10 Kamen Rider yang Pernah Tayang di Indonesia


Sesuai janji pada postingan sebelumnya di sini, kita akan bahas 10 kamen rider yang pernah tayang di Indonesia. Kamen rider adalah salah satu jenis tokusatsu yang sangat terkenal di dunia. Kamen Rider memiliki kisah unik dari masing-masing series, namun yang menjadi persamaan di antara semua series adalah, semuanya memiliki kendaraan sepeda motor sebagai tunggangan. Walaupun beberapa ada yang memiliki tunggangan mobil. Selain itu Rider Kick juga menjadi serangan andalan yang dipakai hampir di semua Kamen Rider Series, terutama Kamen Rider Era Showa.

Sejatinya, secara bahasa kamen (仮面) berarti topeng dan rider (ライダ) maksudnya penunggang motor. Jadi sudah sepantasnya semua Kamen Rider series punya motor sebagai tunggangannya. Sebenarnya sejak pertama kali muncul kamen rider hingga saat ini (tahun 2015) sudah ada 26 series yang tayang di Japan. Series terbaru saat ini juga sedang tayang di Japan dan bertajuk Kamen Rider Ghost.

Dari 26 series kamen rider yang sudah tamat, mungkin tidak sampai separuh series-nya mampir ke Indonesia. Berikut adalah beberapa series kamen rider yang pernah tayang di Indonesia.

1. Kamen Rider Black
Di Indonesia, kamen rider black dialihbahasakan menjadi Ksatria Baja Hitam. Sepengetahuan penulis, Kamen Rider Black alias Ksatria Baja Hitam adalah series kamen rider yang pertama kali masuk ke Indonesia di tahun 1993-1994 oleh stasiun TV RCTI dan ditayangkan ulang oleh Indosiar pada tahun 2004. Kamen rider black adalah kamen rider paling populer di antara series kamen rider lainnya. Siapa sih anak Indonesia generasi 90an yang nggak kenal sama Kotaro Minami? Saking populernya kamen rider black, rumah produksinya melanjutkan series kamen rider black menjadi Kamen Rider Black RX.

Kamen rider black memiliki kendaraan sepeda motor yang bernama Road Sector dan Battle Hopper. Road sector ini kalau di Indonesia dialih bahasakan menjadi Belalang Tempur, kalau yang Battle Hopper saya lupa namanya. Jurus pamungkasnya adalah Rider Kick yang dialihbahasakan menjadi Tendangan Maut dan Rider Punch atau Pukulan Maut. Musuh dari Kamen Rider Black adalah Gorgom yang mencoba untuk menguasai bumi.

Kamen Rider Black

Kamen Rider Black

2. Kamen Rider Black RX
Kamen Rider Black RX adalah kamen rider terpopuler yang pernah di-release. Di Indonesia, Kamen Rider Black RX lebih dikenal dengan nama Ksatria Baja Hitam RX. Masuk ke Indonesia tahun 1994-1995, melanjutkan series dari Ksatria Baja Hitam yang ditayangkan pula oleh RCTI. Kamen Rider Black RX memiliki jurus andalan yang masih sama dengan Kamen Rider Black yaitu Rider Kick atau Tendangan Maut dan Rider Punch atau Pukulan Maut. Selain itu KBH RX juga memiliki senjata Light Saber yang dialihbahasakan menjadi Pedang Matahari.

Kamen Rider Black RX adalah series pertama dari Kamen Rider yang memunculkan senjata berupa pedang. Pada series selanjutnya, semua kamen rider memiliki senjata entah itu pedang, tombak, atau pistol. Selain itu KBH RX juga series pertama yang mengenalkan power up (perubahan bentuk) menjadi Robo Rider (dialihbahasakan menjadi KBH RX Robo atau RX Robo) dan Bio Rider (dialihbahasakan menjadi KBH RX Bio atau RX Bio). Di series selanjutnya, konsep power up ini juga dipakai hingga sekarang.

