Ngefans JKT48, Salahkah??


Pertanyaan ini muncul karena seringnya orang memandang bahwa fans JKT48 hanyalah anak2 alay yang tidak punya selera musik. Aku nggak tahu apakah aku tergolong anak alay atau semacamnya, namun inilah ceritaku.

Awal mulanya mengenal JKT48 adalah dari iklan Pocari Sweat. Ini videonya.

Dari pertama kali iklan ini muncul, aku langsung suka dengan lagunya. Seminggu aku penasaran dengan lagu ini, yah walaupun belum se-penasaran hantu yang suka dunia marketing (arwah pemasaran) -nggak nyambung dink- aku coba nanya2 ke temenku. Karena pada saat itu, aku coba nyari di internet masih belum nemu yang sesuai dengan ekspektasiku. Alhasil, aku menemukan judul lagu TVC Pocari Sweat itu. Judulnya Heavy Rotation. Dan langsung aku jadikan lagu Heavy Rotation sebagai RBT (ring back tone) nomor hape dinasku.

Dari rasa penasaran yang semakin dalam, aku mencoba mencari lagu Heavy Rotation di youtube. Yah, sembari ngerjain kerjaan kantor kita refreshing sambil ndengerin lagu di youtube. Dan pertama kali aku melihat video Heavy Rotation adalah konser dari AKB48 di Tokyo Dome kalo ndak salah (cmiiw yah). Di index pencarian youtube, video yang muncul paling atas adalah channel dari UnderTaker108. Ini nih videonya.

Wah, ternyata keren juga ya dance-nya. Aku jadi semakin suka dengan lagu ini. Hampir setiap hari dalam seminggu aku muter lagu itu dan selalu aku ulang2 sampek aku hafal dengan lagu Heavy Rotation dalam versi Jepangnya. Setelah aku puas dengan lagu Heavy Rotation aku menjadi semakin penasaran dengan group AKB48 ini. Aku coba cari-cari video lain dari performance AKB48 dan ada beberapa lagu yang sampai sekarang masih menjadi favoritku. Di antaranya adalah Aitakatta, Kimi no suki kotoga suki dakara, dan Ponytail to shushu.

Puas dengan lagu-lagunya, aku mencoba untuk mencari informasi mengenai AKB48. Dari beberapa situs blog dan forum yang aku baca, perjalanan group idol asal Jepang ini tidaklah mudah. Banyak sekali halangan pada masa awal pembentukannya. Beberapa personel yang paling terkenal dari AKB48 di antaranya adalah Takahashi Minami, Atsuko Maeda, Haruna Kojima, Tomomi Itano, Mariko Shinoda. Para member AKB48 ini tidaklah mudah dalam menggapai cita-cita mereka menjadi bintang.

akb48

Takahashi Minami, salah satu member senior AKB48 selalu ditolak dalam beberapa audisi pencarian bakat. Namun dia tidak pernah menyerah dan akhirnya diterima sebagai member AKB48 generasi pertama.

Mariko Shinoda, gagal dalam audisi AKB48 generasi pertama. Dia kemudian bekerja di cafe AKB48 dan berjuang mempromosikan pertunjukan AKB48 pada masa awal berdirinya AKB48. Semasa Teater AKB48 selalu kekurangan penonton, ia turut membantu sebagai staf belakang panggung. Pada malam musim dingin, ia berdiri di trotoar membagi-bagikan brosur pertunjukan AKB48 kepada orang-orang yang lewat.

Ketika diadakan pemungutan suara untuk memilih anggota AKB48 favorit, Mariko terpilih sebagai favorit nomor satu. Penonton pertunjukan AKB48 beramai-ramai memilihnya meskipun dia bukan anggota AKB48. Setelah mengetahui ada pelayan kafe yang dipilih penggemar sebagai favorit, Yasushi Akimoto mendatangi Shinoda. Ia diberi kesempatan menjadi anggota AKB48 dengan syarat, “Kamu hafalkan 12 lagu berikut koreografinya, waktunya 4 hari sampai pertunjukan berikut.” Ia berlatih dengan keras hingga mengurangi waktu tidur. Pada pertunjukan malam 22 Januari 2006, Mariko Shinoda naik ke panggung untuk pertama kali. Ia terlambat satu setengah bulan dibandingkan rekan-rekannya sesama anggota Tim A.

