suka ngegame, maka salah jika kamu milih yang namanya blackberry. Jika terlanjur, ya siap-siap aja bengong liat temennya ngegame pake Android/iPhone mereka.
  • Sesuaikan budget kamu dengan gadget pilihan kamu.
  • Jangan membebani orang tua.
  • Gunakan operator yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan komunitas kamu. Kalo kamu suka SMS, kamu bisa milih operator mana saja (Telkomsel, IM3, XL, 3, Axis) karena semua operator GSM sekarang udah “menggratiskan” SMS. Makanya kalo nrima SMS spam jangan kaget. Hehehe😀. Kalo kamu suka nelpon, lihat komunitasmu. Nelpon murah itu cuma ke sesama operator, maka sesuaikan operator yang kamu pake dengan yang temenmu pake.
  • Untuk paket internet-nya, untuk BB ada paket yang ditawarkan masing2 operator. Kalo untuk iPhone/Android, gunakan paket unlimited jika kamu suka download/streaming. Kalo pengen murah bisa pake XL/3/Axis/Indosat (tapi jangan berharap kenceng ya, ada harga ada kualitas). Kalo pengen kenceng dan jaringan luas, ya pilih Telkomsel (tapi jangan berharap dapat harga murah ya.. :P)
  • Semoga tulisan singkat ini bisa membantu temen2 dalam memilih gadget.

    with love🙂
    rangga

    This entry was posted in Ilmiah, Ulasan and tagged , , . Bookmark the permalink.

    14 Responses to Pilih Blackberry, iPhone, atau Android??? Ini Pendapat Saya…!!!

    1. aenee2u says:

      saya milih dikasih gratis😀

      BB ga guna juga kalo ga gara2 orang2 kantor broadcast pake BB

    2. qezzia says:

      hahaa..beneer, bb ga berfungsi banget selain buat chatting -_-“

    3. Ghezy S.A says:

      wah makasih banget infonya😀

    4. VITRY says:

      WAH SAYA JDI MAKIN DILEMA,,, HAHAHA

    5. al fachraz says:

      Kecanggihan sih мαsιн menang android,memang untuk gaya2an iphone yang menang.tapi kalo gua milih iphone ϑαπ android :p

    6. indra isnato says:

      excusme,, kakak aq mau bertanya bgamana opini anda secara spesifik dari ke 3 gadget tersebut {BlackBerry, iphone, android} coz saya rasa anda lbih bnyk tau n sda pernah memiliki.

      • almaadin says:

        kalo secara spesifik :
        – iPhone : exclusive, mahal, kurang flexible
        – Android : lebih manusiawi, menjangkau semua kalangan, flexible
        – Blackberry : klasik, mahal, fiturnya standard.

    7. TimothyGreco says:

      Gue pemakai 3 gadget sekaligus, jika menurut pengalaman Ane pribadi, BlackBerry tetap yang terbaik. 11 tahun menggunakan BlackBerry, android hp kelas ekonomi banyak kualitas kw, lemah daya tahan, dan cemen, iphone terlalu manja dan nggak praktis buat kebut kebutan. BlackBerry tetap yang tergesit dg OS 10 yang slalu upgrade tiada banding. Mau adu cepat ngetik dan sinyal kuat? BlackBerry jawabannya.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s