Hilangnya Rokok sebagai Sponsorship MotoGP


Tak diragukan lagi, rokok adalah salah satu sumber dana terbesar dalam dunia olahraga, tak terkecuali untuk MotoGP. Ada banyak nama yang pernah menghiasi livery kuda besi paling populer di dunia ini. Namun jika Anda jeli, Anda tak akan menemukan brand rokok yang menghiasi livery MotoGP dan Wearpack pebalap sejak tahun 2011. Brand rokok terakhir kali muncul di livery MotoGP dan Wearpack pebalap adalah di tahun 2010. Adalah Ducati Marlboro Team dengan pebalapnya Casey Stoner dan Nicky Hayden. Namun demikian, Suzuki di tahun 2011 walaupun bukan didukung oleh brand rokok, Suzuki disponsori oleh Rizla, sebuah perusahaan yang memproduksi kertas pembungkus untuk rokok.

Berikut adalah brand rokok yang pernah berjaya di dunia motogp.

Marlboro
Marlboro pernah berjaya bersama YAMAHA di tahun 1990 s.d. 1992 dengan pebalapnya Wayne Rayney dan terakhir berjaya bersama Ducati di tahun 2007 dengan pebalapnya Casey Stoner.

2001_Yamaha_YZR500_(OWL6)

2007_Ducati_Marlboro

Gauloises
Gauloises pernah berjaya 2 tahun berturut-turut bersama dengan YAMAHA dengan pebalapnya Valentino Rossi di tahun 2004 dan 2005.

2004_gauloises_yamaha

Lucky Strike
Lucky Strike pernah berjaya bersama Suzuki di tahun 1993 dengan pebalapnya Kevin Schwantz, salah satu legenda balap MotoGP.

1993_Suzuki_Lucky Strike 2

Rothmans
Rothmans pernah berjaya bersama HONDA dengan pebalapnya Eddie Lawson di tahun 1989.

1989_Honda Rothmans

Selain brand-brand besar di atas, masih ada brand-brand terkenal yang tak sempat mencicipi juara dunia di kelas para raja. Sebut saja Camel yang pernah bersanding dengan YAMAHA dan HONDA di penghujung 2010an. Ada juga nama besar Fortuna yang pernah bersanding dengan pabrikan YAMAHA, HONDA, dan APRILIA. Ada nama besar WEST yang bersanding dengan HONDA dalam tim berjuluk WEST HONDA PONS.

Hilangnya rokok sebagai sponsor besar di dunia balap, utamanya MotoGP, membuat beberapa pabrikan hengkang di tengah krisis global di tahun 2008. Di awali dari Kawasaki, Suzuki akhirnya mengikuti jejak Kawasaki dan hengkang dari dunia balap motor paling bergengsi di tahun 2012 sebelum akhirnya kembali ke ajang MotoGP di tahun 2015.

Data dihimpun dari wikipedia dan situs resmi motogp. Mungkin ada kekuranglengkapan data dalam tulisan ini.

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s