What Blackberry Should Be..??


Kalo dilihat dari behavior pengguna Blackberry di Indonesia, smartphone ini seharusnya bisa didowngrade sehingga tidak perlu memiliki fitur telephony, SMS, dan browsing. Why?

Fitur wajib yang harus ada di handset Blackberry :

  • Instant Messaging, termasuk di dalamnya BBM, YM, Gtalk, dan Live Messenger. Ini fitur utama karena inilah sesungguhnya nilai jual dari handset blackberry.
  • Social Networking, termasuk fitur optional sebenarnya. Tapi wajib ada di Blackberry. Karena pengguna handset blackberry sebagian besar adalah pengangguran tak kentara. Punya banyak waktu untuk selalu update di dunia social networking. Termasuk di dalamnya adalah twitter dan facebook.
  • Di luar itu, adalah fitur yang seharusnya tidak ada di handset Blackberry :

  • Telephony, fitur ini tidak wajib ada di handset Blackberry. Karena pengguna bisa dikatakan tidak pernah menggunakan fitur ini karena memang di komunitasnya adalah para fakir pulsa. Ya, ini yang sering saya jumpai di sebagian besar pengguna handset Blackberry which is adalah mahasiswa dan anak muda. Yang punya pulsa jangan tersinggung ya. Hehehe🙂.
  • SMS, merujuk pada poin di atas, fitur ini sebenarnya tidak perlu karena tanpa pulsa percuma juga ada fitur ini. Lagipula fitur ini tergantikan oleh fitur instant messaging di atas. Namun demikian, fitur ini harus tetap ada untuk proses registrasi paket blackberry kecuali operator bisa mengakomodasi registrasi hanya dengan USSD tanpa konfirmasi menggunakan SMS. Sekali lagi yang punya pulsa jangan tersinggung ya.
  • Kalo nggak percaya, bisa dilakukan survey. Seberapa banyak sih pengguna handset blackberry yang pulsanya lebih dari 5000? Dan sebagian besar pengguna pasti hanya berlangganan paket blackberry untuk BBM dan Social Networking only. Fitur email dan browing adalah optional kalo lagi ada pulsa.

    Satu lagi yang kelewatan, camera seadanya. VGA juga ndak papa. Biar semakin exist di dunia maya. Game? Kayaknya nggak perlu.

    Just my opinion. Next review are android and iphone.

    This entry was posted in Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s