10 Metal Hero yang Pernah Populer di Indonesia


Ada yang masih inget Jiban? Polisi robot yang suka melempar kartu bertuliskan Jiban dan selalu membaca pasal demi pasal sebelum menangkap penjahat? Generasi 90 pasti ingat. Jiban adalah salah satu serial tokusatsu bergenre metal hero. Sebenarnya ada beberapa genre dari serial tokusatsu, berikut di antaranya :
1. Metal Hero (akan dibahas pada artikel ini)
2. Kamen Rider (di Indonesia dialihbahasakan menjadi Ksatria Baja Hitam, yang paling populer adalah KBH RX alias Ksatria Baja Hitam RX)
3. Ultraman (menceritakan makhluk raksasa bernama ultraman yang berasal dari planet Ultra)
4. Super Sentai (di Indonesia dialihbahasakan menjadi Power Ranger. Versi Amerika lebih populer dibandingkan dengan versi asli dari Japan).

Pada bahasan hari ini, kita akan membahas 10 Metal Hero yang pernah populer di Indonesia. Metal Hero berada di masa keemasannya pada tahun 1990an. Sempat tayang di tahun 2000an namun tak terlalu populer dan akhirnya sampai saat ini tak lagi ada stasiun TV Lokal Indonesia yang menayangkannya. Berikut adalah serial Metal Hero yang pernah populer di Indonesia.

1. Gaban (Uchuu Keiji Gavan 「宇宙刑事ギャバン」)
Merupakan seri pertama dari Space Sheriff, menceritakan seorang polisi yang dikirim ke bumi untuk melawan serbuan alien. Bumi diserang oleh Kekaisaran Makuu yang dipimpin oleh Don Horror. Space Cop Gabin muncul dari Planet Burung dan diminta untuk mempertahankan bumi. Ia dibantu oleh Mimi dan diberi informasi oleh Qom. Agar tidak dikenali, ia menyamar sebagai Retsu Ichijouji. Serial ini masuk ke Indonesia melalui kaset video yang disewakan.

gavan

2. Sharipan (Uchuu Keiji Sharivan 「宇宙刑事シャリバン」)
Merupakan serial kedua dari trilogi Space Sheriff. Serial ini pernah ditayangkan di Indonesia oleh Indosiar pada tahun 2005. Ceritanya mirip dengan Gaban, yaitu tentang polisi luar angkasa yang melindungi bumi dari serangan alien.

sharivan

3. Jiban (Kidou Keiji Jiban 「機動刑事ジバン」)
Dalam versi Inggrisnya, serial ini lebih dikenal dengan sebutan Mobile Detective Jiban. Menceritakan tentang robot polisi yang bertempur melawan sindikat jahat Bioron, pimpinan Doktor Giba. Jiban adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiban adalah serial Metal Hero yang ke-8 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 29 Januari 1989 hingga 28 Januari 1990.

Hal yang benar-benar unik dalam serial Jiban ini adalah pada saat Jiban hendak bertarung melawan monster Bioron. Sebelum bertarung, Jiban selalu membaca pasal-pasal yang didakwakan pada si penjahat (monster) satu persatu. Setelah semua pasal dibacakan, baru pertarungan dimulai. Hehehe aneh banget ya? kok monsternya mau nunggu lama-lama. Lagian Jibannya apa nggak bosen tuh, ngebaca pasal satu-persatu tiap kali mau berantem? Bisa dibilang, Jiban adalah tokusatsu dengan persenjataan termutakhir kala itu. Dia punya 3 kendaraan, Reson (Mobil), Vaican (Motor), dan juga Sylas (semacam pesawat tempur). Selain itu dia masih punya Pistol, Pedang, dan meriam bernama Daedalus. Serial Jiban pernah ditayangkan di Indonesia pada tahun 1996 oleh Indosiar.

jiban

4. Janperson (Tokusou Robo Janperson 「特捜ロボ ジャンパーソン」)
Bisa dibilang, Janperson merupakan suksesor dari Jiban. Keduanya sama-sama berkonsep robot polisi. Di versi Inggrisnya, Janperson lebih dikenal dengan nama special Investigation Robot Janperson. Janperson adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Janperson adalah serial Metal Hero yang ke-12 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 31 Januari 1993 hingga 23 Januari 1994. Di Indonesia, serial tokusatsu di Janperson ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar pada tahun 1997.

janperson

4. Winspector (Tokkei Winspector 「特警ウインスペクター」)
Serial tokusatsu yang satu ini cukup legendaris. Tokoh utamanya adalah 3 robot polisi (salah satunya adalah manusia), mereka bernama Fire (merah), Walter (biru) dan juga Bycle (kuning). Winspector adalah serial Metal Hero yang ke-9 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 4 Februari 1990 hingga 13 Januari 1991. Di Indonesia, serial tokusatsu di Winspector ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar pada tahun 1995.

Yang unik dari serial ini adalah, cara berjalan dari robot biru dan kuning. Masing-masing memiliki cara jalan yang khas. Selain itu, robot merah yang sebenarnya manusia juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu setelah selesai bertempur melawan musuh selalu ditunjukkan adegan melepas helm dan terlihat rambutnya basah penuh keringat.

Winspector

6. Metalder (Choujinki Metalder 「超人機メタルダー」)
Metalder merupakan satu dari sekian banyak Metal Hero dengan desain kostum yang agak aneh menurutku. Separuh badannya berwarna merah, separuh lagi biru. Kontras banget kan? Lagipula, dia lebih mirip seperti sebuah prototype robot yang masih belum selesai, jika dibandingkan dengan Jiban atau Winspector.

