Haruka Nakagawa (仲川遥香)


Haruka Nakagawa (Nakagawa Haruka, lahir di Tokyo, 10 Februari 1992; umur 21 tahun–2013) adalah idola Jepang anggota grup idola JKT48 dan unit Watarirouka Hashiritai dari AKB48. Sebelumnya Nakagawa adalah anggota AKB48 Tim A.

[2006]
Aku mulai mengenal Haruka sejak dia ditransfer dari tim inti AKB ke sister group JKT di Indonesia. Historikal karirnya di AKB48 dimulai di tahun 2006 ketika dia lolos audisi generasi ketiga AKB48. Haruka Nakagawa adalah anak kedua dari lima bersaudara. Ayahnya mantan pegulat profesional, namun namanya dirahasiakan. Menurut pengakuannya, ia mengikuti audisi AKB48 setelah disuruh ayahnya. Nakagawa mengikuti Audisi Penambahan Anggota AKB48 Angkatan 3, dan diterima pada 3 Desember 2006. Menurutnya juga, alasan dirinya diterima pada waktu itu, “Karena paling tidak bisa menari dan menyanyi.Ia memang mulanya tidak terlalu berminat pada musik. CD yang pertama kali dibelinya adalah lagu wajib untuk audisi AKB48 waktu itu, “Sakura no Hanabiratachi”.

[2008]
Pada bulan Oktober 2008, ia dimasukkan ke dalam unit Okashina Sisters dari AKB48 bersama Aika Ota dan Mayu Watanabe rekannya sesama Angkatan ke-3 yang berada di bawah manajemen artis Production Ogi. Setelah bergabungnya Natsumi Hirajima dari Angkatan 1, unit tersebut berganti nama menjadi Watarirouka Hashiritai. Singel perdana Watarirouka Hashiritai, “Hatsukoi Dash/Aoi Mirai” dirilis pada 28 Januari 2009.

[2009]
Seusai malam konser peringatan 135 tahun harian Yomiuri Shimbun AKB 104 Senbatsu Member Sokaku Matsuri, 23 Agustus 2009, diumumkan perombakan personel AKB48. Nakagawa dipindahkan sebagai anggota Tim A sejak Oktober 2009. Ia mulai naik panggung sebagai anggota Tim A sejak 27 Juli 2010.

[2010]
Pada Pemilihan Umum Singel ke-17 AKB48 dari Mei hingga Juni 2010, namanya berada di urutan ke-20. Hasil tersebut membuatnya terpilih sebagai anggota senbatsu yang menyanyi di singel ke-17 “Heavy Rotation”, sekaligus untuk pertama kalinya terpilih sebagai senbatsu setelah hampir empat tahun bergabung dengan AKB48.
Ketika pada 21 September 2010 diadakan turnamen batu-gunting-kertas untuk memilih anggota senbatsu untuk singel ke-19 “Chance no Junban”, ia berhasil menjadi juara ke-4, sekaligus kembali menjadikannya anggota senbatsu untuk media massa.

[2011]
Pada Pemilihan Umum Singel ke-22 AKB48 yang berlangsung dari Mei hingga Juni 2011, namanya berada di urutan ke-24. Hasil tersebut menempatkannya sebagai anggota Under Girls yang menyanyikan lagu sisi B di singel “Flying Get”.

[2012]
Pada 29 Februari 2012, Nakagawa masuk rumah sakit untuk operasi nodul pita suara. Ia kembali aktif setelah keluar dari rumah sakit, 7 Maret 2012. Ketika dia berada di rumah sakit (3 Maret 2012), Yasushi Akimoto lewat Google+ memilihnya sebagai anggota senbatsu Google+ yang menyanyi lagu “Gugutasu no Sora” untuk sisi B singel ke-26, “Manatsu no Sounds Good!”.
Pada Pemilihan Umum Singel ke-27 AKB48 untuk singel ke-27 yang berlangsung Mei hingga Juni 2012, namanya berada di urutan ke-44. Pada pemilihan umum ke-4 tahun 2012, peraih suara terbanyak di urutan 33–48 berhak masuk sebagai anggota Next Girls untuk singel “Gingham Check”.
Pada malam pertama konser AKB48 in Tokyo Dome “1830 m no Yume” 24 Agustus 2012 diumumkan kepindahan Haruka Nakagawa dari AKB48 menjadi anggota JKT48. Menurutnya di Google+, setelah Produser Yasushi Akimoto membuka kesempatan belajar di luar negeri, termasuk ke JKT48, ia langsung ingin berangkat, “Meski Jakarta jauh dari Jepang, di mana pun aku berada, aku tidak berubah! aku Haruka Nakagawa!”
Keputusannya untuk pindah ke JKT48 menurutnya Google+ sebagai pemikiran positif, “Bukannya tidak senang lagi bersama AKB, tapi ingin berada di luar negeri dan mencoba kemampuan diriku!” Pada konser hari kedua di Tokyo Dome, 25 Agustus 2012, Nakagawa sudah berbaur dengan anggota JKT48 lainnya. Menurut ceritanya, ia sudah banyak berbicara dengan banyak anggota JKT48, “Meski ada kendala bahasa, tidak ada masalah, soalnya sudah akrab, seperti yang dikatakan mereka semua. Mereka semua anak yang ramah-ramah dan bersemangat.”
Pada Turnamen Batu-Gunting-Kertas Singel ke-29 AKB48, Nakagawa bertanding dengan membawa bendera berwarna merah putih, serta kostum merah putih bertuliskan JKT. Namun ia kalah dari Moeno Nito setelah menang sekali melawan Mina Oba.
Sesuai mulai berlakunya formasi baru AKB48 terhitung 1 November 2012, Haruka Nakagawa resmi ditransfer ke JKT48 sejak 1 November 2012. Acara Dahsyat di RCTI 9 Desember 2012 merupakan penampilan pertamanya sebagai anggota JKT48. Nakagawa bersama Aki Takajo dan lima anggota JKT48 membawakan lagu “Gomen ne, Summer” dalam formasi 7 orang.
Pada konser JKT48 First Anniversary Event di Senayan, 23 Desember 2012, Haruka Nakagawa dimasukkan ke dalam Tim J bersama-sama Aki Takajo dan 22 anggota Generasi Pertama JKT48. Nakagawa tampil bersama Tim J JKT48 pada pertunjukan hari pertama “Renai Kinshi Jourei” di Teater JKT48, 26 Desember 2012. Akun Twitter dan Facebook Haruka Nakagawa dibuka pada hari yang sama dengan debutnya di Teater JKT48, 26 Desember 2012.

