10 Ciri Anime Shounen Bergenre Battle


Buat para penggemar anime ataupun yang sekedar nonton anime, pasti nggak asing dengan judul-judul anime seperti Dragon Ball, Naruto, dan One Piece. Sebagian besar anime yang populer di dunia adalah anime bergenre battle atau pertarungan. Selain judul beken tadi, masih ada beberapa judul dari anime bergenre sama yang tak kalah populer, sebut saja Hunter X Hunter, Fairy Tail, dan Bleach. Dari masing-masing judul tersebut memiliki ciri khas yang mirip satu sama lain. Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Karakter Utama yang Konyol dan Bodoh
Ciri khas anime shounen yang pertama adalah karakter utama yang konyol. Hampir semua bahkan, sebut saja Luffy dari One Piece yang paling konyol, ada juga Son Goku alias Kakaroto dari Dragon Ball, Naruto, Gon dari Hunter x Hunter, dan Natsu dari Fairy Tail yang tak kalah bodoh dengan Luffy.

OnePiece-allchara

Namun di balik tingkah bodoh dan konyolnya, mereka adalah orang-orang yang rela mati demi temannya. Dia akan selalu melindungi kawannya hingga titik darah terakhir.

2. Karakter Pendamping yang Serius
Untuk mengimbangi karakter utama yang bodoh, biasanya dimunculkan karakter pendamping yang bisa berpikir lebih jernih. Ada Vegeta (Bejita) dari Dragon Ball, Killua dari Hunter x Hunter, ada pula Sasuke dari Naruto. Biasanya karakter pendamping ini memiliki kekuatan yang setara dengan tokoh utama.

3. Karakter Utama Doyan Makan
Sepertinya ini adalah ciri wajib bagi karakter utama. Hampir semua karakter utama pasti doyan banget makan, mungkin ini sebagai pesan tersembunyi juga buat anak-anak bahwa untuk menjadi kuat, kalian harus makan yang banyak.

son goku

4. Kekuatan Fisik yang Luar Biasa
Untuk menjadi populer, kekuatan fisik yang luar biasa sudah menjadi menu wajib jika manga genre shounen ini populer. Kekuatan yang ditimbulkan dari pertarungan harus bisa membuat minimal satu kota hancur.

natsu

5. Kekuatan Khusus
Selain kekuatan fisik yang luar biasa, karakter-karakter dalam anime harus memiliki kekuatan super khusus. Tiap judul anime mempunyai istilah sendiri untuk kekuatan khusus ini. Dalam serial Dragon Ball disebut Khi, Naruto punya Chakra, ada Nen di Hunter x Hunter, Sihir/Mahou di Fairy Tail, dan ada pula Akuma no Mi dan Haki di One Piece. Jika bukan kekuatan khusus, bisa juga diganti senjata khusus yang memiliki kekuatan luar biasa seperti dalam anime Akame ga Kill.

Selain kekuatan khusus itu, biasanya lebih lanjut lagi, karakter utama bisa berubah ke dalam wujud berbeda untuk meningkatkan kekuatan. Dalam Dragon Ball ada perubahan wujud menjadi Super Saiyan Jin 1, Super Saiyan Jin 2, sampai Super Saiyan Jin 3. Dalam versi Dragon Ball GT ada juga perubahan Super Saiyan Jin 4 sedangkan dalam Dragon Ball Super ada Super Saiyan Jin God.

Berbeda dengan Dragon Ball, Naruto memiliki beberapa mode perubahan dari hasil latihannya. Mode pertama adalah Sage Mode, kedua adalah Kyuubi Chakra Mode, dan ketiga ada Rikudou Sennin Mode. Luffy dari serial One Piece juga menggunakan perubahan untuk menjadi kuat dengan sebutan Gear Second, Gear Third, dan Gear Fourth.

goku

6. Ceramah Dulu Sebelum Bertarung
Hampir semua, 99% mungkin, anime shounen genre pertarungan pasti sebelum pertarungan ada percakapan dulu antara protagonis dengan antagonis. Dalam Dragon Ball, Frieza mengatakan akan menghancurkan planet Namek dalam waktu 5 menit namun kenyataannya dia membutuhkan lebih dari 3 episode untuk menghancurkan planet Namek.

Naruto mempunya jurus andalan yang lebih kuat daripada Rasengan bahkan Bijuu Dama sekalipun. Jurus itu adalah Bacot no Jutsu, alias ceramah yang membujuk karakter protagonis untuk kembali ke jalan yang benar. Akame ga Kill mungkin bisa dibilang salah satu yang keluar dari pakem ini, banyak adegan pertarungan yang tanpa basa-basi langsung membunuh lawan.

