148 Hari Kepemimpinan Jokowi


Sebenarnya, judul yang tepat adalah 146 hari kepemimpinan Jokowi, tapi karena aku anaknya kekinian banget dan juga anaknya 48 banget, makanya judulnya di-adjust jadi 148 hari kepemimpinan Jokowi.

Tulisan ini bukan untuk mengejek, hanya membeberkan kejadian-kejadian yang terjadi saat kepemimpinan Jokowi, terlepas itu dampak dari kepemimpinan beliau atau tidak, yang pasti mengutip dari ucapan beliau, “itu bukan urusan saya”. Hehehe.

Yang jelas, fakta di bawah paling tidak adalah dampak yang langsung saya rasakan. Apa saja kejadian unik paska dilantiknya Jokowi, berikut ringkasannya.

1. Dollar menembus angka IDR 13,200. Per 15 Maret 2015, posisi dollar saat ini masih bertahan di 13,200. Untuk yang ini saya berterima kasih kepada pak Presiden karena kebetulan saya masih punya sedikit stok dollar.

2. Tariff Dasar Listrik naik. Dampaknya langsung dong yang ini.

3. BBM naik. Agak aneh sih yang ini, ketika harga minyak dunia turun, justru pemerintah menaikkan harga BBM. Yang ini saya gagal paham urgensinya di mana. Dampaknya? Ya tentu saja biaya transportasi naik, mulai dari transportasi pribadi maupun transportasi umum.

4. Tariff kereta naik. Mungkin ini karena dampak kenaikan dollar. Dampaknya tentu saja, biaya pulang ke kampung halaman naik.

5. Harga beras naik. Dampaknya jelas, biaya makan per hari ikutan naik.

6. Gas naik. Dampaknya ya ke pengeluaran buat makan sehari-hari juga ikutan naik.

7. Tariff tol naik, imbas dari diberlakukannya PPN terhadap tariff tol. Yang ini tidak berdampak langsung sih, secara saya ndak punya mobil.

8. Motor ndak boleh lewat Jl. Thamrin Jakarta Pusat. Loh, emang ini kebijakannya Jokowi? Bukan sih, tapi ini dampak dari terpilihnya Jokowi sebagai presiden. Kalau dia tidak jadi presiden, tentu saja Ahok ndak jadi Gubernur. Kalau Ahok ndak jadi Gubernur, tentu saja kebijakan motor ndak boleh lewat Jl. Thamrin tidak akan dikeluarkan.

9. Gaji naik. Kalau yang ini bukan dampak dari Jokowi jadi presiden sih, tapi dampak dari promosi jabatan. Terima kasih ya mbak Dewi, saya diijinkan untuk promosi di tempat lain.

Udah deh, 9 aja. Daripada kalau dikeluarin semua bikin sakit hati, mending sedikit aja biar ndak terlalu sakit hati. Saya sedikit membayangkan, bagaimana ya sekarang orang-orang yang dulu mati-matian membela Jokowi waktu kampanye? Apakah mereka sudah puas dengan kepemimpinan idol mereka? Membela setiap kebijakan yang dikeluarkan walaupun bertentangan dengan kepentingan rakyat? Atau justru…?? Tapi rasanya adem ayem aja walaupun banyak kebijakan tak populer dan anti kepentingan rakyat.

Oke, kita lupakan para relawan itu, karena sebenarnya saya ndak rela membahas mereka di sini. Hahaha. Saya mau bahas satu dari 9 poin di atas yang sangat berdampak luas ke masyarakat, yaitu kenaikan BBM.

Wajar sih BBM naik, lha wong namanya saja BBM. Bolak balik mundhak. Kita biarkan saja BBM naik. Segala sesuatu yang kita sikapi dengan positif, insyaAllah hasilnya juga akan positif. BBM naik sekian persen, kita tingkatkan kadar keimanan kita jadi sekian persen, kita tingkatkan amal perbuatan kita sekian persen, kita tingkatkan amal jariyah kita sekian persen, insyaAllah kita akan diberikan kekuatan untuk melalui ini.

BBM kita lawan dengan BBM. BBM di sini adalah Bareng Bareng Manembah. Manembah marang Gusti Pangeran Kang Maha Kuasa. Apa saja BBM itu? Ada Solar, Bensin, Premium.

1. SOLAR, sholate tambah rajin, sholate tambah rutin. Sing mbiyen sholate bolong-bolong ditambal. Sing mbiyen sholate ora jangkep, ditambahi sholat sunnahe. Rawatib ojo ketinggalan, dhuha ojo lali, sholat tahajud ojo ditinggalne.

2. Bensin, lek omben sing isin. Mendeme dilereni.

3. Premium, prei makan minum. Tegese puasa alias shiyam.

Mugi kita sedaya diparingi kuat ngadepi pemimpin sing model ngene iki. Bisa jadi dibalik setiap kebijakan yang tak populer ini, ada makna lain yang belum bisa kita pahami sebagai orang non politis. Kita sikapi segala sesuatunya dengan positif insyaAllah barokah. Amin.

This entry was posted in Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

4 Responses to 148 Hari Kepemimpinan Jokowi

  1. aenee2u says:

    waaaahhh yang nomer 9 ak belom dapet undangan traktiran😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s