Memberi Akses Table atau Database ke User MySQL


Sebenarnya saya bukan seorang software engineer. Jadi ya masih belajar kalo urusan database. Tapi untuk urusan config router, dulu lumayan lah. Tapi sekarang juga sudah mulai lupa. Soalnya juga sudah tidak pernah ngutak ngatik lagi. Jadi lupa deh..

Nah, kebetulan kemarin ngutak-ngatik database mysql. Nah, saya pengen membatasi user tertentu selain root supaya hanya bisa mengakses database yang saya buatkan, atau bisa juga hanya pada level table saja. Ini sebenarnya untuk security aja sih. Kalo misalkan kita punya satu server tapi dipakai oleh banyak orang. Sehingga kita harus membagi user akses table/database kepada usernya masing-masing. Dalam dunia ke-database-an, ini sering disebut dengan privileges.

Sebelumnya mohon maaf kalo tulisan saya banyak yang salah, namanya juga masih baru masuk ke level aplikasi. Dulunya sering berkutat di level physical, datalink, transport, dan network.

Oke, kita langsung aja pake contoh kasus agar mudah.
– pertama kita buat dulu database-nya, misalkan database_20130110

CREATE DATABASE database_20130110;

capture_blog_20130110_1

– kemudian kita buat table di dalam database tersebut, misalkan table_20130110

USE database_20130110;
CREATE TABLE table_20130110 (field_1 varchar(20), field_2 varchar(20), field_3 varchar(20));

capture_blog_20130110_2

– membuat user percobaan@localhost dengan password percobaan123

CREATE USER 'percobaan'@'localhost' IDENTIFIED BY 'percobaan123';

capture_blog_20130110_3

– hilangkan semua privileges kemudian kita beri akses SELECT, INSERT untuk table/database yang kita buat tadi

REVOKE ALL ON *.* FROM 'percobaan'@'localhost';
GRANT SELECT, INSERT ON database_20130110.table_20130110 TO 'percobaan'@'localhost' IDENTIFIED BY 'percobaan123';

capture_blog_20130110_4

capture_blog_20130110_5

capture_blog_20130110_6

Saya ndak tahu apakah ada bug di phpmyadmin atau bagaimana (masih belum saya cek lebih jauh), tapi command terakhir ini hanya sukses ketika dieksekusi melalui CLI (command line interface).

Demikianlah.. Kalo ada salah2 kata, maafkan saya ya.. Dan tolong dibenarkan supaya saya tahu letak salah saya di mana. Matur suwun.

with love🙂
rangga

This entry was posted in Ilmiah, Tutorial. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

