Kucing, Anjing, dan Babi di Indonesia, Jepang, dan USA


Setelah kemarin saya menuliskan hasil observasi saya mengenai fenomena sarung, kali ini saya akan membahas fenomena 3 hewan peliharaan di 3 negara.

Sebenarnya ini tulisan nggak penting sih, jadi nggak penting juga untuk dibaca. Jadi buat kamu yang super sibuk, mending nggak usah baca tulisan ini deh. Karena tulisan ini super-super nggak penting.

Kucing
kucing

Kucing itu bro, adalah ketika kamu merayu cewek kamu.. “Kucingta kau apa adanya..”
Kucinta kau apa adanya.. Krik.. krik.. krik..

Orang Indonesia menirukan bunyi kucing sebagai “meong”. Di Jepang, kucing disebut sebagai 猫(ねこ:neko) dan mereka menirukan suara kucing sebagai にゃん(nyan). Sedangkan di USA, kucing disebut sebagai cat dan mereka menirukan suara kucing sebagai “meow”.

Indonesia
Di Indonesia, kucing adalah hewan yang dipelihara oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Masyarakat selain menyukai kucing karena kelucuannya juga bermanfaat untuk mengusir/menakuti tikus di rumah. Di Indonesia yang mayoritas beragama Islam, kucing memiliki kasta yang paling tinggi di antara 3 hewan yang akan kita bahas. Dalam terminologi Islam, kucing adalah salah satu hewan yang disayangi oleh Nabi Muhammad SAW.

Di masyarakat Jawa khususnya di pedesaan, ada penghormatan tersendiri terhadap kucing. Ketika seseorang menabrak kucing di Jalan sampai mati, maka orang yang menabrak itu harus menguburkannya agar tidak terkena nasib yang jelek.

Jepang
Di Jepang, kucing dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Jika kamu pergi ke restoran atau rumah makan Jepang, maka kamu akan melihat patung kucing yang tangannya melambai-lambai. Itu yang disebut sebagai maneki neko, patung kucing yang katanya bisa mendatangkan keberuntungan. Bahkan sampek ada hari kucing juga lho di sana. Entah ini benar atau salah.[1]

Berbeda dengan kucing lain, kucing hitam di Jepang dianggap sebagai pembawa sial. Kasihan ya kucing hitam di Jepang. Hiks😦

Di Jepang, kucing dianggap sebagai binatang yang sangat imut. Untuk memberikan kesan yang imut, biasanya cewek Jepang dipanggil dengan menambahkan nyan di belakang nama panggilannya. Jika kamu pernah nonton anime K-ON! maka kamu akan menemukan tokoh bernama Azusa yang dipanggil dengan sebutan Azunyan. Ada lagi artis member AKB48 dari Jepang yang bernama Kojima Haruna dipanggil Harunyan untuk memberikan kesan imut.

Kebiasaan yang unik lainnya adalah, cewek-cewek di Jepang suka memakai bando yang berhiaskan telinga kucing atau sering disebut Nekomimi. Bagi mereka, cewek yang memakai nekomimi akan terlihat lebih kawaii. Menurut penulis, sebagian besar cewek Jepang memang imut sih, ndak usah pake nekomini juga sudah imut. Hehehe.

nekomimi

USA
Kalau kamu suka baca 9gag, kamu akan melihat bagaimana kebencian orang USA terhadap kucing. Lihat juga bagaimana orang USA membuat film yang judulnya….. anu.. apa ya? Pokoknya inti ceritanya sekelompok kucing ingin menguasai dunia. Saya sendiri nggak tahu kenapa orang sana begitu merendahkan kucing.

Anjing
anjing

Di Indonesia, anjing berbunyi guk guk.. Di Jepang, anjing disebut sebagai 犬(いぬ:inu) dan berbunyi wan wan.. Sedangkan di USA, anjing disebut dog dan berbunyi bark.

Indonesia
Di Indonesia, anjing dianggap sebagai binatang yang rendah. Nggak percaya? Kalau kamu marah, apa yang kamu sebut? Anjing lu. Hmm.. rasanya kok kurang garang ya. Asu kowe!!! Nah, kalau itu terdengar lebih mantab. Hahaha.

Saya kurang tahu mengapa anjing dianggap sebagai binatang yang rendah. Tapi yang jelas, saya takut sama anjing. Bahkan sejak saya masih belum sekolah.

Jepang
Di Jepang, anjing dianggap sebagai sahabat manusia. Contoh nyata adalah kisah hachiko.

USA
Di USA, anjing memiliki derajat yang paling tinggi di antara 3 hewan yang saya bahas di sini. Sama seperti di Jepang, anjing juga dianggap sebagai sahabat manusia di sini.

Bahkan saking tinggi-nya, banyak film yang mengisahkan tentang anjing. Bahkan ada juga yang sampai ada penyelamatan bumi oleh anjing. Lebai banget nggak sih. Ada juga anjing ikut kompetisi olahraga seperti sepakbola dan basket. Emangnya nggak ada orang lagi apa ya? Sampek anjing disuruh ikutan maen bola.

Babi
babi

Babi kalau di Indonesia bunyinya ngok ngok, nah kalau di Jepang disebutnya 豚(ぶた:buta) dan bunyinya bu bu. Sedangkan di USA, disebut pig dan berbunyi oink.

Indonesia
Di Indonesia, nampaknya binatang ini tidak layak untuk menjadi binatang peliharaan. Kalau budidaya mungkin ada ya. Mungkin di sini, babi bisa dikatakan hewan yang paling rendah kastanya dibandingkan yang lainnya. Karena budaya kita yang nggak makan babi, populasi babi juga kayaknya nggak terlalu banyak deh. Mungkin yang paling besar populasinya bisa kita temui di bagian wilayah yang orang muslimnya minoritas, kayak di Bali atau Papua.

Jepang
Kalau di Jepang, saya kurang terlalu tahu sih. Tapi kalau di serial anime Ranma, babi itu nggak serendah seperti penilaian orang Indonesia terhadap babi.

USA
Nah, yang paling aneh adalah di USA. Di USA, babi itu dipelihara kayak kucing atau anjing. Saya pernah nonton serial kartun di Disney yang berjudul Gravity Fall yang disitu ada salah satu cerita yang tokohnya melihara babi. Aneh juga sih kok babi dipelihara. Emangnya nggak ada hewan lain yang bisa dipelihara ya? Kalau anjing sih OK, masih bisa dimanfaatkan misalnya untuk menjaga rumah. Nah kalau babi?

Yah, ini semua pendapat pribadi sih. Mungkin ada yang salah juga dari ulasan saya. Siapalah saya ini mbak, hanya jepitan hasduk pramuka yang hanya ada ketika dibutuhkan dan selebihnya dilupakan. Hanya aku manusia bodoh, yang biarkan semua ini permainkanku berulang-ulang kali.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Kucing, Anjing, dan Babi di Indonesia, Jepang, dan USA

  1. widi says:

    di jepang babi jadi santapan kegemaran, orang jepang makan daging babi mentah, ga takut kena cacing ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s