5 Pebalap WSBK 2017 ini Pernah Menjadi Pebalap Regular MotoGP


WSBK atau World SuperBike adalah salah satu kejuaraan balap motor yang paling bergengsi setelah MotoGP. Berbeda dengan MotoGP yang melombakan motor prototype, WSBK melombakan motor yang dijual di pasaran. Secara kapasitas mesin, motor yang dilombakan antara MotoGP dan WSBK sama-sama 1000cc.

Jika MotoGP disebut sebagai kelasnya para raja, mungkin WSBK bisa dikatakan kelasnya para pangeran. Selain dihuni oleh alumni Moto2 (sebelumnya disebut GP250 saat era 2 tak, 250cc), banyak jebolan WSBK yang juga menjajal peruntungannya di MotoGP. Sebut saja Cal Crutchlow yang merupakan juara dunia WSBK 2010. Ada juga nama Ben Spies yang pernah menggantikan posisi Valentino Rossi di YAMAHA.

Selain pebalap WSBK yang mencoba peruntungan di MotoGP, banyak juga pebalap MotoGP yang gagal bersaing kemudian harus hengkang ke WSBK. Berikut 5 nama pebalap reguler alumni MotoGP yang kini berlaga sebagai pebalap reguler di WSBK.

1. Stefan Bradl

GP125 musim 2005-2009
Pebalap asal Jerman ini tercatat pernah menjadi pebalap GP125 (sekarang Moto3) di musim 2005 hingga 2009). Di musim 2005 dan 2006, Stefan Bradl menjadi pebalap KTM dengan penampilan terbaik di gelaran GP Czech 2006 dengan posisi 12. Di musim 2007 s.d. 2009, Bradl pindah ke kubu Aprilia dan mampu meraih posisi 4 di akhir klasemen balap musim 2008.

– 2005 : Red Bull ADAC KTM Juniors (Posisi 36)
– 2006 : Red Bull KTM Junior Team (Posisi 26)
– 2007 : Blulens Aprilia (Posisi 18)
– 2008 : Grizzly Gas Kiefer Racing Aprilia (Posisi 4 : 4 podium, 2 juara)
– 2009 : Viessmann Kiefer Racing Aprilia (Posisi 10)

Moto2 musim 2010-2011
Di musim 2010 dan 2011, Stefan Bradl naik ke kelas Moto2 sekaligus menjadi salah pebalap angkatan pertama Moto2 (ada perubahan regulasi mesin dari 2 tak 250cc menjadi 4 tak 600cc). Di musim 2010, Bradl menjadi pebalap Suter dengan berhasil meraih posisi 9 di akhir musim. Di musim 2011, Bradl mampu tampil gemilang bersama tim Kalex dengan menjadi juara dunia Moto2.

– 2010 : Viessmann Kiefer Racing Suter (Posisi 9 : 1 juara)
– 2011 : Viessmann Kiefer Racing Kalex (Juara Dunia : 7 podium, 4 juara)

MotoGP musim 2012-2016
Di musim debut perdananya di MotoGP, Bradl membela tim LCR Honda dan menyelesaikan akhir musim 2012 di posisi 8 klasemen. Posisi terbaiknya selama gelaran MotoGP adalah podium 2 di Laguna Seca 2013.

2012 : LCR Honda (Posisi 8)
2013 : LCR Honda (Posisi 7 : 1 podium)
2014 : LCR Honda (Posisi 9)
2015 : Athina Forward YAMAHA (Posisi 18)
2016 : Aprilia Racing Team Gresini (Posisi 16)

2. Eugene Laverty

GP250 musim 2007-2008
Di musim perdana GP250, pebalap asal Irlandia Utara ini membela tim LCR Honda dengan torehan terbaiknya finish di posisi 14. Laverty harus puas di posisi 25 klasemen akhir. Di musim keduanya, Laverty membela tim Blusens Aprilia dengan klasemen akhir di posisi 21 dan capaian terbaik di posisi 13.

