Mengupas Brand Helmet di MotoGP 2017


Sesuai janji saya kemarin di artikel Mengupas Brand Wearpack di MotoGP 2017, hari ini saya akan mengupas brand yang melindungi kepala pebalap dari benturan ketika terjadi kecelakaan.

Dari 23 pebalap yang tampil regular di MotoGP 2017, baik tim pabrikan maupun independen (dulu disebut tim satelit), total ada 9 produsen yang menyediakan helmet untuk para pebalap. Berikut adalah produsen yang menjadi penyedia helmet di kelas MotoGP 2017 :

SUOMY
Lahir di Italia di tahun 1997. Di MotoGP, SUOMY dipakai oleh pebalap asal Italia yang membela Ducati, Andrea Dovisiozo. Selain Dovi, SUOMY juga pernah dipakai oleh pebalap Max Biaggi.

HJC
Berdiri sejak 1971 di Amerika. HJC Helmet menyediakan helmet untuk Pebalap debutan asal Jerman yang membela Monster YAMAHA Tech3, Jonas Folger.

LS2
Berdiri sejak 1990 di Amerika. LS2 Helmet menyediakan helmet untuk tim Reale Avintia Racing Ducati bagi kedua pebalapnya yaitu Loris Baz dan Hector Barbera.

KYT
KYT adalah salah satu brand Indonesia yang menyediakan helmet untuk pebalap MotoGP. Di Italia, KYT didistribusikan oleh SUOMY. KYT menyediakan helmet untuk 2 pebalap yaitu Aleix Espargaro dari Aprilia Racing Team Gresini dan Alvaro Bautista dari Pull & Bear Aspar Team Ducati.

X-Lite
Lagi-lagi pabrikan helmet asal Italia. X-Lite awalnya pernah menyediakan helmet untuk Jorge Lorenzo, namun karena ada pengalaman yang tidak mengenakkan ketika balapan hujan, akhirnya Lorenzo meninggalkan X-Lite. Saat ini, X-Lite menyediakan helmet untuk 2 pebalap, Alex Rins dari Team Suzuki Ecstar dan Danilo Petrucci dari OCTO Pramac Racing Ducati.

SHOEI
SHOEI berasal dari Jepang. Dengan sejarah panjang SHOEI, tak heran SHOEI dipakai oleh beberapa legenda balap MotoGP seperti Wayne Gardner dan Wayne Rainey. Saat ini, SHOEI dipakai oleh 2 pebalap yaitu Bradley Smith dari RedBull KTM Factory Racing dan Marc Marquez dari Repsol Honda Team.

SHARK
SHARK berasal dari Prancis. Merupakan dalam top 3 penyedia helmet terbanyak di MotoGP. Saat ini, SHARK menyediakan helmet untuk 4 pebalap MotoGP di antaranya :
– Johan Zarco, pebalap Jerman dari Monster YAMAHA Tech 3
– Jorge Lorenzo, pebalap Spanyol dari Ducati Team
– Sam Lowes, pebalap Inggris dari Aprilia Racing Team Gresini
– Scott Redding, pebalap Inggris dari OCTO Pramac Racing Ducati

AGV
AGV berasal dari Italia. AGV banyak dipakai pebalap tak hanya di MotoGP, tapi juga kelas Moto2 dan Moto3. Di MotoGP, AGV menyediakan helmet untuk 4 pebalap yaitu :
– Andrea Iannone, pebalap Italia dari Team Suzuki Ecstar
– Jack Miller, pebalap Australia dari Estrella Galicia 0.0 Marc VDS Honda
– Pol Espargaro, pebalap Spanyol dari RedBull KTM Factory Racing
– Valentino Rossi, pebalap Italia dari Movistar YAMAHA MotoGP
Valentino Rossi bisa dikatakan pebalap yang paling setia dengan AGV. Dari awal debut hingga sekarang, Rossi tak pernah berpaling dari Helm AGV yang selalu melindungi kepalanya dari potensi kecelakaan.

Arai
Dan yang terakhir tentu saja adalah, pabrikan helmet asal Jepang, Arai. Tak diragukan lagi, Arai adalah brand paling populer untuk Helmet (setidaknya bagi saya pribadi). Tak hanya di MotoGP, di balapan lain seperti Moto2, Moto3, World SuperBike, dan Motocross, Arai adalah helm yang paling banyak digunakan oleh pebalap.

Di MotoGP, Arai menyediakan helmet untuk 5 pebalap, yaitu :
– Cal Crutchlow, pebalap Inggris dari LCR Honda
– Dani Pedrosa, pebalap Spanyol dari Repsol Honda Team
– Karel Abraham, pebalap Czech dari Pull & Bear Aspar Team Ducati
– Maverick Vinales, pebalap Spanyol dari Movistar YAMAHA MotoGP
– Tito Rabat, pebalap Spanyol dari Estrella Galicia 0.0 Marc VDS Honda

This entry was posted in Otomotif. Bookmark the permalink.

1 Response to Mengupas Brand Helmet di MotoGP 2017

  1. Maspandhu says:

    HJC setahu saya dari Korsel, dan LS2 dari taiwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.