Musuh utama KBH RX adalah kerajaan Krisis dengan musuh utama adalah Laksamana Jark. Dibantu oleh Maribaron sebagai komandan strategi, Bosgun (dibaca bosgan) sebagai komandan angkatan laut, Gatezone sebagai komandan persenjataan, dan robot terbang Chackram.

Versi Amerikanya juga pernah tayang di Indosiar lho, tepatnya di tahun 1997. Kamen Rider Black RX yang versi Amerika ini diproduksi oleh Saban dan dialihbahasakan menjadi Masked Rider, satu group sama Mighty Morphin Power Rangers dan series Power Rangers yang lain. Bahkan di Mighty Morphin Power Rangers, karakter Masked Rider muncul dalam salah satu episode ketika para rangers kehilangan kekuatan dan harus mencari sumber kekuatan baru di planet lain.

Kamen Rider Black RX

Kamen Rider Black RX

3. Kamen Rider Super-1
Di Indonesia ditayangkan setelah Ksatria Baja Hitam RX dan dialihbahasakan menjadi Ksatria Baja Hitam Super One. Ditayangkan oleh RCTI pada tahun 1995. Di Japan sendiri, Kamen Rider Super-1 adalah series sebelum Kamen Rider Black dan Kamen Rider Black RX.

Kamen Rider Super-1

Kamen Rider Super-1

4. Kamen Rider Kuuga
Di Indonesia ditayangkan pada tahun 2002-2004 karena sempat putus penayangannya oleh RCTI. Di Indonesia, kamen rider kuuga dialihbahasakan menjadi Ksatria Baja Hitam Kuuga. Keunikan kamen rider kuuga adalah, setiap warna memiliki senjata yang berbeda-beda. Senjata diperoleh dengan memegang benda-benda tertentu. Misalnya pada mode biru ketika memegang tongkat panjang akan berubah menjadi toya, ketika pada mode hijau, sebuah pistol yang dipegang akan menjadi busur, pada mode ungu, stang motor bisa berubah menjadi pedang.

Kamen Rider Kuuga

Kamen Rider Kuuga

5. Kamen Rider Agito
Ditayangkan oleh Indosiar pada tahun 2005. Mode henshin mirip dengan kamen rider terdahulu yaitu menggunakan belt konvensional.

Kamen Rider Agito

Kamen Rider Agito

6. Kamen Rider Ryuki
Ditayangkan di Indonesia oleh RCTI pada tahun 2006 dan ditayangkan kembali oleh Indosiar pada tahun 2007-2008. Kamen rider ini mengawali kamen rider era kartu. Mode henshin dilakukan dengan memasukkan kartu ke dalam belt. Uniknya kamen rider ini adalah bisa masuk ke dunia cermin.

Kamen Rider Ryuki

Kamen Rider Ryuki

7. Kamen Rider Faiz (Kamen Rider 555)
Di Indonesia, kamen rider faiz ditayangkan oleh Indosiar pada tahun 2006. Kamen rider faiz disebut juga kamen rider 555 karena mode berubahnya menggunakan handphone dengan menekan 555 kemudian dimasukkan ke dalam belt untuk berubah. Armor kamen rider faiz tergolong unik karena bisa bersinar dalam gelap (glow in the dark).

Kamen Rider Faiz

Kamen Rider Faiz

8. Kamen Rider Blade
Ditayangkan oleh ANTV pada tahun 2007-2008. Kamen rider ini adalah kamen rider tipe kartu seperti kamen rider ryuki.

Kamen Rider Blade

Kamen Rider Blade

9. Kamen Rider Den-O
Ditayangkan oleh TransTV pada tahun 2010. Merupakan kamen rider tipe kartu seperti kamen rider blade dan kamen rider ryuki. Bercerita tentang kereta Den Liner yang bisa menembus waktu. Unsur komedi mulai dimasukkan ke dalam cerita.

