Mereka Menyebutnya Wota


Video di atas adalah video yang awal-awal aku tonton saat berburu informasi tentang AKB48 family, termasuk di dalamnya juga JKT48. Pertama kali nonton, aku menyebut mereka GILA. Ya, gila.. Idealnya fans itu menonton konser untuk menyaksikan idola mereka di atas panggung. Tapi di sini, mereka justru joged-joged sendiri, nggak jelas ke mana arah hidupnya.

Kalau kamu lihat di video, orang di sekitar juga merasa aneh melihat tingkah laku fans ini. Bukannya nonton malah joged-joged kayak orang kesurupan. Aku sendiri awalnya juga merasa aneh melihat mereka. Lebih tepatnya malu sendiri. Hahahaha.

Tapi itulah uniknya para fans JKT48 dan 48 family lainnya. Yang mereka lakukan di atas disebut WOTAGEI. WOTAGEI adalah gerakan khas para wota saat menonton pertunjukan idolanya (AKB48 & 48 Fams). Biasanya dapat berupa tarian khusus menggunakan light stick.

WOTAGEI ini berasal dari kata WOTA. Wota adalah penggemar berat yang sangat berdedikasi terhadap Idolnya, dalam konteks ini adalah AKB48 & 48 Fams. Wota adalah fans yang mencintai idolanya dengan segenap hati, bahkan mengikuti idolanya ke manapun dan di manapun ia berada, wota juga merupakan fans yang tidak ragu mengorbankan uang, waktu, image demi idolanya. Puitisnya “Hidup dan Mati seorang Wota ada ditangan Idolanya”.

Dan inilah salah satu hal yang tidak saya sukai dari dunia industri hiburan di dunia ini. Mereka para pelaku usaha di dunia hiburan seakan-akan memeras harta para WOTA dengan iming-iming wajah cantik dan paha mulus.

Berbeda dengan industri hiburan lain, 48 family memiliki fans yang unik. Selain fanatisme dari fans juga tarian unik yang disebut wotagei. Selain itu ada juga kalau kamu sering lihat video di youtube, ada fans yang teriak-teriak saat member JKT48 nyanyi sambil bawa lighstick, itu disebut dengan chant mix. Chant mix dilakukan untuk memberikan semangat kepada Idola dan para fans.

Mix Chant ini sendiri di sorakkan sewaktu overture (sebelum idola memasuki panggung), sewaktu intro lagu (awal lagu), dan sewaktu lagu melambat. Mix chant berhenti ketika idol mulai bernyanyi. Mix chant ini tidak dilakukan ketika idol menyanyikan lagu pelan (mellow) atau ballad. Pada lagu yang di mulai secara tiba – tiba seperti “Heavy Rotation”, Mix Chant di tunda sampai interlude (bagian instrumental).

Mix Chant terdiri dari beberapa variasi yang dikenal di kalangan wota. Sebenarnya terdapat 3 variasi Mix Chant, yang pertama adalah MIX dalam bahasa Inggris, kedua dalam bahasa Jepang, dan ketiga dalam bahasa Ainu. Mix pertama (B.Inggris) biasanya di sorakkan di overture,intro lagu, Mix kedua (B.Jepang) disorakkan pada lagu yang memiliki intro panjang seperti lagu “Ponytail to Shushu” , saat overture dan pada interlude pertengahan lagu, sedangkan Mix ketiga (B.Ainu) disorakkan di bagian interlude akhir sebuah lagu dan overture, Mix yang ketiga ini juga sangat jarang digunakan.

Berikut ini adalah Mix pertama (B. Inggris) yang menjadi Mix standar dikalangan wota AKB48 :
-) Aaaa…..Yossha Ikuzo !, Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya !
*) “Aaaa…Yossha Ikuzo !” (Ayo Mulai !) merupakan komando untuk memulai sorakkan

Mix kedua (B. Jepang) :
-) Aaaa…Mocch Ikuzo !, Torah, Hii, Jinzou, Sen-ii, Ama, Shindou, Kasento-tobi-jokyo !

Mix ketiga (B. Ainu) :
-) Aaa…Mocch Ikuzo !, Chape, Ape, Kara, Kira, Rara, Tusuke, Myahot-tsuke !

Nah ini dia contoh Mix Chant yang dilakukan saat overture :

This entry was posted in Catatan Kehidupan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s