Bangga dengan iPhone 6S? Legal Nggak Sih?


Meluncurnya teknologi 4G di Indonesia bukan menjadi keuntungan besar untuk pabrikan besar seperti iPhone. Pasalnya ada aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang mewajibkan vendor pembuat ponsel untuk memiliki kandungan lokal. Berapa persen kandungan lokal yang dipersyaratkan? Itu masih digodok oleh kementrian Kominfo dan Perindag.

Adanya aturan tersebut membuat pabrikan-pabrikan ponsel 4G tak bisa menjual dagangan mereka di Indonesia secara legal. Sebut saja iPhone. Seri terakhir yang legal diperdagangkan di Indonesia adalah seri iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Seri setelah itu belum mendapatkan ijin untuk diperdagangkan di Indonesia.

Tak hanya Apple, produsen China yang akhir-akhir ini populer di Indonesia yaitu Xiaomi juga kena imbasnya. Produsen ponsel Redmi ini terganjal aturan untuk memasarkan dagangannya di Indonesia. Seri terakhir yang legal beredar di Indonesia adalah seri Mi 4i.

Lalu bagaimana status ponsel-ponsel tersebut di Indonesia? Kita perlu melihat ponsel tersebut dijual dan dibeli di mana? Jika dibeli di luar negeri seperti Singapore dan masuk ke Indonesia dengan bea masuk maka ponsel tersebut legal menurut aturan di Indonesia. Jika ponsel-ponsel tersebut diperjualbelikan di Indonesia, maka ponsel tersebut statusnya adalah ILEGAL menurut aturan TKDN dari pemerintah.

Ponsel Ilegal

Redmi 3 Pro ilegal

Sebagai contoh, ponsel-ponsel iPhone 6s dan Redmi 3 Pro yang dijual di e-commerce seperti lazada, jd.id, tokopedia, bukalapak, blibli, dll. statusnya adalah ilegal. Jika Anda ragu, tengoklah distributor besar seperti erafone dan global teleshop. Seri iPhone terakhir yang mereka jual mungkin hanya sampai di iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Jadi nggak usah bangga dengan barang ilegal. Ponsel android Lenovo, Cross, dan Mito LTE mungkin jauh lebih bermartabat dibandingkan dengan iPhone 6S yang kamu beli secara ilegal.

This entry was posted in Ilmiah, Ulasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s