4 Alasan Motor Matic Lebih Berbahaya daripada Motor Biasa


Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia otomatif, motor matic semakin merajai jalanan terutama di ibukota Jakarta. Sebagian besar populasi motor roda 2 didominasi oleh motor matic. Tapi tahukah kamu bahwa motor matic lebih berbahaya dibandingkan dengan motor biasa? Berikut alasannya.

Motor Matic

Motor Matic

  • Ukuran Ban Lebih Kecil
    1. Ukuran ban motor yang lebih kecil menjadikan motor tidak stabil dalam kecepatan tinggi. Pada kecepatan di atas 70km/jam, lubang kecil di jalan dapat membuat motor matic dengan ukuran ban kecil terpelanting. Apalagi ukuran motor matic yang kecil menjadikannya sulit dikendalikan ketika melawan angin.
  • Hampir tidak Ada Engine Brake
    1. Salah satu kekurangan motor matic adalah hampir tidak ada engine brake. Jika kamu melaju dengan kecepatan tinggi kemudian gas dilepas maka motor akan melaju tanpa pengereman mesin. Berbeda dengan motor konvensional, ketika gas dilepas maka mesin akan meredam kecepatan sehingga motor lebih mudah berhenti dibandingkan dengan matic. Di jalan, tidak adanya engine brake akan membahayakan pengendara terutama ketika akan melakukan pengereman mendadak.
  • Tidak Bisa Melakukan Pengereman Spontan
    1. Kapasitas mesin yang ditawarkan oleh pabrikan motor matic saat ini hampir sebagian besar di atas 100cc yang berimbas pada kecepatan yang dihasilkan juga semakin besar. Besarnya kecepatan ini menjadikan motor matic sulit melakukan pengereman spontan. Apalagi kedua rem ada di tangan, sehingga mempersulit pengereman. Di dukung dengan poin kedua, menjadikan motor matic lebih berbahaya dibandingkan motor biasa.
  • Ketrampilan Pengendara Kurang Memadai
    1. Kemudahan yang ditawarkan motor matic menjadikannya bisa dikendarai oleh siapa saja. Skill yang baik dalam berkendara tak lagi dibutuhkan, asalkan bisa ngegas dan ngerem sudah bisa dijadikan modal untuk mengendarai motor matic. Kenyataan ini menjadikan motor matic lebih berbahaya dibandingkan motor biasa.

Itulah 4 alasan mengapa motor matic lebih berbahaya dibandingkan motor biasa. Itulah sebabnya kita sering melihat adanya kecelakaan yang dialami oleh pengguna motor matic. Berhati-hatilah dalam mengendarai motor matic agar tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain. Keep Safety Riding.

This entry was posted in Otomotif and tagged . Bookmark the permalink.

2 Responses to 4 Alasan Motor Matic Lebih Berbahaya daripada Motor Biasa

  1. Himawan says:

    untunge motorku bukan matic

  2. blog comment says:

    motor matic malah lebih enak makenya gan

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.