Fakta Unik MotoGP 2016


MotoGP sudah bergulir lebih dari separuh musim. Ada banyak hal baru yang terjadi di balap roda 2 nomor 1 di jagad ini. Apa saja? Mari kita simak berikut ini.

1. Lebih dari 6 pemenang sejak terakhir 2006
Di tahun 2006, dari 17 seri yang digelar dimenangi oleh 6 pebalap yang berbeda yaitu Valentino Rossi 5x, Loris Capirossi 3x, Marco Melandri 3x, Nicky Hayden 2x, Dani Pedrosa 2x, Tony Ellias 1x, Troy Bayliss 1x. Setelah itu balapan hanya didominasi 2 pabrikan Honda dan YAMAHA.

Baru di 2016 setelah satu dekade lamanya, motogp bisa dimenangi 8 pebalap berbeda, yaitu Marc Marquez 3x, Jorge Lorenzo 3x, Valentino Rossi 2x, Andrea Iannone 1x, Cal Crutchlow 1x, Maverick Vinales 1x, Dani Pedrosa 1x dan masih tersisa 5 seri lagi.

2. Dua balapan Spanyol dimenangi oleh pebalap Italia
Belum ada balapan Spanyol yang dimenangi oleh pebalap tuan rumah. Di seri Jerez dan Catalunya Spanyol, balapan dimenangi oleh Valentino Rossi.

3. Dua balapan Italia dimenangi oleh dua pebalap Spanyol berbeda
Belum ada balapan Italia yang dimenangi tuan rumah. Di seri Mugello, Valentino Rossi gagal finish karena masalah mesin dan dimenangi oleh Jorge Lorenzo. Sedangkan di Misano, San Marino Valentino Rossi juga gagal menjuarai balapan dan harus kalah oleh Dani Pedrosa.

4. Seperti De Javu, Dani Pedrosa menjadi juara tapi tenggelam oleh pebalap lain
Walaupun Dani Pedrosa menjadi juara di Misano, namun sorotan media mengarah ke perang argumen antara rekan setim Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo perihal aksi overtake Rossi yang dinilai terlalu agresif oleh Lorenzo.

Tahun sebelumnya, di sirkuit Sepang, walaupun Dani Pedrosa menjadi juara, sorotan media juga mengarah ke dua pebalap yang kala itu sedang bersitegang antara Valentino Rossi dengan Marc Marquez. Drama “tendangan” Rossi kepada Marquez menenggelamkan euphoria kemenangan Dani Pedrosa.

//platform.twitter.com/widgets.js

5. Ducati memecahkan rekor podium juara sejak 2010
Ducati terakhir kali menapakai podium tertinggi di tahun 2010 di Philips Island Australia oleh Casey Stoner. Adalah Andrea Iannone berhasil memecahkan rekor puasa podium juara motogp di sirkuit Austria (there is no Kangaroo in Austria).

6. Suzuki memecahkan rekor podium juara sejak 2007
Suzuki terakhir kali bisa berdiri di podium tertinggi adalah di Le Mans Perancis oleh Chris Vermuelen. Rekor ini dipecahkan oleh Maverick Vinales di sirkuit Silverstone Inggris.

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s