7. Semua Jurus Punya Nama
Setiap jurus atau teknik pasti punya nama jurus. Tidak semuanya berbahasa Japan, ada juga yang memakai bahasa Inggris ya walaupun logatnya masih tetap menggunakan Japanese English. Berikut contoh jurus yang paling populer :

a. Kamehameha : Dragon Ball
b. Kage Bunshin no Jutsu : Naruto
c. Rasengan : Naruto
d. Gomu Gomu no Pistol : One Piece
e. Gomu Gomu no Bazooka : One Piece
f. Karyuu no Tekken : Fairy Tail
g. Guren Bakuenjin : Fairy Tail

8. Tujuan Utama Tokoh Utama
Tujuan utama tokoh utama biasanya adalah ending dari anime tersebut. Biasanya tujuannya sudah ditentukan dari awal, pengarang hanya mengatur alur di tengahnya apakah akan diperpanjang atau segera ditamatkan. Naruto mempunyai tujuan akhir untuk menjadi Hokage seperti yang selalu dia katakan “Ore wa zettai Hokage ni naru!”. Luffy ingin menjadi raja bajak laut seperti yang selalu dia katakan “Kaizoku ou ni, ore wa naru!”. Gon ingin menjadi hunter nomor 1 seperti ayahnya. Natsu ingin mencari Dragneel.

Agak berbeda untuk kasus Dragon Ball. Sebenarnya tujuan utama dari anime ini adalah menyatukan 7 bola naga. Seharusnya ketika 7 bola naga sudah terkumpul, anime ini sudah berakhir. Namun Akira Toriyama memperpanjang kisahnya dan menciptakan karakter super saiya dari inspirasi orang bule yang memiliki rambut pirang.

9. Kekuatan yang Semakin Meningkat
Seiring dengan perjalanan untuk mencapai tujuan utama, karakter utama harus bertarung dengan musuh yang semakin kuat. Dengan hasil latihan, karakter utama semakin berkembang dan mampu mengimbangi musuh-musuh yang semakin kuat yang dijumpai dalam perjalanan mencapai tujuan utamanya.

Selain peningkatan kekuatan melalui latihan, karakter utama terkadang memang sudah memiliki kekuatan yang sudah tersimpan dalam dirinya dan akan muncul jika dalam kondisi terdesak seperti yang dialami Gon dalam Hunter x Hunter dan Son Goku yang berubah menjadi Super Saiya karena kemarahannya.

10. Dunia yang Unik
Masing-masing anime biasanya memiliki dunianya sendiri yang unik. Naruto memiliki dunia Ninja, One Piece memiliki dunia Bajak Laut, Hunter x Hunter dengan dunia hunternya, Fairy Tail dengan dunia sihirnya, Bleach dengan dunia Shinigaminya, dan Fullmetal Alchemist dengan dunia alkimianya.

Jika dilihat dari originalitas, sebagian besar anime yang populer sekarang terinspirasi oleh anime-anime yang lain. Entah mana yang menginspirasi terlebih dahulu, yang jelas masing-masing anime memiliki fanbase sendiri dan memiliki keunikannya sendiri.

This entry was posted in anime, Japan. Bookmark the permalink.

3 Responses to 10 Ciri Anime Shounen Bergenre Battle

  1. mrizhbie says:

    Karakter serius penyeimbang luffy siapa mas? Kok kyk e lawak smw kl di one piece wkwkwk

    • hotaru says:

      ada Portgas D Ace sebagai penyeimbang Luffy.
      Dia dimatikan oleh pengarang karena sebenarnya akan ditamatkan setelah arc sabaody, akhir dari grand line.
      namun sayangnya banyak fans yang tidak rela one piece tamat, akhirnya serial ini diperpanjang dengan menambahkan shin sekai sebagai “season” lanjutan dari one piece. perannya kini digantikan oleh Sabo yang baru dimunculkan di arc sabaody.

    • hotaru says:

      ada Portgas D Ace sebagai penyeimbang Luffy.
      Dia dimatikan oleh pengarang karena sebenarnya akan ditamatkan setelah arc sabaody, akhir dari grand line.
      namun sayangnya banyak fans yang tidak rela one piece tamat, akhirnya serial ini diperpanjang dengan menambahkan shin sekai sebagai “season” lanjutan dari one piece. perannya kini digantikan oleh Sabo yang baru dimunculkan di arc sabaody.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s