Antara Great Britain, United Kingdom, England, Scotland, Wales, dan Ireland


Eropa adalah benua dengan negara-negara yang unik di dalamnya. Ada negara yang isinya hanya sebuah bangunan dan halaman, ada negara yang mempersatukan diri, ada negara yang memisahkan diri, ada negara di dalam negara, dan masih banyak keunikan lainnya. Tapi dari keunikan-keunikan itu, Inggris adalah yang paling membingungkan. Yuk kita bahas satu-satu.

Pemerintahan
Sebelumnya, mari kita lihat dulu peta berikut untuk memudahkan kita membayangkan.

uk

Jadi dalam dunia internasional, di kepulauan di atas terdapat 2 negara. Yang pertama adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland yang biasa disingkat UK dan Republic of Ireland. UK bisa dikatakan memiliki 4 negara bagian yaitu England (Inggris), Wales, Scotland (Skotlandia), dan Northern Ireland (Irlandia Utara). Masing-masing memiliki parlemen sendiri kecuali England. Uniknya, Undang-undang di Inggris dirancang dan disahkan oleh gabungan 3 parlemen yang disebut Parlemen Britania Raya. Kepala negara UK adalah Ratu dan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri.

Kita ulas sejarahnya ya :
1. 1536, Kerajaan Wales bersatu dengan England.
2. 1707, Kerajaan Scotland bergabung dengan England & Wales menjadi Kingdom of Great Britain (Kerajaan Britania Raya).
3. 1801, Kerajaan Irlandia bergabung dengan Kingdom of Great Britain menjadi United Kingdom of Great Britain and Ireland.
4. 1922, Kerajaan Irlandia pecah menjadi 2. Bagian selatan memisahkan diri dengan UK menjadi Republic of Ireland sedangkan bagian utara tetap bersatu dengan UK dan menjadi United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland.

Olahraga Sepakbola
Jika kita melihat sejarahnya, sepakbola modern lahir di Inggris bahkan sebelum FIFA lahir. Uniknya sepakbola Inggris, kita tidak akan mendapati timnas dari negara UK, yang ada adalah timnas England, Wales, Scotland, dan North Ireland di kompetisi yang diselenggarakan oleh FIFA. Konon FIFA memecah 4 negara bagian ini karena mempertimbangkan kompetisi agar lebih terbuka karena UK dianggap sangat kuat jika bersatu, walaupun pendapat ini ditolak oleh Jerman dan Austria. Satu lagi timnas di luar UK adalah Republik Irlandia.

Olahraga Olimpiade
Berbeda dengan sepakbola FIFA, tim olimpiade UK dipecah menjadi 2 berdasarkan pulau besar. Yang pertama adalah tim GBR (Great Britain) yang terdiri dari England, Scotland, dan Wales. Sedangkan tim kedua adalah North Ireland dan Republic of Ireland yang tergabung menjadi tim Ireland atau Irlandia. Timnas sepakbola untuk olimpiade pun juga merupakan gabungan dari negara-negara tersebut. Namun untuk Irlandia masih menjadi kontroversi untuk perolehan medali, apakah dihitung sebagai Irlandia Utara atau Republik Irlandia.

This entry was posted in Ulasan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s