Kamen Rider Den-O

Kamen Rider Den-O

10. Kamen Rider OOO
Adalah kamen rider bertipe medali. Ditayangkan di Indosiar pada tahun 2014 setiap hari Minggu. Kamen Rider OOO merupakan kamen rider dengan mode power up paling banyak di antara kamen rider series lainnya, tercatat 219 kombinasi mode perubahan yang bisa dilakukan oleh kamen rider OOO.

Kamen Rider OOO

Kamen Rider OOO

Selain Kamen Rider Series, beberapa stasiun TV juga pernah menayangkan Kamen Rider versi Movie. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Kamen Rider Decade (All Rider vs Dai Shocker)
Series-nya belum pernah ditayangkan di Indonesia, tapi filmnya sudah dipernah ditayangkan di Indosiar pada tahun 2014. Kamen Rider Decade menceritakan kamen rider yang berpetualang di dunia parallel untuk menghancurkan para kamen rider. Dalam episodenya, muncul kamen rider Kuuga, Black dan Black RX, Kiva, Blade, Kamen Rider X, serta kamen rider amazon. Kamen rider decade juga merupakan kamen rider tipe kartu seperti kamen rider blade, ryuki, dan juga Den-O.

Kamen Rider Decade

Kamen Rider Decade

2. Kamen Rider W (Kamen Rider Double)
Pernah ditayangkan oleh Indosiar pada tahun 2013. Ada 2 movie yang pernah ditayangkan di Indosiar, keduanya ditayangkan pada tahun 2013 yaitu Kamen Rider Decade x Kamen Rider Double : Movie War dan Kamen Rider Double x Kamen Rider OOO.

Kamen Rider Double adalah satu-satunya kamen rider yang untuk berubah dibutuhkan 2 orang. Ketika berubah, tubuh satu orang akan diisi oleh 2 jiwa. Seseorang yang jiwanya masuk ke tubuh kamen rider akan pingsan. Kamen Rider Double berubah menggunakan sejenis flashdisk yang disebut Gaia Memory. Monster yang muncul juga menggunakan Gaia Memory namun tidak memiliki driver (belt) yang digunakan untuk Henshin.

Kamen Rider W

Kamen Rider W

3. Kamen Rider ZO
Nah, yang ini hanya muncul versi movie-nya. Sedangkan versi series-nya tidak dibuat. Ditayangkan oleh RCTI pada tahun 2002.

Kamen Rider ZO

Kamen Rider ZO

Nah, itu tadi adalah beberapa Kamen Rider Series dan Kamen Rider Movies yang pernah tayang di Indonesia. Sebagai bonus, saya tampilkan lagi 2 series Kamen Rider versi Indonesia yang merupakan franchise dari Kamen Rider Series asli Japan.

1. Bima Satria Garuda
Tayang di RCTI pada tahun 2014 setiap hari Minggu jam 8.30 setelah Doraemon. Berkisah tentang seorang anak profesor yang orang tuanya menghilang setelah menemukan sebuah alat yang dapat menghubungkan bumi dengan dunia paralel. Dalam series ini, muncul 2 kamen rider yaitu Bima Satria Garuda dan Azazel Satria Kegelapan. Azazel sebenarnya adalah adik kandung dari Bima Satria Garuda yang menghilang bersama orang tuanya dan ternyata sudah dicuci otak oleh Raja Voodo, musuh dari Bima Satria Garuda.

