Komik Strip Nihonjin ini untuk Indonesiajin


Sebuah fanpage bernama Onan Hiroshi mengunggah sebuah komik strip berisi sindiran terhadap pemerintahan Indonesia. Hal ini terkait dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Ketika tulisan ini dibuat, sudah ada 100k likes. Dilihat dari beberapa postingan yang dibuat sebelumnya, memang pemilik akun beberapa kali mengunggah komik strip berisi kritik sosial. Tak hanya tentang Indonesia, tapi juga negara lain seperti Korea Utara dan Thailand.

Sebuah akun bernama Agdels Pandhomas mencoba menerjemahkan.

Jadi begini ceritanya..
Sekian taun yg lalu sebelum era Pak Jokowi, insinyur Jepang diminta ke indo untuk survey kondisi & landscape disini buat ngumpulin data yg nantinya jadi cikal bakal proyek kereta cepat. Biaya survey datanya pake duit dari jepun sendiri. Nah, begitu data2nya jadi, dikasih deh ke orang sini. Tp kemudian di era sekarang, datanya malah dikasihin ke Cina biar dapat biaya proyek kereta yang jauh lebih murah daripada biaya proyeknya Jepang. Ini yg bikin orang Jepang marah, soalnya udah dikasih data gratis, eh malah proyeknya “dijual” ke Cina. Ujung2nya sampai sekarang proyek dari Cinanya gak kelar2, dan masa jabatan pemerintah tinggal setaun lagi. Jadilah pak Abe dilobi pak Jokowi biar mau nolongin proyek kereta disini lagi, yang tentu langsung bikin orang Jepang tersinggung karena masih ingat di-NTR-in kemarin. Kalo kata orang Jepang mah: “Dasar gatau diri”

“Kamu milih dia daripada aku, terus dia nyakitin kamu, dan pelarianmu ke aku. Aku gamau jadi tempat perlarianmu” -Shinzo Abe-

NB: Saya cuman nerjemahin

Apa pendapat kalian?

This entry was posted in Japan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.