[2013]
Nakagawa bersama Aki Takajo mewakili JKT48 pada konser AKB48 Unit Matsuri dan AKB48 Request Hour Setlist Best 100 2013 yang berlangsung 23 Januari-27 Januari 2013 di Tokyo Dome City Hall, Tokyo. Selama konser lima hari yang ditayangkan secara langsung melalui YouTube, keduanya ikut serta membawakan lagu-lagu dari AKB48 serta unit-unit darinya. Ketika ikut menyanyikan “Heavy Rotation” dengan kostum hewan, Nakagawa mengenakan kostum monyet dan Takajo mengenakan kostum burung kakatua.

Haruka Tidur Sambil Makan

Haruka Tidur Sambil Makan

Catchphrase Haruka saat di AKB48 adalah :
元気と言えば?(客「はるごん」) 食いしん坊と言えば?(客「はるごん」) みーんな大好き!(客「はるごん」)ありがとうございます。はるごんこと仲川遥香です
Genki to ieba? (Audience: “Harugon”) Kuishinbou to ieba? (Audience: “Harugon”) Miinna daisuki! (Audience: “Harugon”) Arigatou gozaimasu. Harugon koto Nakagawa Haruka desu
(Who’s the most energetic? (Audience: “Harugon”) Who’s the most glutton? (Audience: “Harugon”) You aaaall love! (Audience: “Harugon”) Thank you. I’m Nakagawa Haruka also known as Harugon)

Catchphrase Haruka saat di JKT48 adalah :
Kalian Cinta Aku? (Ya), Aku Cinta Kalian Semua. Jauh Jauh Datang Dari Jepang Untuk Menghibur Kalian Semua, Aku Nakagawa Haruka
(Do You Love Me? (Audience :Yes), I Love You All. Came Far Away From Japan To Entertain You, I’m Nakagawa Haruka)

Ketika di AKB48, aku belum tahu Haruka, aku tahu Haruka setelah diumumkan bahwa dia akan dipindah ke JKT48. Karena terlalu banyaknya member di AKB48, jadi hanya sedikit yang aku ketahui. Di JKT48, aku semakin salut dengan perjuangan Haruka untuk belajar bahasa. Beberapa video yang diupload di Youtube selalu membuatku tertawa-tawa sendiri. Menurutku tingkah Haruka ini lucu, terlalu kekanak-kanakan dan bikin gemes semua orang. Ini menurutku ya, kalo nggak mau nurut ya nggak apa-apa. Kalau menurut kalian gimana?

Haruka & melody JKT48 @selebrita & @obsesi

Haruka JKT48 funny ( Handshake event )

Haruka JKT48 vs deddy @hitamputih segment4

Haruka JKT48 talk @ just alvin

Haruka JKT48 vs deddy @hitamputih FULL SEGMENT

Behind the scene haruka JKT48 YUUHI WO MITEIRUKA

Haruka JKT48 funny 4

G+ Shania – Haruka belajar bahasa (Kelinci-keriting-kuncir-kunci-kucing)

Semangat Haruka JKT48 berbahasa Indonesia

Haruka & akicha JkT48 challenge to answer questions in bahasa

Akicha & Haruka Chalenged to Answer Questions in Bahasa

Dan masih banyak lagi video-video lucu Haruka yang sudah diupload ke youtube. Sepertinya Haruka sangat nyaman berada di Indonesia, dia begitu menikmati berada di sini. Tidak seperti Akicha yang sepertinya kurang begitu nyaman berada di sini. Itu terlihat ketika pengumuman kepindahan Akicha, wajahnya begitu terkejut mendengar bahwa Akicha akan ditransfer ke JKT48.

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Motivasi Hidup. Bookmark the permalink.

2 Responses to Haruka Nakagawa (仲川遥香)

  1. nadianurulr says:

    bener banget. haruka tuh lucu. kawaii dan apa adanya. trus lagi dia giat banget belajar bahasa. malahan sekarang udah lancar

  2. salwa pradita says:

    haruka itu lucu banget cocok ngelawak sama dedy corbuzier!
    haruka paling lucu kalau di hitam putih dia musuhan banget sama dedy corbuzier!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s