Dan masih banyak cerita perjuangan para member AKB48 hingga mereka bisa seperti sekarang ini.

Dari hasil penelusuran informasi AKB48 ini, aku seperti mengalir ke dalam dunia group idol ini hingga akhirnya ada artikel yang menyebutkan sister group AKB48, di antaranya SKE48, HKT48, NMB48 (bukan namibia lho ya), dan sister group pertama mereka dari luar jepang JKT48. AKB adalah kepanjangan dari Akihabara Tokyo, SKE dari Sakae Nagoya, HKT dari Hakata Fukuoka, NMB dari Namba Osaka, dan JKT dari Jakarta Indonesia. Selain sister group, sebenarnya AKB48 juga mempunyai rival resmi yaitu Nogizaka46.

JKT48 yang aku kenal dulu nggak seperti sekarang. Dulu di awal pembentukannya adalah cewek2 item, kucel, dan kumel. Nggak bisa nyanyi, nggak bisa dance.

jkt48_before

Tapi berkat latihan dan kerja keras mereka, sekarang mereka adalah idola yang bisa kamu temui setiap hari.

SONY DSC

Dulu awal performance mereka di theater, semua lagunya dibawakan secara lipsync. Namun sekarang, beberapa sudah dibawakan secara live. Yah, nggak semua personil JKT48 itu bisa nyanyi, dan nggak semua personil jago dance. Yang menonjol di bidang dance seperti Baby, dan ada juga yang jago nyanyi dangdut seperti Sendy.

Ada juga Stella yang sekarang bermain di Bima Satria Garuda.

Selain manggung di theater, JKT48 juga membintangi beberapa iklan TVC seperti Pocari Sweat, IM3, YAMAHA Mio, Pocky, Lawson, Laurier, dll.

Di balik kesuksesan mereka, pasti ada saja yang membenci mereka. Aku sadar betul akan hal itu. Tak dapat dipungkiri, image girl band yang berkembang di Indonesia hanyalah gadis2 yang jual tampang dan jual paha doang. Walaupun mereka mengklaim bukan girl band, tapi itulah pandangan masyarakat luas tentang mereka. Namun demikian, mereka hanyalah kumpulan gadis remaja biasa dengan latar belakang biasa yang beberapa harus pulang-pergi Bandung-Jakarta dan bahkan di antara mereka adalah anak yatim yang menjadi tulang punggung keluarga.

Aku bukan penggemar yang fanatik. Aku mendukung mereka dengan cara yang biasa. Menghafal sebagian dari mereka adalah salah satu bentuk dukungan. Memberikan edukasi ke masyarakat siapakah JKT48 itu dengan memberikan fakta mengenai mereka, perjuangan mereka. Semoga kumpulan remaja ini tidak menjadi sombong lantaran sudah terkenal, semoga selalu rendah hati dan ramah dengan para penggemarnya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Ngefans JKT48, Salahkah??

  1. muhammad reval says:

    w stuju bngt ma artikel ni..gw akan dkung trs jkt48 walaupn tdk bsa scra lngsng..awal w ska grup ni krna perjuangn dr akb48 sendri yg bnr2 tdk mudah d lwati dan bnyk tkanan..tp skrg membuahkan hasil ,bn.yk gnerasi baru dr grup nh7 dan smoga sja generasi 48 akan trus ada smpai kpanpun.

    • salwa pradita says:

      kalau dengerin tentang AKB48 dan sister group yg lainnya itu tentang perjuangan memang dari pertama mereka berjuang dan mendapati cobaan yg amat payah bagi mereka!
      dan sister groupnya pun untuk masuk SKE48,HKT48,NMB48,nogizaka46,JKT48,SNH48 jg bersusah payah untuk masuk ke family’s 48 dan mereka jg dari nol untuk berjuang seperti AKB48 dan meraih cita-cita, walaupun di family’s 48 banyak yg graduation atau grad ya dan,semoga aja di family’s 48 tetap ada terus sampai kapanpun dan terkenal di dunia amin!

Leave a Reply