2007 : LCR Honda (posisi 14)
2008 : Blusens Aprilia (Posisi 13)

MotoGP musim 2015-2016
Di musim perdananya, Laverty membela Aspar MotoGP Honda Team dengan hasil terbaiknya di posisi 12. Di klasemen akhir, Laverty berada di urutan 22. Di musim keduanya, Laverty pindah ke team Pull & Bear Aspar Team Ducati dengan capaian terbaiknya di posisi 4. Laverty mengakhiri musim di urutan ke-13.

2015 : Aspar MotoGP Team Honda (Posisi 22)
2016 : Pull & Bear Aspar Team Ducati (Posisi 13)

3. Alex de Angelis

GP125 musim 1999-2003
Alex de Angelis berasal dari San Marino, sebuah negara kecil di dalam negara Italia. Alex memulai debutnya di kelas GP125 musim 1999. Capaian terbaiknya adalah musim 2003 bersama Aprilia yang menempatkannya di posisi kedua klasemen akhir di bawah Dani Pedrosa.

1999 : Honda
2000 : Honda (Posisi 18)
2001 : Honda (Posisi 14)
2002 : Aprilia (Posisi 9 : 1 podium)
2003 : Aprilia (Posisi 2 : 6 podium)

GP250 musim 2004-2007
Setelah mampu mengakhiri balapan di posisi kedua, de Angelis naik ke kelas 250 bersama Aprilia. Posisi terbaiknya adalah juara 3 dunia di musim 2006 dan 2007 bersama Aprilia.

2004 : Aprilia (Posisi 5 : 2 podium)
2005 : Aprilia (Posisi 7 : 4 podium)
2006 : Aprilia (Posisi 3 : 10 podium, 1 juara)
2007 : Aprilia (Posisi 3 : 8 podium)

MotoGP musim 2008-2010,2013-2015
Debut perdana MotoGP de Angelis dilakoni bersama dengan Honda Gresini. Capaian terbaiknya adalah finish ke-4 dan menyelesaikan musim dengan posisi 14 klasemen. Di musim 2009, de Angelis masih membela Honda bersama tim San Carlo Honda Gresini dengan 1 podium dan posisi 8 klasemen akhir. Di musim 2010, de Angelis turun kelas ke Moto2 dan kembali ke MotoGP di pertengahan musim bersama Interwetten Honda MotoGP Team (3 seri balap) dan kembali lagi ke Moto2 bersama tim yang berbeda.

2008 : Honda Gresini (Posisi 14)
2009 : San Carlo Honda Gresini (Posisi 8 : 1 podium)
2010 : Interwetten Honda MotoGP Team (Posisi 18) -> 3 seri
2013 : Pramac Racing (Posisi 23) -> 1 seri
2014 : NGM Forward YAMAHA (Posisi 21) -> 8 seri
2015 : Aprilia Racing Team (Posisi 28)

Moto2 musim 2010-2014
Gagal bersaing di MotoGP, de Angelis akhirnya memutuskan untuk kembali membalap di kelas Moto2. Di musim 2010, de Angelis sempat kembali ke MotoGP walau hanya untuk 3 seri. Di Moto2, de Angelis sering berganti tim. Capaian terbaiknya adalah di musim 2011 bersama Motobi yang menghantarkannya ke posisi 4 klasemen.

2010 : Force GP210 -> 7 seri, Motobi (Posisi 11 : 2 podium, 1 juara) -> 8 seri
2011 : Motobi (Posisi 4 : 1 podium, 1 juara)
2012 : Suter -> 6 seri, FTR (Posisi 12 : 1 podium, 1 juara) -> 11 seri
2013 : Speed Up (Posisi 14) -> 17 seri
2014 : Suter (Posisi 20) -> 10 seri

4. Marco Melandri

GP125 musim 1998-1999
Marco Melandri adalah pebalap yang berasal dari Italia. Melandri memulai debutnya pada musim 1997 di kelas GP125 dan memulai musim penuh bersama Honda di tahun 1998 dengan hasil yang cukup memuaskan, yaitu posisi 3 klasemen dengan koleksi 6 podium dan 2 kemenangan.