Metalder adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Metalder adalah serial Metal Hero yang ke-6 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 16 Maret 1987 hingga 17 Januari 1988. Di Indonesia, Metalder ditayangkan oleh RCTI pada tahun 1996.

Metalder

7. Bicrossers (Kyodai Ken Byclosser 「兄弟拳バイクロッサー」)
Serial tokusatsu yang menceritakan dua orang kakak beradik yang bisa merubah wujudnya dengan masuk ke dalam sebuah lemari pakaian (yang kalo gak salah sih warisan, atau dapet pas pindah rumah). Senjata pamungkasnya yaitu sebuah Sepeda motor yang memiliki kemampuan menjadi sebuah laser canon.

Bicrossers kalau menurutku sangat unik sekali, atau lebih tepatnya absurd. Pertama dari cara Henshin, mereka hanya bisa henshin dengan masuk ke lemari pakaian di rumah. Ribet banget kan? Trus senjatanya juga nggak kalah absurd, menggunakan motor sebagai laser canon. Tapi jaman dulu lihatnya keren banget sih. Haha. Serial ini dulu pernah ditayangin sama RCTI pada sore hari (waktunya ngaji) pada tahun 1996.

Bicrossers

Bicrossers

8. Ninja Jiraiya (Sekai Ninja Sen Jiraiya 「世界忍者戦ジライヤ」)
Jiraiya merupakan serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Jiraiya adalah serial Metal Hero yang ke-7 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 24 Januari 1988 hingga 22 Januari 1989.

Di Indonesia, serial tokusatsu di Jiraiya ditayangkan oleh stasiun televisi Indosiar pada tahun 1997. Di Indonesia, Jiraiya mendapat sambutan yang luar biasa, kendati kepopulerannya masih kalah jika dibandingkan dengan Kamen Rider atau Ultraman. Namun, ide cerita yang unik (menggunakan ninja) dalam serial ini menjadi daya tarik tersendiri.

Jiraiya bercerita tentang Ninja ber-armor yang bisa berubah jadi besar. Inti ceritanya saya agak lupa, yang jelas ada beberapa ninja dari luar Japan juga, ada yang dari Inggris, trus ada juga ninja cewek yang seksi.

jiraya

9. Kabutaku (B-Robo Kabutack 「ビーロボカブタック」)
Ini dia serial tokusatsu paling unik menurut saya. Berkisah mengenai sekumpulan robot berbentuk binatang (kumbang, lebah, ular, dll) yang saling bersaing untuk mendapatkan semacam ‘lencana’ berbentuk bintang yang bisa mengabulkan segala jenis permintaan. Desain robotnya unik, cebol dan lucu, namun bisa berubah menjadi keren ketika memasuki mode tempur.

Robot-robot ini terbagi menjadi 2 kubu (baik dan jahat) dan seringkali bertarung untuk mendapatkan bintang tersebut. Setiap kali bertarung, akan ada robot wasit yang menjadi penengah.

B-Robo adalah serial tokusatsu di Metal Hero yang ke-16 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 23 Februari 1997 hingga 1 Maret 1998. Di Indonesia, serial ini ditayangkan oleh stasiun tv RCTI, setiap hari Minggu pagi pada tahun 2003.

kabutaku

10. Exceedraft (Tokusou Exceedraft 「特捜エクシードラフト」)
Exceedraft adalah serial tokusatsu yang dibuat oleh Toei. Exceedraft adalah serial Metal Hero yang ke-11 dari serangkaian serial Metal Hero. Film seri ini ditayangkan TV Asahi dari 2 Februari 1992 hingga 24 Januari 1993. Di Indonesia, Exceedraft ditayangkan di TPI pada tahun 1998. Sayangnya saya sudah lupa serial ini karena jarang nonton.

exceedraft

Selain serial di atas, saya kasih bonus beberapa serial metal hero yang juga pernah tayang di Indonesia.
– Jikuu Senshi Spielvan (Indosiar) [2005]
– Tokyuu Shirei Solbrain (Indosiar) [2001]
– Blue SWAT (RCTI, tidak sampai tamat) [2002]
– Tetsuwan Tantei Robotack (Indosiar) [2005]
– Ginga Taisen (Ksatria dari Zelda) (SCTV) [1995]
– Moero, Robocon (ATV,SCTV) [1996-1997,2006]
– Kyoudai Ken Bicrosser (RCTI) [1996]
– Denkou Choujin Gridman (TPI) [2003]
– Choukou Senshi Changerion (Indosiar) [2002]
– Shichi Sei Toshin Guyferd (Indosiar) [1999]
– Chouseishin Gransazer (RCTI, Global TV) [2006]
– Genseishin Justirizer (Indosiar, ANTV) [2007, 2008]
– Chousei Kantai Sazer-X (Indosiar) [2008]
– Madan Senki Ryukendo (Indosiar) [2008]

Yang ini versi Amerika-nya :
– VR Troppers (RCTI, tidak sampai tamat) [1996]
– Big Bad Beetleborgs (Indosiar, tidak sampai tamat) [2000]
– Super Human Samurai Cyber Squad (Indosiar) [1996-97]

This entry was posted in Generasi 90, Japan, Sinopsis. Bookmark the permalink.

2 Responses to 10 Metal Hero yang Pernah Populer di Indonesia

  1. Pingback: 10 Kamen Rider yang Pernah Tayang di Indonesia | Catatan Kehidupan

  2. serial2 ini yg sllu mnemani masa kecilku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s