Analisis Peta Kekuatan Pemilu 2014


Bismillah. Lama juga nggak nulis di sini. Udah lebih dari dua bulan kayaknya. Hahaha. Oke skip, lanjut ke topik.

Hari ini hari minggu, hari yang bagus buat jalan-jalan sebenarnya. Cuacanya nggak terlalu panas, jadi kalau muter-muter Jakarta naik motor kayaknya oke juga. Hmm.. Tapi sepertinya niatku harus dibatalkan karena barusan baca berita kayak gini.

Oh, ternyata sekarang lagi musim kampanye to? Baru sadar gua. Hahaha. Baiklah, sudah kuputuskan, pemilu kali ini gua golput. Semua laki-laki sama aja, nggak ada yang bener. Bajingan semuanya. Eh, maksudnya bukan laki-laki, tapi calon legislatif. Hahaha. Jadi inget guyonan temen, bedanya Pil KB sama Pilkada. Pil KB : Kalau lupa jadi, Pilkada : Kalau jadi lupa.

Agak kurang sreg juga sebenarnya sama pimpinan partai ini. Kenapa kalau kampanye harus di Jakarta? Kenapa nggak di luar Jakarta aja? APEC aja di Bali, workshop kantor juga di Bali. Bikin macet Jakarta aja ini orang kerjaannya. Nggak mau menghormati kepentingan publik. Belum jadi aja udah kayak gini, apalagi kalau sudah jadi?

Ah sudahlah, ngomong keburukan partai nggak ada habisnya. Ibarat kemacetan Jakarta yang nggak akan ada habisnya. Mendingan kita ngomongin aja peta kekuatan Pemilu di 2014 ya?

Nggak kalah sama Indonesia yang mau menyelenggarakan Pemilu baik legislatif maupun eksekutif di 2014, JKT48 juga sedang melakukan ajang pemilu juga lho. Kalau di JKT48, pemilu ini untuk memilih member yang berhak menjadi senbatsu (member pilihan) untuk membawakan single ke-6.

Pemilihan ini dilakukan oleh para fans (para fans ini sering menyebut diri mereka WOTA) dengan beberapa cara :

  • Official Fans Club berhak mendapatkan satu suara untuk memilih satu member
  • Yang datang nonton theater juga berhak mendapatkan satu suara untuk memilih satu member
  • Beli CD original versi theater berhak mendapatkan satu suara untuk memilih satu member
  • Beli CD original versi alfa group berhak mendapatkan satu suara untuk memilih tiga member
  • Beli content JKT48 melalui aplikasi mobile mendapatkan satu suara untuk memilih satu member
  • Di Konser single ke-5 yang berjudul Flying Get, diumumkan posisi sementara perolehan suara hasil pemilu 2014. Kalau dilihat dari hasil tersebut, posisi sementara masih diduduki top member yang biasa masuk senbatsu di single-single sebelumnya. Sebut saja Melody, Haruka, Nabilah, Shania, dan Kinal. Namun demikian ada beberapa nama baru yang belum pernah masuk senbatsu yang muncul di top 16 member sementara. Berikut adalah Posisi sementara perolehan suara sampai 15 Maret 2014.

    KE 1 Melody Nurramdhani Laksani 475 Suara
    KE 2 Haruka Nakagawa 460 Suara
    KE 3 Ratu Vienny Fitrilya 434 Suara
    KE 4 Beby Chaesara Anadila 415 Suara
    KE 5 Devi Kinal Putri 396 Suara
    KE 6 Nabilah Ratna Ayu Azalia 371 Suara
    KE 7 Jessica Veranda 370 Suara
    KE 8 Shania Junianatha 342 Suara
    KE 9 Ayana Shahab 340 Suara
    KE 10 Thalia Ivanka Elizabeth 338 Suara
    KE 11 Cindy Yuvia 254 Suara
    KE 12 Sinka Juliani 246 Suara
    KE 13 Jessica Vania 242 Suara
    KE 14 Ghaida Farisya 239 Suara
    KE 15 Sendy Ariani 238 Suara
    KE 16 Saktia Oktapyani 211 Suara

    Kalau dilihat dari hasil sementara ini, akan ada persaingan yang cukup ketat terutama di papan atas. Melody yang sebelumnya tidak pernah menjadi nomor satu di pemilihan sebelumnya (kalender senbatsu) sepertinya mulai waspada di pemilihan kali ini. Para Melodiest mulai bersatu untuk menjadikan Melody center lagi di single ke-6 ini. Melody merupakan icon dari JKT48. Merupakan member yang paling banyak fans-nya.

    Haruka yang sekarang di posisi kedua, tidak akan tinggal diam. Walaupun Harukanisme agak kurang bersatu (opini pribadi : masih terkotak-kotak, terbukti dari ulang tahun kemarin tidak bisa menembus world wide trending topic di Twitter), tapi wotajir dari kalangan Harukanisme termasuk loyal dan rela menggelontorkan suara demi Haruka.

    Viny yang bertengger di posisi ketiga agak mengejutkan. Kemungkinan besar ini berkat dukungan dari para wotajir. Apakah posisi Viny akan bertahan di posisi atas? Kemungkinan apapun masih terbuka lebar karena bisa jadi akan ada serangan di hari-hari terakhir pemilihan.

    Beby yang bertengger di posisi keempat juga mengejutkan. Mengingat Beby jarang terpilih di single-single JKT48. Tetapi melihat posisi Beby di kalender senbatsu sudah jelas bahwa dukungan fans sangat besar. Terbukti Beby terpilih di kalender senbatsu di posisi ke-10.

    Kinal yang menjabat sebagai kapten tim J, agaknya tak mau gagal di senbatsu sousenkyo pertama JKT48. Mengingat dalam kalender senbatsu, dia tak masuk dalam 12 besar. Para fans harus waspada karena bisa saja posisinya akan tergeser oleh member yang lain. Para fans harus tetap memberikan dukungan di sisa hari pemilihan jika tak mau Kinal terdepak dari 16 besar.

    Nabilah cukup mengejutkan karena hanya bertengger di posisi ke-6. Nabilah yang dijuluki oshi sejuta umat tak mampu menyodok ke posisi 3 besar. Melihat hasil sementara ini, akan sangat mungkin muncul kejutan dari Nabilaholic. Member paling dikenal ini belum sekalipun menjadi center di ke-5 single yang diluncurkan JKT48, alasan inilah yang akan membuat Nabilaholic berjuang untuk menjadikan Oshi mereka center di single ke-6.

    Kejutan besar muncul dari Thacil alias Vanka. Member tim J yang baru saja promosi dari trainee ini banyak menyita perhatian wota karena mampu masuk ke jajaran 16 besar perolehan sementara.

    Posisi saat ini masih sangat terbuka dan belum mencerminkan hasil akhir. Pengumuman hasil sementara ini bisa jadi siasat manajemen JKT48 untuk mendongkrak lagi penjualan CD original. Dengan pengumuman hasil sementara, para wota akan memperjuangkan oshi mereka agar bisa masuk ke senbatsu. Tidak menutup kemungkinan, trainee seperti Sisil bisa masuk ke dalam senbatsu karena peta kekuatan yang masih sangat tersembunyi. Besarnya fan base tidak menjamin posisi oshi aman. Dukungan fans sangat membantu idol mereka untuk terus bersinar.

    Tetap dukung oshi kamu ya. Posisi masih sangat terbuka sampai April nanti. Suara fans sangat berarti untuk Oshi kalian.

    This entry was posted in Catatan Kehidupan. Bookmark the permalink.

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s