E-Money


E-Money atau uang elektronik menurut hemat saya, adalah alat tukar elektronik pengganti uang kertas/logam konvensional. Berdasarkan jenis teknologinya, ada 2 jenis uang elektronik yang beredar di Indonesia.

Client Side
Pada jenis e-money ini, nilai uang berada di sisi client. Sebagai contoh adalah E-toll card mandiri, Flazz BCA, dll. Pada dasarnya, uang yang dimiliki pelanggan berada di kartu. Jika kartu hilang, maka uang pelanggan juga akan hilang. Tapi apakah benar-benar nilai uang itu akan hilang? Saya tidak tahu pasti, tapi dari sisi pelanggan memang uangnya hilang dan pelanggan tidak bisa meminta refund kepada pihak penyedia e-money sebagaimana contoh syarat dan ketentuan penggunaan e-money pada bank mandiri. Tapi secara teknis, penyedia jasa e-money memungkinkan untuk menarik dana secara online melalui sistem mereka, tapi itupun jika ada laporan dari pemilik e-money. Karena tidak mungkin bank melakukan penarikan dana dari sleeping customer dengan asumsi fisik emoney hilang, bisa jadi karena memang pelanggan tidak pernah menggunakan emoney-nya.

Jenis ini cukup berisiko apabila kehilangan fisik emoney. Tapi entah kenapa, sebagian besar bank menggunakan jenis emoney seperti ini.

Server Side
Berbeda dengan jenis sebelumnya, dana pelanggan tidak berada di fisik emoney melainkan di server. Jadi ketika fisik emoney hilang, dana pelanggan tidak serta merta menghilang. Pelanggan masih bisa mengajukan pengembalian dana kepada pihak penyedia jasa. Contoh dari jenis emoney ini adalah TCash milik Telkomsel.

This entry was posted in Dunia Elektro. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.