Hati-hati! 5 Aplikasi ini Pemakan Quota Internet Nomor Wahid.


Seringkali saya melihat di internet, banyak data user yang mengalami experience yang tidak menyenangkan yaitu kuota internet cepat habis. Apakah ini salah operator? Bukan membela operator, tapi lihat dulu behaviour Anda dalam berinternet. Apakah memang handphone Anda secara tidak Anda ketahui diam-diam mencuri kuota internet Anda? Anda bisa cek faktanya di Setting >> Mobile Network >> Data Usage. Di situ Anda akan tahu siapa sebenarnya pencuri kuota nomor wahid di handphone Anda.

Komplain Kuota Cepat Habis XL

Komplain Kuota Cepat Habis XL

xl

Komplain Kuota Cepat Habis Telkomsel

Komplain Kuota Cepat Habis Telkomsel

telkomsel2

5. Twitter
Di twitter sekarang, banyak postingan yang berisi video berdurasi maksimal 30 detik. Secara default, setting di twitter akan melakukan buffering di jaringan WiFi untuk setiap video yang muncul di timeline. Namun jika Anda ceroboh dan mengganti setting tersebut menjadi all network, bersiap-siaplah merogoh kocek lebih untuk konsumsi internet Anda.

Twitter Autoplay

Twitter Autoplay

4. Facebook
Sekarang memang lagi jamannya video, tak hanya twitter, feeds -sebutan untuk timeline di facebook- juga dipenuhi content berupa video. Kasusnya hampir sama dengan twitter, jika tak pandai mengatur setting buffer video, kuota Anda akan dimakan oleh aplikasi faceboook.

facebook autoplay

3. Whatsapp
Update whatsapp terbaru mengijinkan Anda untuk melakukan autobackup secara otomatis di Google Drive. Di update terbarunya ini, sebenarnya whatsapp sudah meminta konfirmasi kepada penggunanya untuk mengizinkan aplikasi melakukan autobackup atau tidak. Sayangnya banyak orang yang terjebak untuk melakukan backup bahkan secara daily. Saya yang sangat jarang melakukan chating saja bisa menghabiskan 50MB lebih sekali backup, apalagi mereka yang hobi chatting lewat whatsapp?

Whatsapp Network Usage

Whatsapp Network Usage

Whatsapp Auto Backup

Whatsapp Auto Backup

Sebenarnya apa yang di-backup whatsapp kok sampai 50MB? Apa mereka tidak tahu indexing data sehingga hanya delta data saja yang dibackup agar lebih hemat payload consumption?

2. Youtube
Agak mengejutkan youtube ada di posisi kedua. Jika twitter, facebook, dan whatsapp mungkin dilakukan tanpa sengaja, konsumsi payload youtube dilakukan dengan sengaja. Untuk streaming youtube, bagi pengguna telkomsel disarankan jangan menggunakan native application dari android atau iphone, biasakan menggunakan browser saja. Dari pengalaman saya, jika streaming menggunakan aplikasi, buffering akan dilakukan sampai durasi video berakhir. Namun jika streaming dilakukan menggunakan browser, buffering hanya akan berjalan sekian menit dari video yang sedang di-play. Trik ini bisa kalian coba sendiri dengan membandingkan play youtube dari native application dan browser.

Youtube Buffering

Youtube Buffering

1. Instagram
Ya, inilah aplikasi yang paling banyak memakan kuota tanpa kita sadari. Content yang sebagian besar dipenuhi oleh video berdurasi 15 detik, tak banyak memang, namun frekuensi akses kita dan terbatasnya cache storage di smartphone-mu, memaksa aplikasi untuk melakukan download video setiap kali sebuah video muncul di timeline kamu. Parahnya, instagram (android) belum ada pilihan untuk men-disable fitur autoplay ini.

Instagram Video

Instagram Video

Semoga tulisan ini bermanfaat. Pesan dari penulis, gunakan wifi gratis di tempat-tempat umum dan gunakan data mobile secara bijak. Pesan ini hanya untuk mereka yang bingung cara mencari duit, bukan untuk mereka yang bingung membuang duit.

This entry was posted in Catatan Kehidupan, Dunia Elektro. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s