10 Anime dengan Jumlah Episode Terbanyak yang Pernah Tayang di Indonesia


Beberapa hari yang lalu sempat ada orang yang membahas Nintama Ramtarou dan Ninja Hattori. Saya jadi kepengen membahas anime-anime dengan jumlah episode terbanyak yang pernah tayang di Indonesia.

10. Hamtaro (296 eps)

Merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama, buah karya Ritsuko Kawai. Anime ini berkisah tentang petualangan hamtaro, seekor hamster kecil yang lucu dan imut. Anime ini pernah ditayangkan di RCTI pada hari Minggu. Anime ini secara keseluruhan berjumlah 296 episode dan ditayangkan pertama kali di Japan pada 7 Juni 2000 dan berakhir pada 31 Maret 2006.

10.hamtaro

9. Bleach (366 eps)

Adalah anime dari adaptasi manga karangan Kubo Taito. Bleach berkisah tentang seorang pelajar bernama Kurosaki Ichigo yang tiba-tiba bertemu dengan Shinigami yang terluka dan terpaksa menggantikannya. Anime ini pernah tayang di Indosiar pada hari Minggu. Anime ini berjumlah 366 episode dan ditayangkan pertama kali pada 4 Oktober 2004 dan berakhir pada 27 Maret 2012. Walaupun anime-nya sudah tamat, namun manga-nya masih berlanjut hingga sekarang. Bukan tidak mungkin, anime bleach akan mendapatkan season terbarunya.

09.bleach

8. Naruto Shippuuden dan Naruto (674 eps – on going)

Adalah anime dari adaptasi manga karangan Masashi Kisimoto yang bercerita tentang seorang pemuda ninja bernama Uzumaki Naruto yang ingin menjadi seorang Hokage. Naruto merupakan salah satu anime yang sangat populer bahkan di luar Japan sekalipun. Anime Naruto pernah ditayangkan oleh TransTV namun tidak sampai tamat. Kemudian oleh GlobalTV ditayangkan kembali sampai tamat dan dilanjutkan season keduanya yaitu Naruto Shippuuden.

08.naruto

Di Japan, anime ini tayang pertama kali pada 2 Oktober 2002. Naruto kecil secara keseluruhan berjumlah 220 episode dan berakhir pada 8 Februari 2007 yang kemudian dilanjutkan ke season berikutnya dengan judul Naruto Shippuuden yang tayang perdana pada 15 Februari 2007. Hingga saat ini, Naruto Shippuuden masih ditayangkan oleh TV Tokyo dengan episode 454 pada saat artikel ini ditulis. Walaupun manga-nya sudah tamat sejak tahun lalu, namun anime-nya sepertinya masih akan berlanjut dan masih panjang mengingat karakter anime ini yang lebih banyak filler-nya daripada canon.

7. Ninja Hattori (696 eps)

Anime yang juga berkisah tentang Ninja ini adalah karangan Fujiko F Fujio. Anime ini tayang perdana pada 28 September 1981 dan berakhir pada 25 Desember 1987. Anime ini pernah ditayangkan di Indosiar pada hari Minggu pagi dan tidak sampai tamat.

07.ninja hattori

6. One Piece (734 eps – On Going)

Salah satu anime terpopuler selain Naruto dan Bleach. Anime ini berkisah tentang dunia bajak laut. Adalah Luffy seorang bajak laut yang mencoba mengarungi lautan untuk menjadi raja bajak laut dan menemukan harta karun one piece di Grand Line. Anime karangan Eichiro Oda ini sebenarnya sudah akan ditamatkan, namun melihat animo fans yang luar biasa, One Piece berlanjut hingga mencapat 734 episode pada saat artikel ini ditulis. Anime ini sempat tayang di RCTI pada hari Minggu dan ditayangkan ulang oleh GlobalTV.

06.one piece

Jika berkaca pada manga-nya, anime ini mungkin akan berlanjut hingga 900 episode lebih. Anime ini pertama kali tayang di FujiTV Japan pada 20 September 1999 dan masih berlanjut hingga saat ini.

5. Crayon Shinchan (870 eps – On Going)

Anime karya almarhum Yoshito Usui ini pernah ditayangkan oleh RCTI hingga tahun 2015 kemarin dengan jam tayang setiap hari Minggu pukul 8.30 pagi. Dubber shinchan Indonesia merupakan dubber terbaik yang bahkan dipandang lebih baik daripada dubber asli dari Japannya sendiri. Anime ini pertama kali tayang di Japan pada 13 April 1992 dan masih berlanjut hingga kini.

05.crayon shinchan

Anime ini berkisah tentang seorang anak TK dengan petualangan sehari-harinya. Adalah Nohara Shinosuke, anak TK yang berperilaku layaknya orang dewasa dan cenderung cabul. Anime ini sebenarnya adalah anime untuk genre Shonen (remaja) namun di Indonesia dianggap sebagai kartun anak-anak.

4. Detective Conan (900 eps – On Going)

Anime tentang detective karya Aoyama Gosho ini bercerita tentang seorang detektif SMA bernama Kudo Shinichi yang terperangkap dalam tubuh kecil karena racun yang diberikan oleh sebuah organisasi hitam. Anime ini pertama kali tayang di Japan pada 8 Januari 1996 dan masih berlangsung hingga sekarang. Detective Conan pernah ditayangkan di Indosiar pada hari Minggu pagi.

04.detective conan

3. Chibi Maruko Chan (1010 eps – On Going)

Adalah anime anak karangan dari Momoko Sakura. Anime ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari seorang gadis SD bernama Maruko. Anime ini pernah tayang di RCTI pada hari Minggu pagi. Di Japan, anime ini pertama kali tayang pada 8 Januari 1995 dan masih berlanjut hingga sekarang.

03.chibi maruko chan

2. Nintama Ramtarou (1883 eps – On Going)

Adalah anime komedi yang berkisah tentang 3 orang anak yang merupakan siswa sekolah ninja. Karakter utamanya adalah Ramtarou yang paling pintar di antara 3 orang tersebut, Kirimaru yang mata duitan, dan Shinbe yang doyan makan. Anime ini pernah tayang di Indosiar pada hari Minggu pagi. Di Japan, anime ini pertama kali ditayangkan pada 10 April 1993 dan masih berlanjut hingga sekarang.

02.nintama ramtarou

1. Doraemon (2540 eps – On Going)

Siapa yang tak kenal Doraemon? Robot kucing dari abad 21 yang dikirimkan oleh seseorang dari abad 21 untuk menolong kakek moyangnya bernama Nobita. Doraemon dibekali oleh sebuah kantong ajaib yang bisa mengeluarkan alat-alat canggih dari abad ke-21 untuk membantu kehidupan Nobita. Anime Doraemon diadaptasi dari manga terkenal karangan almarhum Fujiko F Fujio.

01.doraemon

Anime ini ditayangkan oleh RCTI dari tahun 1990an hingga sekarang. Di Japan sendiri, anime ini tayang perdana pada 2 April 1979 (Doraemon 1979) dan berakhir pada episode ke-1787 pada 18 Maret 2005. Di minggu berikutnya, anime ini ditayangkan dengan konsep yang baru (Doraemon 2005) pada 15 April 2005 dan berlanjut hingga saat ini mencapai 753 episode.

Itulah 10 anime dengan jumlah episode terbanyak yang pernah tayang di Indonesia. Saya yakin, kalian yang besar di tahun 1990an setidaknya pasti pernah nonton salah satunya.

This entry was posted in anime, Japan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s