Interlaced, Deinterlaced, dan Progressive


Pernah nggak kalian menemukan video yang judulnya ada embel-embel p dan i? Misalkan Marvel_The_Avengers_720p atau MV_AKB48_HeavyRotation_1080i atau OnePiece_720i. Huruf p di belakang judul lagu tersebut kepanjangan dari progressive sedangkan i kepanjangan dari interlaced. Lalu apa bedanya?

Oke kita bahas satu per satu ya. Sebuah video dikatakan menggunakan metode progressive jika gambar untuk setiap frame utuh baik untuk garis ganjil maupun garis genap. Bingung? Kita masuk dulu ke video interlaced ya. Sebuah video menggunakan metode interlaced jika dalam satu frame hanya terdiri dari garis ganjil atau garis genap saja. Nah, untuk memudahkan memahami, mari kita perhatikan gambar di bawah ini.

InterlacedVsProgressive

Nah, kalau dalam video akan terlihat perbedaan seperti di bawah ini.

interlaced vs progressive scan_2

Metode interlaced video digunakan dalam dunia broadcasting baik analog maupun digital. Sedangkan metode progressive biasanya digunakan dalam dunia digital misalkan untuk streaming video. Itulah sebabnya kenapa jika kita menonton tv di monitor komputer atau tv digital yang baru terlihat gambarnya seperti bergaris-garis. Kerusakan bukan pada TV anda, tapi memang gambarnya seperti itu.

Kenapa digunakan metode interlaced? Jawabannya karena metode ini lebih hemat bandwidth untuk transmisi video melalui sistem broadcasting tv yang sudah lama ada. Kenapa saya tadi memberikan contoh video interlaced berupa video clip/serial anime sedangkan progressive saya ambil contoh untuk video film? Ya karena sebagian besar video film yang beredar sudah dalam bentuk format digital blue-ray RIP yang menggunakan progressive scan sedangkan video music/serial anime biasanya diambil dari rekaman tv broadcasting (biasanya sih dari Japan, kalau dari luar japan saya tidak tahu) yang masih menggunakan metode interlaced video. Kalau kalian suka download anime/lagu Japan yang biasanya ada watermark S atau MON. Itu adalah channel music di Japan berturut-turut Space Shower TV dan Music-ON!

1831803_300x300

m-on!

Nah, pertanyaan berikutnya adalah kenapa di TV CRT (bahasa kerennya TV Tabung) gambarnya tidak ada garis-garisnya? Ya karena televisi yang ada module tv tuner-nya baik analog maupun digital biasanya sudah ada modul untuk de-interlaced video sedangkan monitor yang diperuntukkan untuk PC memang tidak built in module de-interlaced karena memang source data dari PC sudah dalam bentuk progressive.

Lalu apa itu de-interlaced? Sederhananya, de-interlaced itu menggabungkan dua frame yang berisi garis genap saja dan ganjil saja. Untuk memudahkan memahami, berikut ini ada animasi dari beberapa metode de-interlaced yang umum dijumpai.

Interlaced_Animation

Jika kalian mengunduh video dengan interlaced scan, pastikan video player yang kamu pakai sudah diaktifkan mode de-interlace-nya. Biasanya ada di menu tool >> preferences, tool >> option, edit >> preferences, atau edit >> options. Tergantung dari video player yang anda gunakan. Lalu bagaimana kita tahu kalau video yang kita unduh itu interlaced atau progressive?

Kalau kalian install media player classic, biasanya ketika sebuah file video kita klik kanan, akan muncul option media info. Nah, dari media info kita bisa tahu apakah scan type berupa progressive atau interlaced. Ini contoh media info yang saya dapet dari sumber internet.

MediaInfo-Lite_1

Oke sekian dulu sharing-nya. Semoga pengetahuan ini bermanfaat.

This entry was posted in Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s