1998 : Benetton Matteoni Honda (Posisi 3 : 6 podium, 2 juara)
1999 : Benetton Playlife Honda (Posisi 2 : 4 podium, 5 juara)

GP250 musim 2000-2002
Marco Melandri naik ke kelas 250 di tahun 2000 dan membela pabrikan Aprilia. Di debutnya di kelas 250, Melandri mampu menyelesaikan musim di urutan ke-5 dengan menyabet 4 podium. Di musim ketiga-nya, Melandri menjadi juara dunia kelas 250 dengan torehan 2 podium dan 9 kemenangan.

2000 : Blu Aprilia Team (Posisi 5 : 4 podium)
2001 : MS Aprilia Racing (Posisi 3 : 8 podium, 1 juara)
2002 : MS Aprilia Racing (Posisi 1 : 2 podium, 9 juara)

MotoGP musim 2003-2010,2015
Sebenarnya Marco Melandri adalah pebalap yang bagus, tapi sayang tidak pencapaian terbaiknya hanya di posisi ke-2 bersama Movistar Honda MotoGP di musim 2005. Melandri menjalani debut MotoGP bersama YAMAHA hanya mampu menyelesaikan musim di posisi 15.

2003 : Fortuna YAMAHA (Posisi 15)
2004 : Fortune Tech 3 YAMAHA (Posisi 12 : 2 podium)
2005 : Movistar Honda MotoGP (Posisi 2 : 7 podium, 2 juara)
2006 : Fortuna Honda Gresini (Posisi 4 : 7 podium, 3 juara)
2007 : Honda Gresini Racing (Posisi 5 : 3 podium)
2008 : Ducati Marlboro (Posisi 17)
2009 : Kawasaki Hayate Racing Team (Posisi 10 : 1 podium)
2010 : San Carlo Honda Gresini Team (Posisi 10)
2015 : Aprilia Racing Team Gresini -> 8 seri

5. Nicky Hayden
Nicky Hayden adalah salah satu pebalap MotoGP yang bukan alumni dari kelas di bawahnya, entah itu Moto2, Moto3, GP250, ataupun GP125. Nicky Hayden memulai debutnya di MotoGP pada musim 2003 bersama Repsol Honda, satu tim dengan Valentino Rossi. Di musim perdananya, Hayden mampu tampil cemerlang dengan mengakhiri musim di posisi 5 dengan torehan 2 podium.

Puncak kejayaannya, Hayden mampu menjadi juara dunia di musim 2006 setelah mengalahkan mantan rekan setimnya Valentino Rossi. Pasca kemenangannya, Hayden tak lagi mampu tampil kompetitif dan tak pernah menyelesaikan musim di 5 posisi teratas. Posisi terbaiknya adalah posisi ke-6 di musim 2008.

2003 : Repsol Honda (Posisi 5 : 2 podium)
2004 : Repsol Honda Team (Posisi 8 : 2 podium)
2005 : Repsol Honda Team (Posisi 3 : 6 podium, 1 juara)
2006 : Repsol Honda Team (Posisi 1 : 10 podium, 2 juara)
2007 : Repsol Honda Team (Posisi 8 : 3 podium)
2008 : Repsol Honda Team (Posisi 6 : 2 podium)
2009 : Ducati Marlboro Team (Posisi 13 : 1 podium)
2010 : Ducati Marlboro Team (Posisi 7 : 1 podium)
2011 : Ducati Team (Posisi 8 : 1 podium)
2012 : Ducati Team (Posisi 9)
2013 : Ducati Team (Posisi 9)
2014 : Drive M7 Aspar Honda (Posisi 16)
2015 : Aspar MotoGP Team Honda (Posisi 20)
2016 : Estrella Galicia 0.0 Marc VDS -> 1 seri, Repsol Honda Team -> 1 seri

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.