MotoGP 2019, rider line-up so far…


MotoGP musim 2018 baru saja dimulai. Seri pertama yang dihelat di Qatar memunculkan nama Andrea Dovizioso sebagai juara diikuti Marc Marquez dan Valentino Rossi di belakangnya. Walaupun musim 2018 baru saja dimulai, namun rumor dan gosip seputar line-up rider di musim 2019 sudah santer terdengar.

Setidaknya, sudah ada 7 pebalap yang memastikan timnya di musim 2019, salah satunya adalah pebalap dari VR46 Academy yang promosi dari moto2 yaitu Pecco Bagnaia. 6 pebalap lain adalah sbb.

Marc Marquez – Repsol Honda (2020)
Cal Crutchlow – LCR Honda (Honda contract 2019, option for 2020)
Franco Morbidelli – Marc VDS (2019, option for 2020)

Maverick Vinales – Movistar Yamaha (2020)
Valentino Rossi – Movistar Yamaha (2020)

Xavier Simeon – Avintia Ducati (2019)
Pecco Bagnaia – Pramac Ducati (Ducati contract 2020)

Pabrikan YAMAHA telah menutup pintu pebalap lain untuk masuk. Lalu bagaimana nasib Paduka Lorenzo? Performa di Ducati tak kunjung bersinar. Sekarang sudah tak mungkin lagi untuk Lorenzo kembali ke Yamaha layaknya Rossi 2013 silam. Posisinya di Ducati juga terancam oleh Danilo Petrucci yang tampil apik bersama Pramac Ducati. Andrea Dovizioso juga akan habis kontrak tahun ini. Dikabarkan, Repsol Honda tertarik untuk meminangnya untuk bertandem bersama Marquez.

Jika benar Dovi berlabuh ke Repsol Honda, maka posisi Lorenzo mungkin aman. Bisa saja Petrucci menggantikan posisi Dovi. Dani Pedrosa yang habis kontrak di 2018 juga terancam posisinya. 12 tahun membela Repsol Honda tanpa gelar satupun, menjadi pertimbangan Repsol Honda untuk menggantikan Pedrosa.

Johan Zarco, pebalap Tech3 Yamaha yang mengincar posisi Rossi jika pensiun harus gigit jari. Pasalnya, Rossi baru saja memperpanjang kontrak dengan Yamaha sampai 2020. Terlebih lagi, Tech3 akan berpisah dengan Yamaha dan bergabung bersama KTM. Kabarnya, Zarco juga tengah bernegosiasi dengan Repsol Honda untuk menggantikan Pedrosa. Tapi bagaimanapun juga, Tech3 tidak akan begitu saja melepas pebalap hebat seperti Zarco. Namun pinangan dari tim sekelas Repsol Honda, ibarat mengabaikan lamaran seorang Chelsea Olivia.

Jika benar Pedrosa akan digantikan pebalap lain, akan ke manahkah Dani Pedrosa? Akankah Repsol Honda mengeluarkan 3 motor seperti musim 2011? Ataukah turun kasta ke tim satelit? Ataukah Aprilia, KTM, dan Suzuki akan menampungnya? Kita lihat saja nanti.

This entry was posted in motogp. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.