Mengupas Brand Wearpack di MotoGP 2017


Salah satu piranti keselamatan wajib di MotoGP adalah Wearpack (Baju Balap) dan juga Helm. Total ada 8 brand beken yang hadir untuk mengamankan tubuh pebalap saat di lintasan. Berikut adalah 8 brand beken yang menyediakan Wearpack untuk pebalap MotoGP.

Bering
Bering adalah salah satu perusahaan penyedia perlengkapan balapan yang berbasis di Prancis. Bering ekslusif menyediakan wearpack untuk pebalap Aprilia Racing Team Gresini asal Inggris, Sam Lowes.

Psihubik
Psihubik adalah perusahaan penyedia perlengkapan motor yang berasal dari Czech. Di MotoGP, Psihubik ekslusif menyediakan wearpack untuk pebalap Pull&Bear Aspar Team asal Czech, Karel Abraham.

Furygan
Furygan adalah perusahaan penyedia perlengkapan motor yang berasal dari Prancis. Furygan secara ekslusif menyediakan wearpack untuk pebalap Monster YAMAHA Tech 3 asal Prancis, Johan Zarco.

REV’IT
REV’IT adalah penyedia perlengkapan motor yang berasal dari US. REV’IT mulai terjun di motogp pada tahun 2008. Di tahun 2017 ini, REV’IT menyediakan wearpack untuk 2 pebalap yaitu Alvaro Bautista di bawah naungan Pull&Bear Aspar Team dan Danilo Petrucci dari OCTO Pramac Racing.

IXON
IXON adalah sebuah perusahaan perlengkapan motor yang berbasis di Prancis. Di motogp, IXON menyediakan wearpack untuk 3 pebalap, Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini, Bradley Smith dari RedBull KTM Factory Racing, dan Jonas Folger dari Monster YAMAHA Tech 3.

SPIDI
Spidi merupakan salah satu perusahaan perlengkapan motor yang cukup tua. Perusahaan ini berdiri tahun 1977. Spidi pernah menyediakan wearpack untuk pebalap legendaris, Kenny Roberts. Di tahun 2017, Spidi menyediakan wearpack untuk 3 pebalap, Hector Barbera dari Reale Avintia Racing, Scott Redding dari OCTO Pramac Racing, dan Tito Rabat dari Estrella Galicia 0.0 Marc VDS.

Dainese
Dainese adalah salah satu nama besar perusahaan penyedia wearpack untuk pebalap motogp. Teknologi D-Air merupakan teknologi paling anyar dari Dainese yang menjadi salah satu bukti keseriusan Dainese dalam pengembangan wearpack yang aman bagi pebalap. Dainese juga ekslusif menyediakan wearpack untuk legenda balap motogp, Valentino Rossi sejak dia turun di kelas 125cc hingga saat ini. Selain Rossi, Dainese juga menyediakan wearpack untuk 3 pebalap lain yaitu Andrea Iannone dari Team Suzuki Ecstar, Jack Miller dari Estrella Galicia 0.0 Marc VDS, dan Pol Espargaro dari RedBull KTM Factory Racing.

Alpinestars
Siapa yang tak tahu Alpinestars. Alpinestars merupakan saingan Dainese dalam hal penyedia wearpack motogp. Pebalap top motogp sebagian besar menggunakan Alpinestars saat di lintasan. Antara Dainese dan Alpinestars juga sering terjadi konflik, baru-baru ini Dainese menuding Alpinestars atas penggunaan paten D-Air tanpa ijin dalam produknya Tech-Air, pengaman semacam air bag dalam wearpack.

Dainese juga pernah dipakai oleh Jorge Lorenzo pada awal kiprahnya di motogp. Namun karena konflik terkait brand ambassador, akhirnya Lorenzo meninggalkan Dainese dan beralih ke Alpinestars. Hal ini tak lepas dari Valentino Rossi yang diberikan perhatian lebih oleh Dainese, walaupun Lorenzo pada saat itu menjadi juara dunia motogp.

Saat ini, Alpinestars menyediakan wearpack kepada 8 pebalap motogp. Di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Alex Rins dari Team Suzuki Ecstar
2. Andrea Dovisiozo dari Ducati Team
3. Jorge Lorenzo dari Ducati Team
4. Cal Crutchlow dari LCR Honda
5. Dani Pedrosa dari Repsol Honda
6. Marc Marquez dari Repsol Honda
7. Loris Baz dari Reale Avintia Racing
8. Maverick Vinales dari Movistar YAMAHA MotoGP.

Itulah 8 wearpack yang dipakai oleh pebalap motogp di tahun 2017. Selanjutnya akan saya bahas juga helm yang dipakai oleh pebalap motogp pada kesempatan berikutnya.

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

2 Responses to Mengupas Brand Wearpack di MotoGP 2017

  1. Pingback: Mengupas Brand Helmet di MotoGP 2017 | Catatan Kehidupan

  2. Turbo says:

    Wahh walaupun satu tim ternyata ada yang beda ya vendor wearpacknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s