Praktikum tanpa Asistensi???


Bulan Juni 2013 ini, ada anak elektro ITS 2010 yang Kerja Praktik di kantorku. Ada 2 orang mahasiswa yang kebetulan juga satu bidang studi denganku yaitu Telekomunikasi Multimedia. Kebetulan dia ditempatkan di bagian technology planning yang di situ ada temenku juga dari Telekomunikasi Multimedia Elektro ITS.

Mahasiswa itu cerita tentang praktikum sekarang. Entah ini degradasi atau apa, aku nggak tahu. Yang jelas, praktikum hanyalah praktikum. Praktik di lab dan kemudian bikin laporan lalu dikumpulkan. Just it.

Tentu saja ini sangatlah berbeda dengan praktikum pada masa kuliahku dulu. Praktikum pada masaku dulu bukanlah praktikum biasa, namun lebih kepada seleksi alam untuk menentukan mana mahasiswa yang bisa survive di kampus, dan mana yang harus pulang atau menunggu giliran untuk maju.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam praktikum. Kita membahas praktikum pada masaku yang menurutku sistemnya sudah ideal. Sekali lagi aku tekankan, ini adalah menurutku, kalo nggak mau nurut yang nggak papa.

PRETEST
Sebelum praktikum dimulai, para asisten praktikum mengadakan penilaian awal kepada para calon praktikan. Menurut pemahamanku, ada 2 tujuan diadakannya pretest ini.
1. Untuk melihat kondisi awal praktikan. Idealnya, untuk melihat improvement sebuah proses, maka harus dibandingkan kondisi existing dan kondisi after. Maka tujuan dari diadakannya pretest adalah untuk melihat existing condition dari praktikan.
2. Sebagai metode seleksi praktikan. Pada beberapa lab, dikarenakan jumlah mahasiswa yang tidak sebanding dengan kapasitas lab dan peralatannya maka diadakan pretest ini untuk menyaring siapa saja yang bisa melanjutkan praktikum dan yang harus pending untuk lanjut semester depannya.

Konsekuensi dari adanya pretest, maka akan muncul beberapa klasifikasi nilai hasil pretest. Dari klasifikasi ini maka akan muncul beberapa tugas. Sebagai contoh klasifikasinya adalah sebagai berikut.

  1. > 90 : excelent –> Bebas tugas
  2. 75 < x < 90 : very good –> tugas 1
  3. 55 < x < 75 : good –> tugas 2
  4. 30 < x < 55 : fair –> tugas 3
  5. < 30 : poor –> tugas 4

Tugas yang diberikan bisa sebagai berikut.
1. Tugas 1 : makalah
2. Tugas 2 : makalah + present
3. Tugas 3 : buat alat
4. Tugas 4 : del mata kuliah praktikum

Dari pretest ini ada manfaat yang bisa aku rasakan.
– semangat belajar untuk pretest
– tambahan pengetahuan dari pembuatan makalah
– tambahan pengetahuan dari tanya jawab saat present
– hard skill pembuatan alat
– dan masih banyak lagi manfaat yang bisa aku rasakan.

PRAKTIKUM
Pada saat praktikum, ada tahapan lagi yang harus dilalui.
1. Dasar Teori.
– dibawa saat praktikum
– harus ditulis tangan menggunakan tinta biru
– minimal 3 halaman
– kertas A4 80gr, margin 4-3-3-3, spasi 1

2. Tugas Pendahuluan.
– dibawa saat praktikum
– ditulis tangan menggunakan tinta biru
– kertas A4 80gr, margin 4-3-3-3, spasi 1
Manfaat dari tugas mengerjakan Dasar Teori dan Tugas Pendahuluan adalah persiapan materi sebelum praktikum. Jadi praktikan tidak blank saat praktikum sehingga waktu praktikum lebih efektif.

3. Praktikum
Pada saat praktikum, asisten membimbing praktikan bagaimana cara mengambil data pada saat praktikum dan diselingi dengan tanya jawab interaktif. Bisa praktikan bertanya kepada asisten atau sebaliknya. Setelah selesai praktikum maka praktikan akan diberikan tugas sbb.
– Tugas Modul
– Tugas Asistensi (dijelaskan lebih lanjut di bawah)

ASISTENSI
Di sinilah praktikan bisa mengembangkan pengetahuan tentang dunia elektro lebih dalam lagi. Ketika di kelas praktikan hanya disuguhi rumus, maka pada saat praktikum pada masa asistensi inilah pengetahuan praktikan diupgrade ke level aplikasinya. Bagaimana teori diaplikasikan ke dalam sebuah teknologi sehingga bisa dipakai dan dimanfaatkan oleh manusia. Sebuah quote mengapa aplikasi itu penting :

Science without engineer is just Philosophy

Berapa kali asistensi yang harus dilakukan praktikan ditentukan oleh asisten yang bersangkutan. Biasanya minimal 3x asistensi. Tugas asistensi yang diberikan bergantung pada tema modul yang sedang dijalani oleh praktikan. Tidak diperkenankan asisten memberikan tugas asistensi di luar topik yang dipelajari praktikan.

Pada saat asistensi pertama, praktikan present tentang jawaban Tugas Modul dan Tugas Asistensi. Tugas asisten adalah memberikan bimbingan kepada praktikan apabila jawaban praktikan kurang tepat. Jika dirasa praktikan sudah memahami topik dari modulnya maka asisten diperkenankan untuk memberikan ACC dan nilai terhadap modul tersebut.

Manfaat dari asistensi ini adalah sbb.
– Memperdalam materi praktikum
– Mengenal lebih dalam aplikasi ilmu dalam keseharian
– Persiapan simulasi asistensi Tugas Akhir

TUGAS BESAR atau POST TEST
Ending dari serangkaian praktikum adalah Tugas Besar atau Post Test. Jika lab memberikan Tugas Besar maka tidak akan ada Post Test. Tergantung kebijakan dari Koordinator Praktikum yang bersangkutan.
– Tugas besar biasanya berupa tugas membuat alat. Biasanya dikerjakan secara berkelompok.
– Post test adalah test pasca praktikum. Dilakukan secara individu oleh masing-masing praktikan.

Manfaat Tugas Besar adalah untuk mengaplikasikan apa yang dipelajari di praktikum ke dalam sebuah alat.
Manfaat Post Test adalah untuk mengevaluasi pencapaian praktikan setelah adanya praktikum.

Pasca tugas besar, biasanya asisten memberikan tugas penjilidan laporan praktikum. Ini sebenarnya juga sebagai pembelajaran kepada praktikan sebagai simulasi penjilidan buku TA.

APA YANG KAMU LAKUKAN DALAM PRAKTIKUM, SEMUANYA TIDAK ADA YANG SIA-SIA.
SEMUA MANFAAT AKAN KAMU RASAKAN KETIKA KAMU SUDAH BERADA DI DUNIA YANG NYATA. DUNIA KERJA.

Semua tulisan ini adalah pendapat pribadi. Kalo kurang berkenan yang aku mohon maaf. Sing penting ojo jotos-jotosan lho ya.

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia Elektro. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s