Bima Satria Garuda

Bima Satria Garuda

2. Satria Garuda Bima X
Merupakan versi lanjutan dari Bima Satria Garuda. Ditayangkan oleh RCTI pada tahun 2015 setiap hari Minggu jam 8.30 setelah Doraemon. Dalam series ini, muncul 3 kamen rider yaitu Bima X, Azazel, dan Torga Satria Harimau. Bima X memiliki kemampuan untuk power up dengan menggunakan sebuah batu berwarna yang disebut dengan power stone. Ada 7 power stone yang dikisahkan.
a. Merah -> sumber kekuatan api yang dimiliki oleh Ray (Bima X)
b. Hitam -> sumber kekuatan kegelapan yang mampu menyerap kekuatan lain, dimiliki oleh Reza (Azazel)
c. Biru -> sumber kekuatan angin, dimiliki oleh Bima X
d. Hijau -> sumber kekuatan tanah/bumi, dimiliki oleh Bima X
e. Oranye -> sumber kekuatan halilintar, dimiliki oleh Torga
f. Ungu -> sumber kekuatan magnet, dimiliki oleh Bima X
g. Putih -> sumber kekuatan es, dimiliki oleh Bima X

Satria Garuda Bima X

Satria Garuda Bima X

Nah, itu dulu ya ulasan untuk kali ini. Berikutnya akan kita bahas series tokusatsu dari genre Ultra Series alias series-nya Ultraman. Kalau mau download series-nya, silakan komen di bawah. Kebetulan saya punya koleksi series yang udah subtitle indonesia. Nanti saya share link download batch 1-END Kamen Rider Indo Sub. Ini list series lengkapnya.


A. Kamen Rider Era Showa
1. Kamen Rider One (1971-1973) –> Not Available
2. Kamen Rider V3 (1973-1974) –> Not Available
3. Kamen Rider X (1974) –> Not Available
4. Kamen Rider Amazon (1974-1975) –> Not Available
5. Kamen Rider Stronger (1975) –> Not Available
6. Kamen Rider Skyrider (1979-1980) –> Not Available
7. Kamen Rider Super-1 (1980-1981) –> Not Available
8. Kamen Rider ZX (1984) –> Not Available
9. Kamen Rider Black (1987-1988) –> Not Available
10. Kamen Rider Black RX (1988-1989) –> Subtitle Indonesia Complete 1-47 End

B. Kamen Rider Era Heisei
11. Kamen Rider Kuuga (2000) –> Subtitle Indonesia Complete 1-50 End + 2 Special Eps
12. Kamen Rider Agito (2001) –> Subtitle Indonesia Complete 1-51 End
13. Kamen Rider Ryuki (2002) –> Subtitle Indonesia Complete 1-50 End
14. Kamen Rider Faiz (2003) –> Subtitle Indonesia Complete 1-50 End
15. Kamen Rider Blade (2004) –> Subtitle Indonesia Complete 1-49 End
16. Kamen Rider Hibiki (2005) –> Not Available
17. Kamen Rider Kabuto (2006) –> Subtitle Indonesia Complete 1-49 End + 1 Special Eps
18. Kamen Rider DenO (2007) –> Subtitle Indonesia Complete 1-40 End
19. Kamen Rider Kiva (2008) –> Subtitle Indonesia Complete 1-48 End
20. Kamen Rider Decade (2009) –> Subtitle Indonesia Complete 1-31 End
21. Kamen Rider W (2009-2010) –> Subtitle Indonesia Complete 1-48 End
22. Kamen Rider OOO (2010-2011) –> Subtitle Indonesia Complete 1-48 End
23. Kamen Rider Fourze (2011-2012) –> Subtitle Indonesia Complete 1-48 End
24. Kamen Rider Wizard (2012-2013) –> Subtitle Indonesia Complete 1-53 End
25. Kamen Rider Gaim (2013-2014) –> Subtitle Indonesia Complete 1-47 End
26. Kamen Rider Drive (2014-2015) –> Subtitle Indonesia Complete 1-48 End
27. Kamen Rider Ghost (2015-on going) –> Not Available

This entry was posted in Generasi 90, Japan, Sinopsis. Bookmark the permalink.

One Response to 10 Kamen Rider yang Pernah Tayang di Indonesia

  1. ode says:

    movie faiz paradise lost sama blade missing ace juga pernah tayang,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s